11 Jenis Mochi yang Populer dan Lezat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
jenis-mochi
Daftar Topik

Jenis Mochi – Siapa sih yang gak kenal dengan si kenyal satu ini? Mochi sendiri merupakan salah satu dessert khas Jepang yang terpopuler di Indonesia maupun di seluruh dunia, loh. Namun ternyata ada beragam jenis mochi yang tersebar. Semuanya memiliki karakter dan keunikannya masing-masing.

Kira-kira apa saja ya jenisnya? Temukan jawabannya di artikel a la Blog elevenia yang satu ini. Simak sampai habis, ya.

11 Jenis Mochi Populer yang Wajib Dicoba

jenis-mochi

Terdapat 2 jenis varian rasa mochi yang tersebar di dunia. Yaitu mochi asin dan mochi manis. Ini dia informasi selengkapnya.

1. Mochi Ice Cream

mochi-ice-cream

Olahan mochi ini menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Adanya isi es krim menjadi ciri khas dari mochi ini. Uniknya beberapa mochi jenis ini memiliki rasa yang sesuai dengan isian es krimnya. Jenis lainnya juga bahkan dilengkapi dengan manisnya selai buah. Yummy!

2. Dango

dango

Kalau makanan satu ini jadi salah satu makanan festical yang cukup populer di Jepang. Dango umumnya terdiri dari dua jenis. Yaitu dango manis dan dango asin yang dibagi berdasarkan jenis saus dan taburannya. Untuk dango manis memiliki beragam taburan manis seperti taburan bubuk kacang merah. Sedangkan dango asin memiliki saus kecap asin atau campuran kecap asin.

3. Kinako Mochi

kinako-mochi

Taburan mochi ini menjadi ciri khasnya. Kinako mochi sendiri merupakan mochi basah dengan taburan bubuk kedelai. Mochi jenis ini cocok untuk disantap di segala suasana.

4. Daifuku

daifuku

Kenyal-kenyal tapi segar di dalam. Jenis mochi yang satu ini jadi salah satu favorit para pecinta makanan manis, nih! Daifuku sendiri berupa mochi yang berisi pasta kacang merah. Beberapa diantaranya juga berisi buah-buahan segar seperti stroberi, kiwi sampai jeruk.

5. Hanabira Mochi

hanabira-mochi

Mochi satu ini biasa disantap saat awal tahun. Bagian tengah hanabiramochi berisi pasta kacang merah manis dan juga batang burdock manis. Kemudian mochi pipih tersebut dilipat menjadi dua bagian.

Baca Juga: Kreasi Sup Miso yang Lezat dan Mudah Dibuat

6. Kusamochi

kusa-mochi

Warnanya yang hijau berasal dari ekstrak tumbuhan mugwort Jepang. Isiannya sendiri terdiri dari pasta kacang merah. Kusamochi juga dilengkapi taburan tepung kacang kedelai di atasnya.

7. Sakura Mochi

sakuramochi

Yang membedakannya dengan yang lainnya ialah bahannya yang terbuat dari beras ketan atau tepung ketan yang diberi pewarna. Sakuramochi biasanya diisi dengan pasta kacang merah dan dibungkus dengan daun sakura.

8. Chikara Udon

chikara-udon

Siapa bilang mochi gak cocok dengan udon? Buat kamu yang suka makan udon dan juga mochi, chikara udon ini cocok banget untuk kamu. Sajian ini terdiri dari udon yang disajikan bersama mochi yang dipanggang.

9. Kuzumochi

kuzu-mochi

Warnanya yang transparan jadi ciri khasnya. Kuzumochi terbuat dari tepung akar tanaman kudzu Jepang. Biasanya si kenyal ini disajikan dengan taburan tepung kacang kedelai dan juga sirup gula merah.

10. Hishimochi

hishimochi

Bentuknya yang berlapis mirip dengan kue lapis. Mochi yang satu ini punya 3 lapisan yang terdiri dari 3 warna dan 3 rasa. Lapisan merah rasa stroberi, lapisan putih rasa susu dan lapisan hijau paling bawah rasa matcha.

11. Oshiruko (Zenzai)

oshiruko

Merupakan sup kacang merah yang disajikan dengan mochi. Oshiruko sendiri terdiri dari dua jenis. Yaitu oshiruko yang menggunakan dango dan juga kirimochi (mochi kering ) yang dipanggang.

Itu dia tadi informasi seputar 11 jenis mochi terpopuler di dunia. Semoga bermanfaat untuk kita semua, ya. Kalau kamu, paling suka yang mana nih?

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP