10 Orang Terkaya Di Indonesia 2018

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
harta-berkah[1]
Daftar Topik

Majalah Forbes merupakan majalah bisnis dari Amerika Serikat. Setiap tahunnya majalah ini memberikan informasi dan memberikan peringkat  kepada orang – orang terkaya di dunia. Selain peringkat terkaya di dunia, forbes juga memberikan informasi urutan orang – orang terkaya di Indonesia.

Selain di dunia, Indonesia pun memiliki beberapa orang terkaya di negaranya. Hal ini perlu kita ketahui agar menjadi motivasi untuk kita terus berusaha menjadi orang yang berhasil.

Menurut Forbes, di tahun ini posisi orang terkaya di dunia masih dipegang oleh Hartono bersaudara, yaitu R Budi dan Michael Hartono. Di tingkat dunia Budi berada pada peringkat ke-69 sedangkan Michael berada pada peringkat ke-75 pada tahun ini.
Berikut ini 10 orang terkaya di Indonesia.

R Budi Hartono

Pria dengan usia 77 tahun ini adalah seorang pengusaha Indonesia yang merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan besar Djarum. Dengan nama asli Oei Hwie Tjhong, ia merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia. Rudi memiliki sekitar 51 % saham terbesar di Bank Central Asia (BCA) melalui Farindo Holding Ltd. Sejak tahun 2008 ia memiliki perkebunan kelapa sawit  di Kalimantan Barat dengan luas sekitar 65.000 hektare. Selain itu, ia memiliki sejumlah  properti pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik. Hingga saat ini ia memiliki kekayaan sekitar 17,4 miliar dollar AS dan menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia.

Michael Hartono

Michael merupakan kakak dari R Rudi Hartono yang mewarisi perusahaan rokok besar Djarum meneruskan sang ayah. Hingga saat ini perusahaan Djarum berhasil mendominasi pasar rokok di Amerika Serikat. Bersama adiknya ia pun menguasai saham terbesar di Bank Central Asia (BCA) dan saat ini ia berhasil mengumpulkan kekayaannya hingga 16,7 miliar dollar AS.

Sri Prakash Lohia

Pria kelahiran india ini merupakan pendiri sekaligus ketua dari Perusahaan Indorama Corporation yang memulai kariernya dengan memproduksi benang pintal pada tahun 1976. Kantor pusat dari perusahaan holding utamanya terletak di Singapura. Akhirnya di 2012 Lohia meraih penghargaan Pravasi Bharatiya Samman Award (Overseas Indian Award) dari Presiden India. Kekayaan yang ia hasilkan hingga saat ini sekitar 7 miliar dollar AS.

Tahir

Dengan Kekayaan sekitar 3,5 miliar dollar AS, pria ini menjadi salah sat orang terkaya di Indonesia. Pria dengan nama lengkap Dato’ Sri Tahir ini merupakan seoran pengusaha Indonesia sebagai investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group

Chairul Tanjung

Si anak singkong Chairul Tanjung yang lahir pada tahun 1962 ini merupakan seorang pengusaha Indonesia yang sempat menjabat sebagai Menko Perekonomian Indonesia dan memiliki sekitar 3,5 miliar dollah AS kekayaan hingga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Chairul Tanjung ini menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 hingga 20 Oktober 2014. Terkenal dengan sebutan anak singkong, pria ini memulai bisnisnya ketika ia masih duduk di bangku perkuliahan. Ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UI (Universitas Indonesia). Perjalanan bisnisnya sempat mengalami jatuh bangun hingga akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaannya miliknya CT Corp telah menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, CT Global Resource dan Trans Corp. Tak sampai situ saja keberhasilannya, sekarang ia pun menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan.

Mochtar Riady

Pengusaha Indonesia terkemuka ini berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 3 miliar dollar AS dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Mochtar Riady merupakan pendiri dan presiden komisaris Lippo Group. Pria yang banyak dikenal sebagai seorang praktisi perbankan andal ini adalah salah satu konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnisnya hingga mancanegara.

Prajogo Pangestu

Dengan kekayaan sebesar 2,9 miliar dollar AS Prajogo Pangestu menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Pria kelahiran 1944 adalah seorang pebisnis Indonesia, investor, sekaligus filantropis dan mendirikan Barito Pacific Group yang bergerak di bidang kehutanan, petrokimia, properti, perkebunan, pertambangan minyak dan gas, batu bara dan emas, serta panas bumi.

Murdaya Poo

Kekayaan sekitar 2 miliar dollar AS yang dihasilkannya menjadikan ia salah satu orang terkaya di Indonesia. Murdaya Poo merupakan suami dari orang terkaya ke 14 di dunia menurut Fordes.

Peter Sondakh

Kekayaan yang dimilikinya saat ini sekitar 1,9 miliar dollar AS dan menjadi orang terkaya ke 9 di Indonesia. Peter Sondakh melanjutkan bisnis ayahnya yaitu produksi minyak kelapa serta ekspor kayu. Saat usianya 22 tahun, ia mendirikan PT Rajawali Corporation dan sekarang ia juga menjadi jajaran direksi di beberapa perusahaan.

Theodore Rachmat

Orang terkaya ke 10 di Indonesia ini memiliki kekayaan sekitar 1,7 miliar dollar AS. Dengan memulai karirnya sebagai sebagai sales Astra pada tahun 1968 akhirnya dia dipercaya untuk memulai pekerjaannya mengelola United Tractors (anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat) sampai tahun 2005. Setelah itu, dia memulai bisnisnya dengan mendirikan perusahaan sendiri yaitu Triputra Group yang bergerak di beberapa bidang seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor dan logistik. (elevenia)

 

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA