10 Negara Termiskin di Dunia yang Memprihatinkan

0

Bank Dunia telah mengeluarkan daftar kondisi keuangan dari setiap negara di seluruh dunia. Negara-negara tersebut dimasukkan ke dalam kategori terkaya sampai termiskin. Indikatornya ini di dapatkan dari produk domestik bruto (PDB) per kapita dari tiap negara.

Besar kecilnya PBD suatu negara dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Akan tetapi, beberapa di antaranya yang paling terlihat adalah konflik sipil yang tak berkesudahan, korupsi yang semakin menjadi serta kepemimpinan otoriter yang menggila.

Di bawah ini merupakan 10 negara termiskin berdasarkan data dari World Bank yang didominasi oleh negara-negara dari Benua Afrika.

10 Negara Termiskin di Dunia

Guinea

Kehidupan perekonomian di negara ini masih belum juga stabil sejak tahun 1990-an. keadaan sosial politik yang krisis menjadi masalah utama di negara ini hingga terpuruk dalam kemiskinan. Menurut data dari world bank, PDB  per kapita negara ini hanya berada di angka $ 523.10.

Ethiopia

Negara ini sudah sejak lama diidentikan dengan kemiskinan. Meskipun pada tahun 2007 negara ini telah memiliki perekonomian yang lebih baik daripada negara-negara di sub-Sahara Afrika lainnya.

Perekonomian negara ini memang hanya bergantung pada industry pertanian yang terbilang rentan dan kurang didukung oleh pemerintanh dalam segi dananya. Saat ini, negara ini hanya memegang PDB per kapita sebesar $505.00.

Gambia

Gambia merupakan salah satu negara kecil di benua Afrika. Luas wilayah dari negara ini hanya 11.000 meter persegi dengan jumlah populasi 1,8 juta jiwa. Negara ini mengadalkan lebih banyak industry pertanian dan peternakan sebagai pendapatan  terbesarnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak begitu didukung oleh keadaan iklim dan kondisi tanah yang kurang subur. Terlebih lagi, peran pemerintahnya yang kurang, makin memperparah kondisi ekonomi di negara ini. Saat ini, PDB per kapita Gambia hanya sekitar $ 488.60.

Republik Demokratik Kongo

Kongo sebenarnya merupakan negara terbesar kedua di Benua Afrika. Dengan luas wilayah yang mencapai 2,35 juta kilometer per segi yang sebagian besar merupakan hutan dengan jumlah populasi sebanyak 77 juta jiwa, negara ini disebut memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

Akan tetapi, negara ini telah jatuh terlalu dalam pada sistem politik yang korup dan benar-benar menahan potensi kekayaan negara. Saat ini, kongo tercatat sebagai negara yang memperoleh PDB per kapita senilai $484.20.

Madagaskar

20 tahun sudah negara ini berada dalam standar hidup yang terus menurun secara signifikan. Negara ini memiliki populasi sebanyak 20 juta jiwa, dan hanya memperoleh PDB per kapita sebesar $ 463.00. pada kenyataannya, saat ada lebih dari 70% penduduk Madagaskar hidup di bawah garis kemiskinan.

Liberia

Perang sipil yang tak berkesudahan sejak tahun 1999 sampai 2003 di negara ini menyebabkan terpuruknya kehidupan perekonomian di negara ini. Apalagi saat ini Liberia hanya mengandalkan industri pertanian untuk mendorong kehidupan perekonomiannya.

Pada tahun 2010, negara ini tercatat bahwa 80% prnduduknya memiliki padapatan yang kurang dari $ 1. 25 per harinya dengan PDB per kapita sebesar $ 454.30.

Nigeria

Salah satu negara termiskin dan terbelakang dalam berbagai hal di dunia adalah negara Nigeria. Negara ini mengandalkan kehidupan perekonomiannya pada sektor sumber daya alam dan pertanian skala kecil.

Namun, kedua hal tersebut sangatlah rentan pada keadaan iklim dan cuaca yang tidak menentu di negara ini. Saat ini, Nigeria tercatat sebagai negara yang memperoleh PDB per kapita sebesar $ 415.40.

Republik Afrika Tengah

Republic Afirka Tengah merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah kelam dan panjang. Kondisi politik yang tidak stabil sering memicu terjadinya perang antar saudara di negara ini. Masalah agama juga menjadi salah satu poros keterpurukan di negara ini. Hal inilah yang menyebabkan negara ini semakin terpuruk dalam kemiskinan.

Akan tetapi, diperkirakan ada 45% pendapatan dari negara ini berasal dari ekspor berlian. Namun, buruknya sistem tata kelola mempuat perekonomian negara ini tidak kunjung stabil. Akibatnya, negara ini hanya mampu memperoleh PDB per kapita sebesar $333.20.

Burundi

Sama seperti kebanyakan negara Afrika lainnya, negara ini juga terkungkung dalam perang antar saudara yang sering terjadi akibat perselisihan yang disebabkan oleh politik. Diperkirakan ada lebih dari 300 ribu warga sipil yang menjadi korban dan 67% penduduk negara ini hidup dalam kemiskinan. PDB per kapita yang diperoleh negara ini pun hanya mencapai sekitar $ 267.10.

Malawi

Malawi merupakan negara yang menepati tempat pertama kategori negara termiskin di dunia. Malawi memiliki penduduk sebanyak 16 juta jiwa  dan menjadi salah satu negara terkecil di benua Afrika. Malawi juga merupakan salah satu negara yang sangat terbelakang dalam beberapa sektor. Negara ini bahkan masih menggunakan cara bertani yang sangat primitif. Selain itu, buruknya fasilitas pendidikan dan kesehatan membuat negara ini semakin jatuh dalam jurang kemiskinan. Bank dunia menacatat PDB per kapita yang diterima oleh negara ini  sebesar $ 226.50.

Itulah 10 negara termiskin di dunia. Harusnya sebagai orang Indonesia kita merasa bersyukur karena negara kita tidak termasuk sebagai salah satu negara dengan kategori seperti di atas. (elevenia)