10 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ubi jalar
Daftar Topik

Ubi jalar merupakan tanaman yang merambat dan banyak tumbuh di Indonesia. Di sebagaian daerah ubi jalar dijadikan sebagai makanan pokok. Jika dibandingkan nasi dari beras putih, ubi jalar memiliki lebih banyak manfaat. Hal itu karena ubi jalar merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, vitamin, anti-oksidan, dan mineral serta tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Ubi jalar mudah ditanam dan mudah juga untuk diperoleh. Bahan makanan satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi masih banyak orang yang belum menyadari manfaat dari ubi jalar ini.

Kandungan Gizi Ubi Jalar

  • Ubi Jalar Ungu : Kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitain B1, dan vitamin C
  • Ubi Jalar Putih : Kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C
  • Ubi Jalar Kuning: Kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, niacin, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Sumber Energi

Kandungan pada ubi jalar yaitu Zat besi mampu menambahkan energi pada tubuh kamu, karena zat besi merupakan zat yang membantu meningkatkan distribusi O2 ke seluruh tubuh.

Baik Untuk Kekebalan Tubuh

Menurut Emila Achmadi, MSc, “kandungan vitamin A, C, E, B kompleks, fosfor, dan besi pada ubi jalar dapat membantu memperbaiki sistem imunitas tubuh.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Ketika kekurangan vitamin A, maka untuk memperbaikinya kita memerlukan makanan yang tinggi akan beta karoten. Ubi jalar adalah bahan makanan yang memliki kandungan beta karoten terlihat pada warna ubi yang berwarna jingga, tapi ubi ungu juga memiliki kadar beta karoten yang tinggi.

Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan kalori terutama yang berasal dari kanji hanya dapat meningkatkan kadar gula darah dengan perlahan. Sedangkan ubi jalar ungu yang mengandung indeks glikemik rendah dapat dijadikan sebagai makanan sehat bagi penderita diabetes. Menurut penelitian, ubi jalar ungu mampu mengurangi resistensi insulin dan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, serat yang ada pada ubi jalar dapat menstabilkan gula darah, lipid, dan kadar insulin pada penderita diabetes.

Baik Untuk Pencernaan

Ubi jalar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi namun teksturnya termasuk makanan yang mudah dicerna, jadi ubi jalar baik untuk perut dan usus. Ubi jalar mengandung vitamin c, vitamin B kompleks, kalsium, beta karoten dan kalium yang efektif untuk meringankan radang perut. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah terjadinya sembelit dan membangun asam. Maka dari itu, ubi jalar mampu membantu menurunkan kemungkinan terkena radang perut dan dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan di lambung karena kandungan anti-inflamasi dan zat penenang yang ada di dalamnya.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Mineral adalah zat yang membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit pada tulang dan sendi. Mangan merupakan salah satu mineral yang dapat menjaga kekuatan tulang dan sendi. Nah, pada ubi jalar terdapat zat mangan yang menyumbangkan 44% dari AKG tubuh kamu. Jika kamu ingin mencegah osteoporosis, kamu harus mengonsumsi ubi jalar

Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Vitamin C yang ada pada ubi jalar dapat membantu untuk mencegah pendarahan pada gusi dan gigi yang longgar.

Sumber Karbohidrat Diabetesi

Seorang penderita diabetes harus memilliki pola makan yang teratur. Ubi jalar dapat dijadikan salah satu sumber karbohidrat yang aman bagi penderita diabetes.

Baik Untuk Mengatur Tekanan Darah

Ubi jalar mengandung kalium yang dapat memenuhi AKG (Angka Kebutuhan Gizi) untuk potassum hingga 22 persen. Dengan tercukupinya kaium, maka akan mengatur tekanan darah menjadi stabil.

Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B6 yang terdapat pada ubi jalar dapat membatu mencegah menumpuknya homosistein didalam darah. Sehingga, dapat mencegah terjadinya peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kekurangan Ubi Jalar

Selain segudan manfaat yang terkandung pada ubi jalar, terdapat kekurangan jika dikonsumsi terlalu banyak dan tidak seimbang.

  • Ubi jalar mengandung asam oksalat, zat alami ini dapat mengkristal pada kantung kemih menjadi batu oksalat. Bagi orang yang memiliki riwayat kencing batu, maka kamu harus menghindari makan ubi jalar.
  • Kandungan kalium yang cukup tinggi pada ubi jalar juga tidak baik untuk ginjal.
  • Ketika dalam program diet, kamu tidak boleh hanya mengandalkan ubi sehingga mengonsumsi ubi secara terus menerus. Hal tersebut tidak akan baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Ubi jalar memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kamu tetap harus menjaga jumlah ubi yang dikonsumsi. Makanan apapun yang sehat jika dikonsumsi dengan berlebihan akan menjadi penyakit untuk tubuh kita. (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP