10 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
12-khasiat-dan-manfaat-tahu-untuk-kesehatan-dan-kandungan-gizinya[1]
Daftar Topik

Tahu adalah salah satu dari jenis makanan yang dihasilkan dari pengolahan kacang kedelai. Tahu ini tak hanya memiliki rasa lezat yang khas, tapi juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini memang tidak mengherankan karena tahu mengandung banyak sekali nutrisi. Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam tahu.

Tahu ini bisa dibilang sangat baik untuk kamu yang tengah menjalankan program diet, karena tahu sangat rendah kalori dan tinggi protein. Tak hanya itu, tahu pun menjadi sumber sejumlah mineral yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan seng. Sejumlah kandungan vitamin dalam tahu, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin C, niasi, riboflavin, thiamin, dan juga asam folat.

Kandungan yang sangat kaya tersebut tentu saja memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari tahu adalah membantu mejaga kesehatan tulangmu. Hal ini lantaran tahu mengandung sejumlah mineral seperti selenium, seng, tembaga dan juga mangan. Sejulam mineral tersebut bisa menjaga kesehatan tulang sehingga dengan mengkonsumsi tahu secara rutin dapat menjaga tubuh dari penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis. Tahu tentu sangat direkomendasikan untuk mereka yang sudah berusia lanjut maupun yang masih muda.

Menjaga Berat Badan Tubuh

Tahu punya banyak sekali kandungan nutrisi yang penting bagu tubuh, seperti thiamn, vitamin K, vitamin B6, ribloflavin dan folate. Tak hanya itu, tahu juga mengandung sebagian kecil dari asam pantothenic dan juga niacin. Yang mana, kombinasi tersebut sangatlah berperan penting dalam mencegah meningkatkan berat badan yang berlebih alias obesitas.

Mencegah Penuaan Dini

Khasiat tahu yang lainnya adalah dapat mengurangi proses penuaan. Caranya adalah kandungan dalam tahu dapat menjaga elastisitas kulit dan juga otot wajah yang akan mengalami penuaan. Dengan cara mengkonsumsi tahu yang merupakan olahan dari kedelai secara rutin, kamu dapat mengurangi keriput dan dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kamu pun bisa menjadikan tahu ini sebagai masker yang bisa kamu gunakan untuk melakukan perawatan kulit dari luar.

Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Senyawa selenium sangat banyak terkandung dalam tahu. Senyawa selenium sendiri yaitu merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh supaya sistem antiosidan bisa berfungsi dengan baik. Hal ini dapat melindungi sistem dari kanker usus. Untuk pria, mengkonsumsi tahu bisa membantu dalam mengurangi risiko kanker prostat. Sementara untuk wanita, mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang tidak berlebihan mampu melindungi wanita dari risiko kanker payudara.

Mencegah Penyakit Jantung

Khasiat tahu yang satu ini sudah lama diketahui oleh masyarakat luas. Ya, tahu dapat mencegah penyakit jantung. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi kadar lipoprotein atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Cara tersebut dapat membuat jantung lebih sehat. Tak hanya itu, mengkonsumsi tahu secara rutin pun mampu mengurangi risiko penyakit jantung sampai 10 persen.

Baik Dikonsumsi Wanita yang Sudah Dekat Masa Menopause

Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam tahu ternyata sangat baik bagi wanita yang sebentar lagi akan mengalami masa menopause. Sebab, dalam tahu terdapat isoflavon yang bisa mencegah terjadinya efek buruk dari ketidakseimbangan hormone esterogen.

Mencegah Rambut Rontok

Untuk kamu yang belum tahu, sebenarnya rambut manusia terbuat dari protein yang disebut dengan keratin. Apabila kamu mengkonsumsi tahu secara rutin, rambut kamu akan lebih banyak mendapat protein yang dibutuhkan. Dengan begitu produksi rambut pun akan lebih banyak dan dapat menjaganya untuk tetap dalam keadaan sehat.

Mencegah Anemia

Manfaat tahu yang selanjutnya adalah mampu mengurangi resiko anemia. Hal ini sejalan dengan sebuah studi yang sudah dilakukan di daratan Cina. Penelitian tersebut berkutat tentang hubungan antara anemia dengan tahu, di mana hasilnya tahu terbukti bisa mengurangi risiko anemia di golongan orang dewasa.

Sebagai Energi Cadangan

Saat tubuh merasa lelah akibat dari aktivitas yang dilakukan secara rutin tiap harinya, maka tubuh membutuhkan lebih banyak energi yang akan menunjang kegiatan sehari-hari agar tidak mudah lelah. Namun sayangnya untuk mempertahankan tubuh agar tetap bugar bukanlah suatu hal yang mudah. Kamu harus melakukan olahraga dan menjaga pola makan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat sehat dari tahu yang bisa menjadi energi cadangan dalam tubuh.

Sebagai Obat Sembelit

Bagi bayi atau pun balita yang kesulitan dalam buang air besar, lebih baik memberikan asupan tahu lebih sering. Dengan begitu, si kecil akan terhindar dari sembelit berkepanjangan. Manfaat tahu yang sengat memang mengandung banyak serat pangan yang baik dan mampu mengatasi masalah sembelit dengan baik.

Itulah sejumlah manfaat dari tahu yang harus kamu tahu. Tahu memang menjadi makanan favorit Indonesia dan harganya pun relatif murah. Luar biasa bukan? Dengan harga yang murah tersebut kita sudah bisa menjaga kesehatan kita dan sudah bisa memenuhi cukup nutrisi kita dengan baik. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA