10 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Khasiat-Minyak-Kelapa[1]
Daftar Topik

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa terbukti baik untuk membantu dalam merawat kulit, seperti misalnya mengatasi jerawat. Selain itu, banyak juga manfaat lainnya dari minyak kelapa untuk kesehatan wajah yang mungkin belum kamu ketahui.

Kandungan minyak kelapa sangatlah kaya, selain asam luarat, ada juga vitamin E yang baik untuk kulit kamu. Setidaknya dalam 100 mg minyak kelapa, terdapat 0,11 mg vitamin E.

Itulah alasannya mengapa minyak kelapa sangat dipercaya mampu mempercantik kulitmu. Ada sejumlah manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari minyak kelapa, di antaranya:

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat merupakan masalah umum yang sering dialami oleh wajah. Ternyata masalah yang sangat menyebalkan ini dapat diatasi dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam laurat berfungsi sebagai antiseptik dalam mengatasi bakteri penyebab jerawat, yang dikenal dengan nama Propionibacterium acnes.

Untuk pemakaian, kamu bisa langsung mengoleskan minyak kelapa di area jerawat tumbuh.

Sangat Baik Untuk Membersihkan Wajah

Minyak kelapa sangat baik untuk membersihkan wajah. Harganya pun sangat terjangkau dan sama sekali tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, sehingga akan sangat aman saat digunakan.

Penggunaan minyak kelapa di saat membersihkan wajah terbilang sangat mudah. Kamu cukup menuangkan minyak kelapa pada telapak tangan kemudian usapkan pada wajah dengan gerakan memutar.

Setelah semua kotoran pada wajah terangkat, bilaslah dengan air hangat sampai bersih kemudian keringkan.

Minyak Kelapa untuk Bibir Kering

Untuk kamu yang memiliki bibir kering, mungkin bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir untuk menjaga kelembapannya. Tak hanya itu, minyak kelapa pun sangat baik untuk mengangkat kulit kering di bibir dengan cara mecampurkan minyak kelapa dengan gula pasir, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan.

Mengatasi Kulit Kering

Minyak kelapa dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang dapat melembabkan kulit wajah. Penelitian pun menunjukkan bahwa minyak kelapa tergolong aman dan sangat efektif dalam mengatasi kulit kering.

Mengatasi Luka dan Masalah Kulit

Minyak kelapa dapat mengatasi luka yang ada di kulit kamu. Hal ini karena, minyak kelapa dapat meredakan iritasi pada kulit dan membantu dalam proses penyembuhannya. Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya punya efektifitas yang baik dalam melawan masalah kulit, dibanding dengan minyak zaitun.

Minyak Kelapa Dapat Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat dari minyak kelapa sangatlah banyak untuk kesehatan wajah, karena tenryata minyak kelapa juga bisa melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk sinar matahari. Hal ini karena minyak kelapa mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.

Minyak Pijat dan juga Parfum Alami

Di Indonesia, minyak kelapa memang terkanal sebagai minyak pijat alami yang sangat berkhasiat. Terlebih bau dari minyak kelapa pun sangat enak di hidung. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa campurkan minyak kelapa dengan minyak pappermint dan lavender.

Selain itu, bila kamu punya bayi yang baru lahir secara prematur, kamu bisa memijatkan minyak kelapa secara lembut pada kulit bayi sebanyak dua kali sehari. Hal ini sangat baik untuk kulit bayi prematur yang biasanya memiliki kulit tipis dan masih dalam proses perkembangan.

Kondisi kulit yang masih berkembang tersebut membuat air mudah menguap dari kulit bayi. Nah, minyak kelapa ini dapat mempetahankan kelembabannya sekaligus meningkatkan ketahanan kulit bayi supaya tidak mudah terkana bakteri.

Sebagai Krim Cukur

Minyak kelapa bisa membuat pisau cukur lebih halus saat digunakan. Hal ini pun dapat mencegah iritasi yang mungkin terjadi. Dengan begitu pencukur dapat memangkas rambut lebih pendek.

Selain itu, minyak kelapa bisa melembabkan kulit selama proses pencukuran berlangsung. Namun karena teksturnya yang licin, sebaiknya tidak mencukur di kamar mandi atau dengan tangan yang basah.

Mempercantik Kutikula Kuku

Kutikula kuku kamu yang mungkin terasa kasar akan lebih lembut dengan menggunakan minyak kelapa. Hal ini karena minyak kelapa dapat menghidrasi kulit kutikula yang tipis. Tak hanya itu, minyak kelapa pun dapat memperkuat kuku sehingga terlihat lebih muda. Caranya kamu tinggal oleskan minyak kelapa ke kulitkula kuku, kemudian tunggu sampai meresap. Tak hanya itu, minyak kelapa pun mampu mencegah infeksi jamur pada kuku sebab bersifat antibanteri dan anti jamur.

Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Manfaat minyak kelapa yang lainnya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dengan dua sendok makan madu dan juga satu sendok makan gula. Aduk merata kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada kulit.

Itulah beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak kelapa. Dengan begini kamu tahu bahwa untuk tampil cantik itu tidak perlu mahal. Kamu bisa memulainya dengan melakukan rutinitas yang alami tanpa melibatkan bahan kimia di dalamnya. Dengan begitu kulit wajah akan tampil lebih cantik. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP