10 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10-Manfaat-Buah-Salak-Untuk-Kesehatan[1]
Daftar Topik

Buah salak merupakan salah satu buah yang banyak disukai. Selain rasanya enak, buah ini juga teryata buah ini mmiliki banyak sekali manfaat untu kesehatan tubuh. Mungkin hal ini belum banyak diketahui orang, maka dari itu, kali ini kami akan membahas mengenai beberapa manfaat dari buah salak.

Manfaat Buah Salak

Apakah Anda merupakan salah satu yang mengetahui manfaat yang terkanung di dalam buah salak? Jika belum, simak beberapa paparan yang akan kami berikan. Berikut beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengatasi Diare

Apabila Anda sedang mengalami penyakit diare buah salak merupakan buah yang akan mmbantu Anda mengatasinya. Anda hanya cukup mengkonsumsinya sebanyak 20 gram daging buah salak muda, maka hal itu akan membantu mengatasi sakit diare Anda. Tidak perlu membeli obat yang tentu saja memiliki banyak efek samping, Anda hanya perlu mengonsumsi buah salak dengan jumlah sekian yang tentunya lebih aman dari pada obat yang dijual di pasaran.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi. Betakaroten tersebut terbukti dapat menghindarkan mata ari berbagai macam penyakit mata. Kandungan betakaroten di dalam buah salak lebih besar ketimbang yang ada di dalam buah semangka dan buah mangga.

  1. Membantu progam diet

Diet merupakan suatu kegiatan yang berfungsi untuk menurunkan berat badan. Ternyata buah salak juga dapat digunakan untuk membantu progam diet, karena buah ini mengandung fitonutrien yang akan sangat membantu program diet Anda. Serat yang terkandung di dalam buah ini juga akan membuat kita akan merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, buah salak juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi buah salak akan meningkatkan kecerdasan otak manusia. Hal itu karena buah salak memiliki kandungan potasium dan pektin. Zat-zat tersebut berperan dalam meningkatkan fungsi otak, mengendalikan detak jantung, dan juga dapat meningkatkan fungsi fisiologis lain dalam tubuh manusia. Mengonsumsi buah salak yang cukup juga akan membantu Anda terhindar dari penyakit pikun.

  1. Mengobati kanker prostat

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini terjadi karena aktivitas sel dalam tubuh manusia yang tidak normal. Kandungan pektin yang ada di dalam salak dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker prostat. Jadi untuk Anda yag memiliki garis keturunan penyakit prostat sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

  1. Mengobati rabun jauh

Banyak aktivitas sekarang ini yang menyebabkan rabun jauh. Rabun jauh bahkan sudah banyak terjadi kepada anak-anak. Ternyata buah salak dapat membantu menyembuhkan penyakit rabun jauh, karena buah ini memiliki kandungan vitamin a yang cukup tinggi.

  1. Untuk kesehatan tubuh

Buah salak memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Salah satunya yaitu memiliki beberapa kandungan vitamin, seperti vitamin a yang dapat membantu menjaga stamina dan kandung gizi lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dapat terjadi kepada siapa saja. Hal tersebut karena beberapa aktivitas yang cukup berat yang selama ini Anda lakukan. Ada beberapa kosmetik yang dapat membantu menghindarkan Anda pada penuaan dini. Namun, ada cara yang lebih alami ketimbang Anda menggunakan kosmetik, yaitu dengan mengonsumsi buah salak. Buah salak ternyata juga dapat membantu Anda mengatasi penuaan dini, karena buah ikut berperan dalam proses regenerasi pada kulit Anda.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Buah salak ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena buah ini mmiliki kanungan kalsium yang akan membantu membentuk jaringan tulang rangka untuk janin yang sedang dikandungnya. Selain membantu membentuk tulang rangka, kalsium tersebut juga sangat baik untuk ibu hamil demi terutama untuk persiapan tubuh ibu ketika proses melahirkan.

  1. Mengatasi sembelit

Di Indonesia terdapat mitos baha mngonsumsi buah salak dapat membuat susah buang air besar. Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar, karena Anda tetap dapat mengonsumsi buah salak dengan catatan tidak membuang kulit ari yang terdapat pada buah salah. Kulit ari tersebut memiliki banyak sekali manfaat, slah satunya adalah mengatasi terjadinya sembelit. Buah salak juga memiliki kandungan tanin yang berfungsi untuk pencegah diare.

Itulah beberapa manfaat buah salak. Anda tentu tidak pernah menyangka bahwa ternyata buah salak memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, pastikan Anda mengonsumsi buah salak dalam jumlah yang cukup mulai sekarang.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA