10 Manfaat Bawang Merah Mentah Untuk Kesehatan

Bawang merah terkenal sebagai bahan masakan yang tidak asing lagi di masyarakat. Bahan ini digunakan oleh hampir semua masyarakat untuk memasak dan sejenisnya. Ia memang memiliki manfaat yang cukup besar untuk membuat masakan menjadi sedap dan enak.

Siapa sangka bahwa selain ampuh untuk melezatkan masakan, bawang merah juga memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan di saat kondisinya masih mentah. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan dibahas mengenai manfaat bawang merah mentah untuk kesehatan yang penting untuk dicatat.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Membantu Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah yang pertama untuk kesehatan adalah membantu mencegah kanker. Sebagaimana diketahui bersama bahwa kanker termasuk ke dalam jenis penyakit yang mematikan. Nah, penting untuk diketahui bahwa senyawa aktif yang terdapat pada bawang merah sangat efektif untuk mencegah perkembangan sel kanker. Asal ia dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Menyembuhkan Sembelit

Manfaat kedua adalah membantu menyembuhkan sembelit. Alasannya adalah bawang merah memiliki kemampuan membantu proses pengeluaran dan pembuangan racun yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang merah mentah, sembelit Anda akan dapat diatasi.

Dapat Menyeimbangkan Diabetes

Diabetes seringkali terjadi karena kurangnya insulin pada tubuh, nah bawang merah mentah memiliki kandungan yang ampuh dalam meningkatkan produksi insulin pada tubuh manusia. Oleh karena itu, Anda yang mengalami diabetes bisa mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur.

Membantu Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang merah mentah selanjutnya adalah membantu menyehatkan jantung Anda. Bawang merah kebetulan memiliki kandungan yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi bawang merah mentah, kadar kolesterol akan menjadi normal dan berdampak pada peredaran darah yang lancar, alhasil jantungnya pun juga akan sehat.

Membantu Mengatasi Pendarahan

Bawang merah mentah ternyata juga ampuh mengatasi pendarahan pada hidung atau biasa disebut dengan mimisan. Caranya adalah dengan menggunakan irisan bawang merah mentah yang dihirup saat pendarahan terjadi. Beberapa saat setelah melakukan ini, pendarahan Anda akan berhenti dan normal kembali.

Membantu Atasi Radang Tenggorokan

Selain mampu atasi bau mulut dan juga infeksi pada gusi, bawang merah mentah ternyata juga ampuh membantu atasi radang tenggorokan. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Mulai dari hawa yang terlalu panas, minum es berlebih dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena itu, salah satu cara atasi radang tersebut adalah dengan mengkonsumsi bawang merah mentah.

Membantu Turunkan Berat Badan

Bawang merah memiliki kandungan yang ampuh dalam menurunkan kandungan lemak berlebih pada tubuh. Sehingga ini sangat cocok untuk Anda yang kebetulan memiliki berat badan berlebih. Bawang merah sendiri memiliki kandungan kromium yang sangat ampuh di dalam melangsingkan tubuh. Hanya dengan konsumsi beberapa kali saja secara rutin dan teratur, dijamin tubuh Anda akan menjadi ideal dan sempurna.

Membantu Menyembuhkan Masuk Angin Anak

Masuk angin pada anak memang menjadi hal yang mengkhawatirkan pada ibu. Nah, tidak perlu khawatir saat anak masuk angin karena ada bawang merah mentah yang menjadi solusi ampuh atasi masuk angin tersebut. Karena tentu tidak mungkin Anda akan mengerok anak Anda yang notabene masih memiliki kulit sensitif.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan memadukan antara bawang merah dengan minyak kayu putih. Atau iris saja bawang merah menjadi dua, lalu kerokan pada bagian punggung anak Anda secara merata. Masuk angin anak Anda akan hilang karena bawang merah membuatnya lebih hangat.

Ampuh Obati Gangguan Urin

Ada beberapa orang yang mengeluh sedikit merasa panas dan terbakar di bagian kemaluan saat buang air kecil. Nah, tidak perlu bingung karena salah satu manfaat dari bawang merah mentah adalah untuk mengobati gangguan urin. Kandungan yang ada pada bawang merah memang mampu menstabilkan urin sehingga menjadi normal kembali. Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah, yaitu dengan merebus bawang merah lalu meminum airnya. Dengan melakukan ini secara rutin, rasa panas pada kemaluan Anda akan berangsur hilang.

Sekalipun bawang merah mentah memiliki manfaat yang cukup kaya dan beragam, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Di antaranya adalah usahakan selalu menggunakan bawang merah yang dalam kondisi bersih. Dan usahakan untuk menggunakan jenis yang kulitnya sudah kering. Di samping itu, Anda juga harus memilih jenis bawang merah yang memiliki bau lebih tajam. Hal ini dikarenakan ketahanan yang dimiliki oleh bawang merah jenis ini akan lebih lama dibandingkan dengan jenis bawang merah yang memiliki bau manis. Selain itu, Anda juga perlu menyimpan bawang merah di tempat yang jauh dari suhu matahari.

Nah, itu tadi manfaat dari bawang merah untuk kesehatan yang bisa dijadikan pengetahuan. Supaya Anda memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya mengonsumsinya secara teratur setiap hari. Semoga bermanfaat. (elevenia)