10 Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
makanan-khas-semarang-komplet-bro-palugada-apa-yang-loe-mau-ada-1510105-1[1]
Daftar Topik

Semarang adalah salah satu Kota di pulau Jawa. Kota ini terkenal memiliki kuliner yang enak – enak. Kota Semarang merupakan Kota besar ke lima setelah Ibu Kota Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Kota ini juga merupakan Kota paling berkembang di pulau Jawa. Ketenaran Kota ini membuatnya memiliki beberapa julukan, seperti Semarang Pesona Asia, The Port of Java, dan Venetie an Java. Selain itu, Kota Semarang juga disebut Kota Lumpia. Hal itu karena makanan khasnya Semarang memang lumpia. Lumpia itu hasil dari alkuturasi 2 budaya, yaitu budaya Jawa dan China. Bagi kamu yang suka jalan – jalan dan kebetulan berada di Semarang, jangan lewatkan kuliner makanan khasnya yang dijamin bikin kamu ketagihan. Ini dia makanan khas Semarang:

Bandeng Presto, Kuliner Khas Semarang

Bandeng Presto diolah dari bahan dasar ikan bandeng yang dibumbui dengan kunyit, bawang putih, dan garam. Makanan ini dimasak dengan cara dipresto yang dialasi oleh daun pisang.  Cita rasanya tidak perlu diragukan lagi, dengan rempah – rempah alami membuat bandeng presto ini banyak digemari.

Konon katanya bandeng presto ini itemukan oleh Hanna Budimulya, seorang pria yang lahir di Kota pati, Jawa Tengah, hingga akhirnya bandeng presto ini menjadi ikon besar Kota Semarang.

Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam merupakan salah satu makanan khas Semarang. Nasi ayam ini sedikit mirip dengan nasi liwetnya Kota Solo. Sajian dari nasi ayam Semarang ini berupa nasi putih yang memiliki rasa gurih dan renyah dari santan dengan taburan suwir ayam matang, krecek, sambal labu siam, telur pindang, tahu putih dan kemudian disiram kuah santan.

Garang Asem

Olahan tradisional khas Kota Semarang ini berisi ayam dengan kuah santan yang berbumbu cabai dan belimbing. Cara memasaknya dengan memasak santan dan ayam di dalam daun pisang yang ditutupi dengan lidi. Penyajiannya, garang asem ditambah nasi hangat, sate jeroan ayam, dan tempe goreng.

Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah sajian yang berisi tenpe, gimbal, tahu goreng, irisan kol lalu disiram dengan sambal kacang. Gimbal sendiri adalah ikan udah yang digoreng dengan tepung. Cita rasa dari makanan khas Semarang ini adalah pedas, manis, dan gurih, pokoknya enak sekali.

Soto Bangkong

Jika Bogor punya soto kuning, maka Semarang juga punya Soto bangkong. Olahan soto ini memiliki kuah yang bening tapi sedikit coklat dan disajikan dengan bihun, suwiran ayam, tauge, irisan tomat, serta taburan bawang merah dan bawang putih. Soto bangkong ini sudah ada sejak tahun 1950, jika kamu ingin mencobanya kamu bisa datang ke Rumah Makan Jalan Brigjen Katamso Semarang.

Mie Kopyok

Olahan mie yang ditambah tetelan daging dan dilengkapi lauk berupa tahu dan kerupuk gendar ini bernama Mie kopyok. Kamu bisa menemukan makanan ini di gerobak – gerobak keliling atau di pinggir jalan.

Babat Gongso

Nasi Babat Gongso merupakan makanan Khas Semarang yang bisa kamu temukan di Nasi Goreng Pak Karmin, di Jln Pemuda, Semarang. Babat gongso merupakan olahan potongan babat dan jeroan yang  dimasak dengan kecap dan memiliki cita rasa manis dan pedas.

Tahu Petis

Makanan khas Semarang satu ini berbahan dasar tahu putih yang diisi petis. Petis di Semarang adalah olahan sisa cairan bekas rebus ikan dan udang. Tetapi sekarang ada beberapa yang tidak menggunakan petis asli, malainkan adonan kanji dengan tambahan gula dan tinta cumi. Tapi jangan salah walaupun tidak asli, cita rasanya tetap enak dan bikin ketagihan.

Lumpia, Jajanan Khas Semarang

Lumpia, sebutan bagi Kota Semarang. Jajanan khas Semarang ini tentu banyak dicari. Untuk mendapatkan jajanan ini kamu tidak perlu khawatir, karena di Semarang banyak yang menjajakan makanan satu ini. Lumpia merupakan makanan yang memiliki perpaduan rasa indonesia dan tionghoa. Dibandingkan di tempat lain, lumpia Semarang memang juaranya. Kamu bisa menemukan jajanan enak ini di Jl Kedungmundu Raya No.16 Semarang.

Pisang Plenet

Pisang plenet merupakan jajanan khas Semarang yang hampir punah. Di Semarang sendiri, makanan ini sudah sulit ditemukan. Pisang plenet ini terbuat dari olahan pisang gepok yang dibakar di atas arang lalu ditekan denga papan sehingga bentuknya pipih. Jajan pisang plenet ini memiliki varian rasa yaitu, keju, coklat, dan nanas.  Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa datang langsung ke Jl Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajanan toko Sri Ratu. Biasanya tempat tersebut buka dari sore hingga tengah malam.

Nah itulah 10 makanan khas Semarang yang wajib dicoba. Kalau kebetulan kamu sedang di Kota Semarang jangan lupa untuk kunjungi kuliner – kuliner khas Semarang yang dijamin bikin kamu ketagihan. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP