10 Film Horror Indonesia Terbaik dan Terseram, Super Mencekam!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
perempuan-tanah-jahanam
Daftar Topik

10 Film Horror Indonesia Terbaik dan Terseram – Genre horror memang sering menjadi genre favorit bagi para penikmat film. Pasalnya genre horror memberikan pengalaman yang luar biasa saat sedang menonton film. Berbeda dengan genre romantis atau yang lainnya, film horror memiliki karakter khusus. Seperti efek dan sound yang lebih mencekam.

Saking maksimalnya dalam memberi pengalaman yang menakutkan, banyak film horror Indonesia bahkan mendapat julukan film terseram. Beberapa diantaranya bahkan mendapat nominasi film terbaik. Kira-kira apa saja ya? Berikut rangkuman informasinya versi Blog elevenia

10 Film Horror Indonesia Terbaik dan Terseram yang Super Mencekam

1. Pengabdi Setan (2017)

Film horror yang tampil di tahun 2017 ini sukses membuat bulu kuduk berdiri. Film yang mengambil kisah tentang keluarga ini memang memberikan genre horror yang sangat mencekam. Film ini seperti menguak kisah lama yang terpendam dan menjadi rahasia sebuah keluarga. Dalam film ini dikisahkan suatu keluarga yang kebahagiaannya terenggut akibat adanya faktor ekonomi. Hal ini yang melatar belakangi konflik yang nantinya akan terjadi.

Pada tahun 2017, film ini telah banyak ditunggu oleh para pecinta film horror. Sebagian besar dari mereka penasaran terkait dengan alur dan tingkat horror yang akan diberikan oleh film ini. Bahkan untuk penayangannya film ini telah ditonton hingga lebih dari 1,5 juta penonton. Banyak dari mereka yang beranggapan film pengabdi setan ini menjadi film horror mencekam yang recomended untuk ditonton.

2. Tusuk Jelangkung

Tusuk Jelangkung merupakan tergolong film jaman dulu yang sampai saat ini tetap saja menjadi salah satu film horror paling seram dan mencekam. Sebenarnya sebagian besar ritual yang ditampilkan dari film horror merupakan adaptasi dari lingkungan masyarakat sendiri. Seperti jailangkung ini. Jailangkung merupakan boneka yang terbuat dari kayu yang digunakan untuk memanggil arwah.

Film ini cukup menegangkan karena para tokoh yang bermula memenuhi rasa penasaran untuk mengetahui sosok makhluk halus, berujung dengan melakukan ritual pemanggilan arwah. Namun, bukannya sosok yang mereka temui, arwah jahat juga menemui mereka. Penataan horror dalam film ini memang sangat epic.

3. Kuntilanak The Series (2006-2008)

Film kuntilanak ini bahkan memiliki beberapa sekuel, mulai dari kuntilanak satu hingga tiga. Seluruh versi tersebut memberikan kesan horror yang paling menegangkan. Film ini mengalami sukses yang sangat besar. Bahkan para penontonnya juga selalu menunggu versi baru dari film ini. Tokoh yang memerankan film ini bisa memberikan kesan horror yang sangat menarik dan mencekam.

Berbeda dengan film kuntilanak pada umumnya yang memiliki rupa perempuan menggunakan baju putih panjang dan wajah hancur. Kuntilanak dalam film ini ditampilkan dengan bentuk yang sangat mencekam, mulai dari bentuk tubuh hingga keadaan wajahnya.

Selain itu, suasana atau setting lokasi yang digunakan dalam pembuatan film ini juga menjadi pendukung utama dari suksesnya film kuntilanak. Untuk sekuel selanjutnya, terdapat berbagai perubahan yang menjadikan sekuel selanjutnya lebih menyeramkan dan mencekam.

4. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Kafir dalam film ini merupakan sebutan untuk seseorang yang melakukan persekutuan dengan setan. Film ini sukses menjadi film horror Indonesia terseram dikarenakan terdapat berbagai peristiwa menegangkan yang menjadi inti dari film ini. Film ini mengangkat keseraman dari peristiwa teror yang dialami oleh satu keluarga.

Pada awal penayangannya, film ini memang menarik banyak perhatian di kalangan pecinta film horror. Para penikmat akan dibuat bertanya-tanya terkait ending dari film ini.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Indonesia Paling Sedih, Bikin Banjir Air Mata!

5. Suzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

Film yang booming di tahun 2018 ini memang memiliki jumlah penonton yang bisa dibilang cukup besar. Film ini juga sukses menjadi film horror mencekam sepanjang masa. Sebenarnya film ini merupakan film remake. Namun setting lokasi yang dilakukan serta alur cerita dalam film ini menjadikan film ini sangat berbeda dan juga memiliki nilai horror yang tinggi.

Bahkan sang tokoh yang diperankan oleh luna maya harus memakai riasan sehingga membuat dirinya menjadi semirip mungkin dengan tokoh asli yaitu suzanna. Pada saat penayangannya, film ini berhasil meraup penonton sebanyak 3,3 juta. Tentunya jumlah tersebut sangat fantastis untuk film horror. Bahkan bukan hanya pecinta film horror yang menantikan film ini, banyak orang yang penasaran dengan alur dan keseraman dari film ini.

Film horror di Indonesia memang tidak ada habisnya. Para penulis biasanya mengambil latar kisah dan cerita dari kehidupan dan lingkungan sehari-hari. Terdapat banyak film horror Indonesia terseram. Para pembuat film horror mampu menghadirkan nuansa horror yang sesuai dengan selera masyarakat.

Umumya film horror di Indonesia memiliki kisah yang sebenarnya menjadi alur dari film tersebut. Tak jarang film horror juga diwarnai dengan sedikit genre thriller. Banyaknya peminat terhadap film horror dikarenakan adanya pengalaman emosi yang nampak dimainkan dalam film tersebut. Mulai dari emosi sedih hingga rasa takut.

6. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

perempuan-tanah-jahanam

Film yang satu ini sempat viral di tahun 2019 karena jalan ceritanya yang terbilang sadis. Perempuan Tanah Jahanam menampilkan cerita tentang Maya yang diperankan oleh Tara Basro. Suatu hari, ia memutuskan untuk pergi ke tempat asalnya bersama sahabat dan juga adiknya, Dini.

Demi bertahan hidup di sana, Maya dan Dini melakukan berbagai cara, termasuk dengan berjualan. Namun, ada banyak kejadian janggal yang selalu mengikuti mereka berdua. Salah satunya ialah kehadiran ‘makhluk penunggu’ desa tersebut.

7. Makmum 2 (2021)

makmum-2

Bercerita tentang seorang wanita muda bernama Rini yang diperankan oleh Titi Kamal. Cerita bermula saat Rini mendapat kabar bahwa pengasuhnya, Bude Yanti meninggal. Ia pun memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya.

Tak lama kemudian, ia merasakan banyak kejanggalan. Mulai dari anaknya Hafiz yang sakit dan tak kunjung sembuh. Salah satu yang mengerikan lainnya ialah, hantu penunggu hutan terlarang kampung halamannya selalu menghantui. Hantu tersebut menghantuinya dengan menjadi makmum ketika shalat.

8. Danur The Series (2017-2019)

danur-the-series

Untuk kamu yang suka banget cerita mistis dan mencekam, Danur The Series wajib jadi rangkaian film yang harus kamu tonton, nih. Diperankan oleh Prilly Latuconsina sebagai tokoh utama, film ini sukses menjadi salah satu film horor terfavorit di layar lebar. Menariknya, film ini diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Risa Saraswati.

Berkisah tentang Risa, seorang gadis yang punya kemampuan untuk melihat makhluk halus. Saat masih kecil, Risa melihat arwah 3 anak laki-laki yang meninggal di zaman penjajahan Jepang. Mereka adalah Janshen, Peter dan William. 9 tahun berlalu, Risa pun kembali ke rumah masa kecilnya. Ia pun bertemu kembali dengan ketiga arwah anak laki-laki tersebut.

Namun, yang dirasakan Risa kali ini berbeda. Ia mengalami lebih banyak kejanggalan. Salah satunya ialah kehadiran Asih, arwah wanita yang mencoba menganggu Risa, Janshen, Peter, William dan keluarganya.

Berkat keberhasilannya, film ini telah diangkat menjadi 3 seri. Kabar terbarunya, Danur 4 akan segera hadir di layar kaca. Siap untuk menontonnya sambil uji nyali?

9. Sebelum Iblis Menjemput The Series (2018-2020)

sebelum-iblis-mejemput-the-series

Perjanjian antara ayahnya, Lesmana dan Iblis, membuat Alfie (Chelsea Islan) mengalami banyak kejanggalan. Kerasnya hidup yang dialami juga membuat Alvi tumbuh menjadi gadis yang mandiri dan juga dingin.

Pengalaman mistis makin terasa ketika Alfie bertemu dengan Lesmana dan keluarga baru Lesmana. Keluarga tersebut mengalami banyak konflik dan juga beragam kejadian mistis di villa milik Lesmana. Tak hanya itu, Alfie juga menemukan sebuah fakta mistis lain seputar gudang bawah tanah yang ada di villa itu.

Untuk kamu yang ingin sensasi mencekam yang lebih maksimal, kamu juga bisa menonton lanjutan dari film ini. Yaitu Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 yang tayang di tahun 2020 lalu. Kabar bahagianya, film ini akan segera meluncurkan sekuel ketiga.

10. KKN di Desa Penari (2022)

kkn-di-desa-penari

Dari semua film horror yang ada, mungkin film satu ini menjadi yang paling menarik. Awalnya, cerita KKN di Desa Penari viral berkat sebuah thread yang ada di medsos Twitter. Thread ini sempat viral di tahun 2019 lalu. Ceritanya pun diadaptasi ke layar lebar dengan Manoj Punjabi sebagai produser utamanya.

Ceritanya berkisah tentang 6 orang mahasiswa yang sedang mengadakan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil. Mereka adalah Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton dan Wahyu. Saat menjalani kegiatan tersebut, keenam mahasiswa ini banyak menemukan kejanggalan. Selain itu, mereka juga menemukan sebuah fakta tersembunyi mengenai desa itu. Yaitu kehadiran Badarawuhi, siluman ular yang merupakan penunggu dari wilayah keramat di desa tersebut.

Itu dia tadi informasi seputar kumpulan film horror Indonesia terbaik dan terseram yang pernah ada. Buat kamu yang pemberani, semuanya cocok untuk dijadikan favoritmu. Tapi buat kamu yang penakut, siap-siap bergidik ngeri. Jangan nonton fillm-film ini tanpa teman dan cemilan, ya. Semoga info di atas bermanfaat untuk kita semua.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP