10 Fakta Anak Pertama Perempuan yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Anak pertama sering kali terkesan tegar, mandiri dan sering menjadi sosok pemimpin bagi adik-adiknya. Namun apakah hal ini berlaku jika anak pertama tersebut perempuan. Sebab banyak yang beranggapan bahwa sosok yang tegar dan juga berjiwa pemimpin itu hanya ada pada anak laki-laki saja. Supaya tidak penasaran, ayo kita bahas lebih jauh mengenai fakta anak pertama perempuan di bawah ini:

Fakta Anak Pertama Perempuan yang Kadang Tidak Diketahui

Pundaknya Harus Kuat

Tentu, kamu tidak bisa memilih ingin dilahirkan menjadi anak keberapa. Mungkin proses menjadi seorang anak pertama cukup berat dan tak jarang menjadi tulang punggung keluarga.

Terkadang anak pertama tidak punya tempat untuk bermanja-manja, tidak seperti adik pada kakaknya. Juga, tidak ada yang bisa menolong dirinya, kecuali dirinya sendiri dan Tuhan.

Biasanya Anak Pertama Perempuan Lebih Ambisius

Hal ini telah diungkapkan oleh penelitian dari The University of Essex yang sebagaimana telah dikutip dalam dailymail.co.uk. Penelitian yang ditunjukkan menunjukkan bahwa anak pertama perempuan memiliki presentasi 13% lebih ambisius dibandingkan dengan anak pertama laki-laki.

Beberapa anak pertama seperti Hillary Clinton, J.K Rowling, Beyonce, dan Oprah Winfrey merupakan anak pertama perempuan di keluarga mereka. Perjuangan mereka membuahkan hasil dan menjadi orang yang sukses serta berpengaruh.

Lebih Gemuk Dibandingkan Saudara yang Lain

Ini mungkin sedikit lucu, tapi inilah fakta unik yang harus kamu ketahui. Setidaknya hal ini telah dibuktikan oleh studi yang melibatkan 26.000 perempuan di Swedia yang mengungkapkan bahwa anak pertama perempuan hampir 30%-nya memiliki masalah berat badan dan 40% di antaranya mengaku lebih gemuk dibandingkan sang adik perempuan mereka.

Sering Dicuri Barang-Baragnya

Bila kamu anak pertama, maka kamu pasti sangat faham fakta yang satu ini. Biasanya pelaku yang mencuri barang-barang kamu adalah adik perempuan kamu sendiri yang sering mengambil tanpa mengembalikannya.

Terkadang hal ini memang buat kamu kesal, tapi faktanya adik kakak memang harus saling berbagi. Mulai dari hal-hal yang dianggap kecil, seperti makup, pakaian dan sebagainya. Hal ini sebenarnya tidak heran karena biasanya anak perempuan menjadi role model bagi adik-adiknya.

Anak Pertama Perempuan Lebih Peduli Pendidikan

Dibanding adik-adiknya, anak pertama perempuan lebih peduli pada pendidikan. Ia ingin menjadi contoh yang baik bagi adik-adiknya. Hal ini pun ia gunakan untuk memotivasi adik-adiknya.

Meski tidak jarang pula karena keharusan membantu orang tua, anak perempuan langsung terjun ke dunia kerja tanpa sempat merasakan pendidikan tinggi.

Paling Paham Jatuh Bangun Orang Tua

Menjadi anak sulung itu berarti kamu juga harus siap lebih paham proses jatuh bangunnya orang tua. Kamu akan tahu banyak bagaimana proses pahitnya dalam keluarga.

Saat lahir, anak perempuan biasanya dibangun dengan kehiduapn yang sederhana dengan segala kemampuan terbatas orang tua. Hal ini membuat anak perempuan merasakan proses sukses dan gagalnya orang tua mereka. Tidak jarang saat orang tua kesusahan, itu pun menjadi kesusahan baginya. Ini membuat anak perempuan tidak manja dan lebih dewasa.

Harapan Orang Tua Sangat Tinggi Terhadap Anak Pertama

Normalnya bila orang tua memiliki harapan dan doa untuk anak-anaknya. Tidak ada lagi yang lebih paham dibandingkan dengan hal ini kecuali anak pertama. Menjadi anak pertama, membuat kehadiranmu paling dinanti dan dipersiapkan secara matang oleh orang tua. Persiapanmu hadir di dunia ini dilalukan dengan penuh harapan, cemas dan rasa khawatir yang berlebihan.

Jembatan Komunikasi Orang Tua dan Saudara Lainnya

Menjadi anak pertama tidak jarang membuatmu harus menjadi jembatan komunikasi antara orang tua dan adik-adik yang lainnya. Biasanya peran anak pertama perempuan itu sangat besar dan pasti akan didengar. Orang tua akan faham lebih dahulu padamu setelah itu diharapkan engkau akan menjadi corong atau pun jembatan supaya adik-adikmu pun paham akan pesan orang tua.

Terbiasa Mengalah dan Melindungi

Menjadi anak sulung perempuan seringkali bertugas dalam menjaga adik-adikmu. Ini membuat naluri seorang anak pertama menjadi lebih kepada seorang pendamai, lembut bagi adiknya. Mengalah bukan lagi hal baru bagi anak pertama.

Anak Pertama Perempuan Merupakan Kesayangan Orang Tua

Mungkin karena berkah dan kasih sayang orang tua yang berlimpah maka harus dibayar setimpal pula dengan peran anak perempuan yang besar. Terkadang, memang anak perempuan cenderung lebih menjadi kesayangan oleh orang tuanya. Ini juga merupakan bayaran yang kamu dapatkan karena terlahir saat orang tua masih berjuang dalam mencari kesuksesan.

Itulah sejumlah fakta anak pertama perempuan yang terkadang orang tidak tahu. Bagi kamu anak pertama perempuan harus berbangga hati, karena tanggung jawabmu yang besar merupakan hadiah tuhan kepadamu dengan kepribadian yang tegar, kuat dan dewasa.

Bagaimana? Apakah fakta-fakta di atas ada di diri kamu sebagai anak pertama perempuan? Semoga informasi di atas bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA