10 Drama Korea Tentang Kisah Perjuangan Mahasiswa (Terbaru 2022)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
drama-korea-tentang-kisah-perjuangan-mahasiswa
Daftar Topik

10 Drama Korea Tentang Kisah Perjuangan Mahasiswa – Beragam kisah yang ditawarkan membuat banyak orang memujanya bahkan susah move on. Benar gak nih? Secara garis besar, drama Korea mengangkat beragam kisah kehidupan sehari-hari. Mulai dari kisah masa sekolah, kisah kriminal dan sebagainya.

Salah satu kisah yang gak kalah menarik ialah drama tentang perjuangan mahasiswa. Di tingkat pendidikan yang lebih tinggi, para tokoh menghadapi berbagai pergulatan yang makin seru dalam hidupnya. Ini dia 10 drama Korea tentang perjuangan mahasiswa dengan alur cerita yang menarik versi Blog elevenia.

10 Drama Korea Tentang Kisah Perjuangan Mahasiswa yang Wajib Ditonton

1. Twenty Twenty (2020)

drama-korea-tentang-kisah-perjuangan-mahasiswa-twenty-twenty
Sumber gambar: MyDramaList

Berbeda dengan drama Korea biasa, drama satu ini punya durasi 20-30 menit saja. Berkisah tentang perjuangan muda-mudi umur 20 tahun yang belajar mendewasakan diri. Mereka belajar meniti karir sambil meraih mimpi dengan kebebasan dan tanggung jawab baru yang dimiliki.

Twenty Twenty menyorot kehidupan cinta Chae Da-hee dan Lee Hyun-jin. Dalam menjalani hubungannya, mereka tumbuh dan menjadi dewasa bersama. Di sela kesibukan dalam menjalani pendidikan dan karir, mereka berbagi cinta dan kasih bersama.

2. Again My Life (2022)

again-my-life
Sumber gambar: MyDramaList

Untuk kamu yang suka cerita berbau kriminal dan fantasi, drama satu ini wajib masuk di watchlist kamu. Berkisah tentang Kim Hee-woo yang hidup kembali setelah dibunuh karena menangani kasus korupsi.

Di kehidupannya yang baru, dia tetap memiliki pikiran masa depan. Namun ia kembali menjadi seorang mahasiswa hukum yang berjuang mendapatkan gelar sarjana. Menariknya, drama Again My Life diangkat dari salah satu webnovel hits Kakaopage berjudul sama.

3. My ID is Gangnam Beauty (2018)

drama-korea-tentang-kisah-perjuangan-mahasiswa-my-id-is-gangnam-beauty
Sumber gambar: MyDramaList

Meski sudah rilis bertahun-tahun lalu, drama yang satu ini masih akrab di telinga pecinta drakor. My ID is Gangnam Beauty mengangkat kisah Kang Mi-rae yang menjalani operasi plastik. Dia melakukannya karena merasa penampilannya tidak sesuai dengan lingkungannya.

Hal itu membuat peluangnya makin terbuka. Namun, beberapa waktu berlalu, tantangan menjadi cantik mulai berdatangan. Dialog lucunya yang khas membuat drama ini sungguh berkesan. Terlebih pesan moralnya yang mendalam, yaitu tentang pentingnya menerima dan mencintai diri sendiri.

4. Cheese in the Trap (2016)

cheese-in-the-trap
Sumber gambar: MyDramaList

Sama seperti drama sebelumnya, drama satu ini juga banyak direkomendasikan para pecinta drakor. Alur dan juga elemen cerita yang unik membuatnya makin memikat hati. Cheese In The Trap berkisah tentang hubungan yang sulit antara dua mahasiswa, Hong Seol dan Yoo Joong.

Yoo Joong sendiri merupakan sosok pria yang tampak baik dari luar namun cukup manipulatif. Dia tak segan-segan menyingkirkan pengganggu dalam hidupnya. Mereka pun memulai hubungan yang agak canggung dengan beberapa kesulitan yang menghampiri.

5. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016)

drama-korea-tentang-kisah-perjuangan-mahasiswa-weightlifting-fairy-kim-bok-joo
Sumber gambar: MyDramaList

Hingga kini, drama satu ini masih menjadi favorit. Berkisah tentang Kim Bok-joo, seorang mahasiswa yang bercita-cita menjadi atlet angkat besi. Di kampusnya, ia berjuang menggapai cita-citanya itu. Dia jatuh cinta kepada salah satu seniornya, Jung Jae-yi yang merupakan sepupu dari temannya.

Selain perjuangan Bok-joo, drama ini juga berkisah tentang cinta segitiga dan persahabatannya. Taburan humor yang segar membuat drama ini makin semarak dan cocok ditonton di waktu luang.

Baca Juga: Sinopsis Lengkap Drama Nevertheless, Bikin Baper!

6. Heartstrings (2011)

heartstrings
Sumber gambar: MyDramaList

Satu lagi drama terkenal dengan dua bintang ternama, Jung Yong-hwa dan Park Shin-hye. Keduanya kembali menjadi lawan main setelah drama sebelumnya He Is Beautiful (2009) melejit, nih. Berkisah tentang dua mahasiswa, Lee Kyu-won dan Lee Shin. Mereka adalah pasangan yang sama-sama mahir bermusik.

Kyu-won mahir bermain gayageum (alat musik tradisional Korea), dan Shin mahir bermain gitar. Latar belakang dan aliran musik yang berbeda menjadi tantangan tersendiri dalam hubungan mereka. Pasalnya, drama satu ini telah berhasil meraih penghargaan dan menjadikan Park Shin-hye sebagai Aktris Terpopuler TV di tahun 2012-2013.

7. Reply 1994 (2013)

drama-korea-tentang-kisah-perjuangan-mahasiswa-reply-1994
Sumber gambar: MyDramaList

Berkisah tentang 6 mahasiswa perantauan yang tinggal di rumah kost milik orangtua Sung Na-jung. Lima orang diantara mereka merupakan laki-laki. Seperti drama Reply 1997, drama satu ini punya alur cerita dengan latar waktu maju-mundur hingga tahun 2013.

Uniknya, dalam drama ini, nama asli para tokoh tidak disebutkan. Sehingga kamu harus pintar bermain imajinasi untuk menebak suami Na-jung di masa depan, nih. Selain menyorot kisah para tokoh utama, drama ini juga menyorot beberapa budaya unik hingga peristiwa penting yang terjadi saat itu. Mulai dari kemunculan boyband hingga lahirnya Liga Bola Basket Korea.

8. Hello, My Twenties! (2016)

hello-my-twenties
Sumber gambar: MyDramaList

Untuk kamu yang suka kisah persahabatan yang kental, pasti bakal suka sama drama yang satu ini. Berkisah tentang 5 mahasiswi yang tinggal di rumah kontrakan Belle Epoque. Uniknya, mereka memiliki selera, kepribadian dan juga tujuan hidup yang berbeda. Kelimanya sama-sama berjuang dalam menghadapi peliknya kehidupan.

Namun, semua perbedaan itu gak menjadi masalah dalam hubungan persahabatan mereka. Karena kelimanya saling mendukung dan mengerti satu sama lain. Balutan genre rom-com, membuat drama ini terkesan manis. Drama ini juga sangat menginspirasi kita agar selalu mencari support system yang positif dalam hidup.

9. Run On (2020)

drama-korea-tentang-kisah-perjuangan-mahasiswa-run-on
Sumber gambar: MyDramaList

Seperti drama Wightlifting Fairy Kim Bok-joo, drama ini juga menitik beratkan tema olahraga. Menyorot kisah seorang pemuda bernama Ki Seon-gyeom, seorang atlet lari nasional. Karena keluarganya selalu sibuk, ia tumbuh jadi orang yang dingin dan jarang bersosialisasi.

Seon-gyeom kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo, orang pertama yang dianggapnya sebagai teman sejati. Mi-joo sendiri merupakan seorang gadis yatim piatu yang bekerja sebagai penerjemah film. Dari pertemanan tersebut mereka pun menjalin hubungan cinta dan sama-sama berjuang dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

10. Love Playlist (2017)

love-playlist
Sumber gambar: MyDramaList

Satu lagi drakor yang syarat akan unsur persahabatan. Love Playlist berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang belajar tentang suka duka hubungan dan juga perpisahan. Lima sekawan ini ialah Lee Hyun-seung, Han Jae-in, Kwak Jun-mo, Jung Ji-won, dan Kim Min-wo yang punya latar berbeda.

Mereka bertemu di satu kampus yang sama. Unsur cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat kisah kelompok mahasiswa ini kian menarik. Terlebih tentang proses penyesuaian diri mereka dengan lingkungan sekitar.

Itu dia informasi singkat seputar drama korea tentang kisah perjuangan mahasiswa yang wajib kamu tonton. Drama mana nih yang paling menarik perhatianmu? Apa salah satunya sudah jadi favoritmu? Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, ya.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP