10 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari dengan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Mengantuk merupakan hal yang manusiawi dan termasuk sebuah nikmat. Ngantuk akan terasa nikmat ketika benar-benar mengalami letih atau lemah. Tetapi, mengalami ngantuk yang tidak wajar bisa menjadi hal yang wajar. Misalnya saja ketik kita berada di dalam kelas mendengarkan penjelasan guru, ketika jam kerja, atau ketika kita sedang mengerjakan tugas apapun yang menumpuk. Mengantuk pada waktu yang tidak tepat memang sangat mengganggu. Maka dari itu, sangat dibutuhkan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari agar tidak mengganggu aktifitas.

Faktor Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

Mengantuk tidak mungkin muncul dengan cara tiba-tiba. Terdapat berberapa faktor yang mempengaruhi rasa ngantuk yang berlebihan di pagi hari yang alami dan sangat sulit untuk dihilangkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa ngantuk di pagi hari yaitu faktor energy yang terkuras karena terlalu kerja keras, tidur yang tidak cukup atau bergadang, dan kondisi tubuh yang tidak memungkinkan atau kurang sehat. Nah, sebenarnya tedapat banyak cara menghilangkan ngantuk di pagi hari dengan mudah mengatasinya.

Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Rasa Ngantuk di Pagi Hari

Lakukan Aktifitas

Di pagi hari, terkadang kita sangat berat untuk bangun. Bahkan, ketika bangun tidur, kita merasa semakin lesu dan tidak ada gairah sama sekali. Nah, ketika bangun tidur di pagi hari, cobalah untuk duduk sejenak di atas ranjang untuk mengatur pernafasan agar kembali normal. Agar rasa ngantuk cepat menghilang, lakukan aktifitas pagi hari yang sangat Anda sukai. Misalnya saja menonton acara televise, berjalan sebentar keliling rumah dan pikiran kita terangsang dan bisa menghilangkan rasa ngantuk.

Aturlah Pola Tidur

Agar tidak mudah merasakan ngantuk, maka aturlah pola tidur Anda. tidur yang cukup yaitu 7-8 jam setiap harinya. Karena jika waktu tidur kurang, maka akan merasa ngantuk berat. Selain itu, tidur terlalu lama di siang hari juga bisa menyebabkan sulit tidur ketika di malam hari dan bisa menimbulkan begadang.

Perenggangan / Berolahraga

Ketika mulai beraktiitas, kita pasti sangat sering merasa ngbntuk. Misalnya saja ketika kita duduk di kursi kantor atau beberapa jam mendengarkan pelajaran guru yang membosankan di kelas. Agar ngantuk bisa diusir segera, cobalah melakukan perenggangan tubuh.

Tahan Napas

Terkadang situasi kita tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga. Misalnya saja ketika di kelas. Maka dari itu, cara menghilangkan ngantuk di pagi hari, ambilah nafas melalui hidung dalam-dalam dan tahan sejenak sesuai dengan kemampuan. Kemudian keluarkan dari mulut secara pelan-pelan.

Matikan Lampu Kamar Tidur

Ketika hendak tidur, usahakan untuk mematikan lampu di kamar tidur. karena terangnya lampu bisa membuat Anda sulit tidur. selain itu, terangnya cahaya lampu bisa membuat mata kita bekerja terlalu keras.

Batasi Jarak dengan Alat Elektronik

Alat-alat elektronik yang mempunyai radiasi terlalu tinggi bisa mengakibatkan kita mudah lelah. Misalnya saja computer, televise, speaker dan lain-lain. Selain itu, juga jauhkan handphone dari posisi tidur Anda. karena tanpa sadar handphone bisa mengurangi kualitas tidur Anda.

Aturlah Menu Sarapan Pagi

Agar perut kita terisi tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas di pagi hari dengan baik, biasakan untuk melakukan sarapan pagi. Mungkin sebagian orang leboh memilih untuk meminum kopi di pagi hari ketika merasakan ngantuk. Ingat, kopi hanya berdampak sementara dalam menahan ngantuk. Coba Anda beralih mengkonsumsi menu makanan sehat seperti susu, yogurt, oatmeal, roti dan telur.

Sunbanthing

Pernahkan Anda mendengar istilah sunbanthing? Sunbanthing merupakan nama lain dari berjemur. Berjemur sudah menjadi hal yang sering banyak orang lakukan. Berjemur di pagi hari bisa medmperkuat tulang-tulang kita dan juga bisa memperlancar peredaran darah kita, sehingga pikiran kita berkonsentrasi dengan kuat.

Mandi

Sebagian orang sudah percaya bahwa mandi di pagi hari bisa menghilangkan rasa ngantuk. Setelah tidur berjam-jam, badan akan terasa lesu sehingga mandi di pagi hari sangat ampuh menghilangkan rasa ngantuk.

Meminum Segelas Air Putih

Ketika bangun tidur selama semalaman, cairan di dalam tubuh akan menghilang karena terkuras ketika tidur. Nah, untuk mengganti cairan tersebut, maka minumlah segelas air putih ketika bangun tidur. sebaiknya meminum air putih yang dingin karena sangat ampuh menghilangkan ngantuk.

Demikian ulasan mengenai cara ampuh menghilangkan ngantuk di pagi hari. semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mengatasi masalah Anda di pagi hari yang selalu merasa mengantuk. Selamat mencoba.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA