10 Cara Mengajar yang Baik Bagi Guru di Sekolah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10-Cara-Mengajar-yang-Baik-Bagi-Guru-di-Sekolah[1]
Daftar Topik

Metode atau cara pembelajaran adalah hal yang penting untuk diperhatikan setiap guru di sekolah. Kesalahan dalam memilih cara mengajar, akan berakibat fatal untuk perkembangan anak didik. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan khusus mengenai bagaimana cara mengajar yang tepat. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengajar, berikut ini akan diulas mengenai cara mengajar yang baik untuk guru di sekolah yang bisa dijadikan rujukan dan bahan pengetahuan.

Resitasi

Ini adalah metode mengajar yang di dalamnya siswa diwajibkan untuk membuat ringkasan tentang materi yang telah di sampaikan oleh guru memakai bahasa mereka sendiri. Adapun kelebihan dari metode ini adalah daya ingat siswa akan materi yang lebih tajam dan siswa pun juga akan memiliki inisiatif serta tanggung jawab lebih.

Percobaan

Metode ini adalah cara mengajar yang berisi praktikum atau percobaan di lab. Setiap siswa dituntut untuk melihat prosesnya secara nyata dan kemudian belajar secara langsung pada metode ini. Di antara kelebihan dari metode ini adalah siswa menjadi percaya bahwa pelajaran yang ia dapatkan adalah benar. Kemudian siswa juga akan lebih giat dalam mencari tahu karena jiwa peneliti mereka tumbuh dan berkembang.

Karya Wisata

Metode ini lebih memanfaatkan kepada tempat-tempat yang menjadi sumber pengetahuan atau lingkungan dengan didampingi langsung oleh sang guru. Pelaksanaannya bisa di tempat yang bersejarah, alam atau yang lain. Keunggulan dari metode ini adalah siswa mampu berinteraksi dengan lingkungan nyata. Selain itu, umumnya mereka akan lebih kreatif dan metode ini akan sangat menyenangkan sehingga mereka tidak jenuh.

Latihan Keterampilan

Metode ini melatih siswa di dalam berlatih sesuai melalui proses merancang, memanfaatkan atau membuat sesuatu. Dalam menjalankan metode ini, kreatifitas setiap siswa haruslah tinggi sehingga apa yang ia manfaatkan menjadi lebih berguna dan bermanfaat. Di antara kelebihan dari metode ini adalah kecakapan anak secara motorik dan juga kognitif menjadi lebih terlatih dan mereka juga akan lebih kreatif dengan jiwa yang fokus, teliti, dan tepat.

Pemecahan Masalah

Metode ini dilakukan di dalam kelas yang kecil. Mereka akan diberi suatu kasus kemudian diminta untuk berdiskusi kelompok. Kelebihan dari metode ini adalah siswa menjadi lebih aktif dalam mencari solusi atas masalah. Di samping itu juga untuk melatih berbicara. Dan suasana kelas juga tidak akan terlalu membosankan.

Perancangan

Selanjutnya adalah metode perancangan yang isinya siswa diminta untuk membuat suatu protek yang akan diteliti. Metode ini unggul dari sisi upaya membangun sebuah pola fikir yang kreatif dan kritis pada diri siswa. Siswa juga bisa menggabungkan antara pengetahuan, keterampilan dan juga sikap mereka.

Discovery

Ini termasuk jenis cara mengajar modern yang dilakukan dengan menjadikan siswa mandiri namun pemahamannya menjadi lebih baik. Siswa akan mencari tau mengani jawaban dari pertanyaan yang mereka buat sendiri. Dengan begitu, daya ingat mereka pun juga akan lebih baik.

Inquiry

Ini adalah cara mengajar yang baik yang mencoba membangun siswa untuk dapat menyadari apa saja yang berhasil mereka dapatkan selama proses belajar. Peran guru dalam metode ini tetaplah penting . Siswa akan diminta untuk membuat suatu desain pengalaman belajar. Keunggulan dari metode satu ini adalah siswa menjadi lebih serius dalam belajar dan mereka juga akan lebih fokus.

Mind Mapping

Selanjutnya adalah metode Mind Mapping yang di dalamnya mencoba menerapkan cara berfikir secara urut mengenai suatu masalah bagaimana itu terjadi hingga bagaimana penyelesaiannya. Skemanya biasanya berbentuk sebab akibat. Keunggulan dari metode ini adalah membantu meningkatkan analisis dan fikiran kritis dari masing-masing siswa untuk semua masalah dari awal hingga akhir.

Role Playing

Metode ini juga disebut dengan berbagi peran. Biasanya dengan metode drama dengan memainkan karakter tertentu. Mereka dituntut untuk ber acting sesuai dengan peran masing-masing. Mereka juga harus merespon apa yang semestinya dilakukan dan bertanggung jawab atas tugas masing-masing.

Cooperative Script

Ini adalah cara mengajar yang di dalamnya memasangkan siswa dan meminta mereka menyampaikan inti dari pembelajaran atau materi yang telah disampaikan. Guru pun juga bertugas menyampaikan dan mengatur siapa yang akan menjadi pembicara dan siapa yang akan menjadi pendengar. Dengan metode semacam ini, materi yang disampaikan akan lebih mengena.

Itulah uraian tentang cara mengajar yang baik untuk guru di sekolah yang bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pengetahuan Anda. Dengan mengetahui berbagai metode di atas, Anda akan kaya metode dan bisa menentukan mana yang tepat untuk materi A dan mana yang tepat untuk materi B. Semoga bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA