Beauty & Health

WOW, Ternyata ini Khasiat Jeruk Nipis untuk Batu Ginjal!

Jangan Lupa Share ya

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali buah yang bisa konsumsi karena memiliki banyak khasiat. Dari sekian banyak buah yang ada, jeruk nipis merupakan salah satu buah yang berkhasiat untuk menyembuhkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mulai dari kandungan vitamin C, thiamin, riboflavin dan lain sebagainya.

Selain memiliki banyak kandungan, jeruk nipis juga sangat mudah ditemukan. Bahkan, hampir di seluruh dunia bisa menemukan jeruk nipis ini. Selain itu, harga jeruk nipis yang terjangkau, tidak sebanding dengan banyaknya manfaat yang dimiliki. Jeruk nipis tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, namun kulitnya juga bisa dimanfaatkan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai khasiat jeruk nipis untuk batu ginjal beserta ulasan lainnya, simak ulasannya berikut ini.

Jeruk Nipis Mudah Ditemukan dan Berkhasiat


Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa jeruk nipis memang mudah sekali ditemukan. Karena, hampir di seluruh dunia buah ini ada. Selain itu, jeruk nipis hanya dibanderol dengan harga murah. Meski begitu, jeruk nipis memiliki banyak khasiat dibandingkan buah-buah lainnya. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan yang terdapat di jeruk nipis.

Salah satu kandungan yang terdapat di jeruk nipis ini seperti seratnya yang tinggi. Dengan kandungan ini, jeruk nipis dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada jeruk nipis ini bisa menjaga saluran pencernaan Anda. Karena, serat yang terdapat pada jeruk nipis ini berkhasiat untuk kanker yang bisa menyerang usus besar. Selain itu, kandungan serat ini juga bisa mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Selain kandungan serat yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang cukup tinggi.

Kandungan dalam Jeruk Nipis


Seperti yang telah kita ketahui bahwa jeruk nipis memiliki rasa yang asam, namun menyegarkan. Dibalik itu, jeruk nipis dipercaya memiliki kandungan zat gizi yang sangat banyak. Yang mana kandungan ini dipercaya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan yang sangat berkhasiat untuk tubuh seperti limonene, flavonoid, serat, asam askorbat (vitamin C), dan asam sitrat, energi, protein, kalsium, lemak, karbohidrat, serat, karoten total, fosfor, besi, vitamin, dan vitamin C.

Dengan kandungan tersebut, tak heran jika jeruk nipis dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Selain jeruk nipis bisa menyembuhkan batu ginjal, bisa menyembuhkan beberapa penyakit ringan seperti batuk, radang tenggorokan dan tekanan darah tinggi. Jeruk nipis tidak jauh  berbeda dengan jeruk lainnya yang mengandung banyak vitamin C. Jika kamu rutin mengonsumsi 100 gram jeruk nipis, secara otomatis sudah memenuhi 48% kebutuhan vitamin C pada tubuhmu.

Khasiat jeruk nipis untuk batu ginjal juga berpengaruh terhadap penyembuhan penyakit jantung. Selain itu, kandungan ini juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, dan mengatasi sariawan serta bibir pecah-pecah.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Batu Ginjal


Dari sekian banyak organ pada tubuh, yang tak kalah penting yaitu ginjal. Ginjal terletak pada bagian bawah perut. Dalam tubuh manusia, ginjal sangat penting. Karena ginjal menjadi tempat penyaringan dan penghilangan zat beracun. Namun, kadang kala zat yang terakumulasi di ginjal ini kelebihan garam, mineral dan zat lainnya yang bisa menyebabkan batu ginjal. Batu ginjal ini sebagian besar berupa kalsium fosfat. Dalam hal ini, batu ginjal bisa hilang jika diobati atau dibiarkan sembuh sendiri. Untuk cara mudah mengobati batu ginjal yaitu dengan mengkonsumsi jeruk nipis.

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin, bisa meningkatkan keasaman urin. Sehingga bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Asam sitrat yang terkandung dalam lemon cukup tinggi. Agar rasa jeruk nipis ini tidak terlalu asam, Anda bisa membuat jeruk nipis ini sebagai jus.

Selain khasiat jeruk nipis untuk batu ginjal, jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengatasi kanker. Kandungan dalam jeruk nipis yang bisa mengatasi atau mencegah kanker yaitu kandungan limonene. Mungkin masih banyak orang yang ragu akan khasiat jeruk nipis ini, namun perlu Anda ketahui bahwa jeruk nipis bisa mengatasi kanker. Hal ini telah dibuktikan adanya studi preklinis yang mengungkapkan bahwa pemberian diet 5% minyak jeruk dan 5% d-limonene bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Itulah kandungan jeruk nipis beserta khasiatnya untuk batu ginjal. Setelah mengetahui khasiat dari jeruk nipis, kamu tak perlu bingung mencari obat yang tepat untuk batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply