Hobby

Wisata Air Terjun Sekar Langit, Magelang, Jawa Tengah yang Melegenda

Jangan Lupa Share ya

Magelang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Salah satu wisata yang paling menarik perhatian pengunjung saat bertandang ke kota ini adalah wisata alamnya, terutama wisata air terjun. Di Magelang terdapat beberapa air terjun yang terkenal, seperti Air Terjun Silawe, Seloprojo, Sekar Langit dan air terjun lainnya. Di sini kita akan membahas Air Terjun Sekar Langit.

Air Terjun Sekar Langit memiliki lokasi yang cukup mudah dijangkau dibanding dengan air terjun yang lainnya. Air terjun yang satu ini berada di lereng gunung Telomoyo, yaitu perbatasan antara pegunungan Magelang dan pegunungan salatiga. Lokasi yang mudah dijangkau ini tentu saja memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini. Ketinggian air terjunnya sendiri diperkirakan mencapai 30 meter. Bagaimana, cukup tinggi bukan?

Jalanan yang akan kamu lewati saat akan ke air terjun yang satu ini cukup berkelok-kelok namun mulus. Sebelum sampai di wisata ini, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah selama perjalanan. Hal ini dijamin akan menambah semangat kamu untuk segera sampai di Air Terjun Sekar Langit.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam. Sebab, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 saja, murah bukan? Dari pintu masuk, kamu harus terus berjalan cukup jauh menapaki jalan setapak, sekitar satu kilometer. Sepanjang perjalanan ini, kamu lagi-lagi akan disuguhi pemandangan hijau di sekelilingmu. Banyak tempat yang Instagramable sepanjang jalan setapak. Ini tentu akan sangat cocok bagi kamu yang hobi banget foto.

Nantinya di tengah perjalanan, kamu akan melewati jembatan. Jika dilihat sekilas jembatan ini mirip dengan jembatan Ampera hanya dengan ukuran yang lebih kecil. Alas dari jembatan ini terbuat dari bambu kering. Mungkin buat kamu yang lebih terbiasa, akan menjadi tantangan tersendiri untuk melewatinya. Sebab, saat dilewati jembatan ini agak bergoyang. Namun kamu tidak perlu khawatir karena dipastikan jembatan ini sangat aman untuk dilewati. Usai melewati jembatan, kamu harus menaiki anak tangga, hingga akhirnya sampai ke Air Terjun Sekar Langit.

Saat sampai ke air terjun yang satu ini, capek yang kamu rasakan selama perjalanan seketika akan hilang dan digantikan dengan perasaan takjub saat melihat indahnya pemandangan Air Terjun Sekar Langit di hadapanmu. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian 30 meter tersebut menambah ramainya suasana di tempat yang satu ini. Selain itu, kamu pun bisa berendam atau sekedar main air di sini. Airnya sendiri sangat segar dan dapat menghilangkan penatmu.

Sebelum kamu berkunjung ke sana, alangkah baiknya kamu pun mengetahui mitos dari Air Terjun Sekar Langit ini. Konon, air terjun ini merupakan tempat di mana Jakatarub mencuri salah satu selendang dari bidadari cantik yang tengah mandi di air terjun ini. Bidadari tersebut bernama Nawangwulan. Kamu tentu tahu atau mungkin pernah dengar tentang cerita legenda yang satu ini bukan? Akibat perbuatan dari Jakatarub itu, Nawangwulan pun tak bisa pulang kembali kekhayangan hingga akhirnya berumah tangga dengan Jakatarub.

Percaya atau tidak percaya akan cerita legenda tersebut, namun yang pasti cerita legenda Jakatarub ini sangat melekat di tempat wisata Air Terjun Sekar Langit ini. Hingga banyak dari pengunjung yang datang karena penasaran ingin melihat secara langsung air terjun yang diceritakan dalam legenda tersebut.

Biasanya, air terjun yang satu ini akan ramai pada akhir pekan. Banyak di antara pengunjung yang hanya duduk-duduk di batu-batu yang banyak terdapat di bawah air terjun tersebut. Namun sebaiknya kamu menghindari mengunjungi tempat wisata ini saat musim hujan, karena dikhawatirkan terjadi air bah yang tidak diinginkan.

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi air terjun ini, rute termudah untuk mencapainya adalah dari pusat kota Magelang, kamu ambil arah utara menuju Secang. Dari Secang, ikuti saja papan petunjuk ke arah Grabag di sebuah persimpangan jalan. Setelah itu, ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu dengan perempatan Pasar Grabag. Dari perempatan ini, ambil jalan ke arah kiri atau Jalan Grabag-Ambarawa, setelah itu kamu akan menemukan sebuah pertigaan kecil, lalu belok ke arah kanan. Secara perlahan, jalanan akan menanjak dan akhirnya sampai di sebuah tikungan. Dari tikungan ini tidak jauh dari area parkir Air Terjun Sekar Langit.

Semoga informasi di atas, bermanfaat bagi kamu. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Sekar Lagit? (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply