ELEVENIA STORIES

Waktu-waktu Puasa di Seluruh Dunia

[BlogHeader]Article_Waktu-Puasa

Halo elevenian! Bagiamana dengan puasanya hari ini? Semoga di hari yang terakhir ini, puasa kita lancar hingga waktu buka tiba ya. Berbicara mengeanai waktu berbuka, tahukah kamu bahwa kalian yang berpuasa di Indonesia termasuk salah satu umat Muslim yang beruntung? Kenapa? Well, selain memiliki populasi umat Islam paling besar di dunia, Indonesia juga memiliki jangka waktu puasa yang masih bisa dikatakan ‘terjangkau’ dari beberapa negara lain.

Negara mana sajakah yang termasuk tempat berpuasa paling lama dan paling singkat? Berikut penjelasannya!

Waktu Terpanjang

Skandinavia

Suasana di Helsinki, Finlandia
Suasana di Helsinki, Finlandia

Negara-negara di Skandinavia seperti Finlandia, Swedia, Islandia dan Norwegia dikenal dengan musim dinginnya yang panjang dan memiiki waktu jangka puasa yang paling lama. Menurut sumber, umat Islam di negara-negara ini melaksanakan ibadah puasa selama kurang lebih 20-22 jam. Wahh kebayang ya elevenian sesabar apa umat Islam di negeri ini?

Contohnya di Islandia. Penduduk Muslim di negeri ini harus selesai sahur jam 2 pagi dan baru bisa buka jam 00.00. Itu artinya mereka berpuasa selama 22 jam elevenian! Wahh kebayang kan sabarnya mereka gmana? Kalau kamu sanggup ga kira-kira? Umat Islam di negara-negara ini ternyata memiliki populasi yang lumayan lho elevenian. Di Swedia, terdapat sekitar 500.000 Muslim. Swedia juga memiliki 16 mesjid di kota-kota besarnya.

Russia

Salah satu mesjid agung di Rusia
Salah satu mesjid agung di Rusia

Tahukah kamu bahwa Islam merupakan agama nomer dua terbesar di Russia? Selain itu, umat Islamdi Russia berpuasa hampir sama lamanya dengan negara-negara Skandinavia yaitu selama 22 jam! Keadaan geografis Russia yang terletak di bagian utara bumi dan musim panas yang mereka sedang lalui mengakibatkan sinar matahari menerang selama lebih dari 20 jam. Maka dari itulah umat Islam yang berpuasa di Rusia sangat lama.

Inggris

england

Lain halnya dengan beberapa di negara utara, Inggris memiliki waktu puasa yang lebih pendek yaitu sekitar 19 jam berpuasa. Di Inggris, populasi umat Muslim pun lebih banyak dibangingan dengan negara di Eropa Utara. Pada tahun 2016, tercatat Inggris memiliki penduduk Muslim sekitar 3 juta penduduk! Inggris menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan Islam yang paling pesat.

German

germany-1444720531

Pada tahun 2009, tecatat bahwa German memiliki penduduk Muslim sebanyak 4,3 juta orang. Sebagian besar penduduk Muslim di German ini merupakan imigran dari Turki dan juga Afrika. Populasi yang terus meningkat di German ini, juga ikut berpuasa dan merupakan salah satu negarayang berpuasa cukup lama yaitu sekitar 19 jam.

Terpendek

Argentina dan Chile

chile-002

Dua Negara ini adalah dua dari beberapa negara yang memiliki waktu puasa yang paling pendek. Tercatat bahwa penduduk Islam yang menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 9 jam saja. Argentina, negara yang sangat dikenal dengan ibukotanya Buenos Aires ini, memiliki penduduk muslim sekitar 1,9%  dari jumlah penduduk. (sumber: anakreguler.com)

Australia

Sydney Opera House and Ferry

Negara tetangga Indonesia ini juga ternyata adalah salah satu negara yang memiliki jam puasa yang pendek. Australi memiliki waktu puasa hanya 11 jam saja. Tak jauh dari Indonesia, negara ini juga memiliki cuaca yang panas. Bahkan, negara ini mempunyai tingkat kepanasan yang lebih panas dari Indonesia sehingga kulit bisa dengan lebih mudah terkena sunburn. Hmmm berpuasa di Australi cukup berat juga ya elevenian?

Indonesia

JKT

 

Di Indonesia sendiri, umat Muslim berpuasa sekitar 14 jam. Hal ini juga dirasakan oleh umat Muslim di Malaysia dan negara-negara tetangga Asia Tenggara. Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, maka umat Muslim di Indonesia sudah seharusnya bersyukur tidak perlu berpuasa lebih dari 20 jam. Kebayang ga elevenian jika kamu harus berpuasa lebih dari 20 jam? Wahh bagaimana jadinya ya?

Share

Leave a Reply