Beauty & Health

Waktu Keramas yang Baik Berapa Hari Sekali?

Jangan Lupa Share ya

Beberapa orang memilih untuk mencuci rambutnya sebanyak dua hari sekali. Bahkan sebagian lainnya memilih untuk keramas setiap hari dikarenakan cuaca yang panas dan membuat rambut berkeringat. Kebutuhan keramas setiap orang memanglah berbeda-beda. Mungkin akan ada orang yang akan baik-baik saja kalau tidak keramas beberapa hari; namun ada juga orang yang rambutnya akan bau atau lepek saat tidak keramas bahkan hanya dalam satu hari saja. Namun, rata-rata orang biasanya keramas setidaknya 2-3 hari sekali. Padahal, terlalu sering mencuci rambut tidak disarankan karena bisa menyebabkan rambut rontok. Lantas keramas yang baik berapa hari sekali?

Oleh karena itu berikut memutuskan untuk menentukan frekuensi keramas Anda ada beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelumnya yaitu :

  1. Tekstur atau jenis rambut

Taukah Anda bahwa ekstur rambut Anda dapat mempengaruhi kecepatan minyak pada rambut dan kulit kepala Anda, menuju akar rambut. Misalnya pada rambut yang kasar atau keriting, minyak akan lebih lambat dalam mencapai akar rambut, sehingga jika Anda memiliki rambut yang kasar atau keriting, Anda dianjurkan untuk keramas tiga hari sekali. Tidak dianjurkan untuk keramas lebih dari dua kali dalam seminggu pada orang dengan rambut sangat keriting, karena untuk mencegah kerontokan rambut.  Sedangkan bagi Anda yang memiliki rambut bergelombang, Anda dianjurkan untuk keramas tiga kali seminggu. Dan bagi Anda yang memiliki rambut lurus, Anda harus keramas lebih sering, yaitu setiap hari. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis rambut lainnya, yang bisa Anda pertimbangkan ketikah hendak menentukan keramas yang baik berapa hari sekali:

  • Rambut Kering

Jika Anda memiliki rambut kering, maka Anda disarankan untuk mencuci rambut dua kali seminggu. Hindari mencuci rambut Anda setiap hari ketika mengalami masalah rambut kering. Sebab bila rambut kering dicuci setiap hari akan dapat menghilangkan minyak alami yang tersisa di rambut Anda. Maka dari itu disarankan untuk Anda lebih baik keramas dua kali dalam seminggu dan menggunakan sampo yang ringan. Pastikan pula supaya Anda tidak lupa untuk menerapkan kondisioner yang dapat membantu melembabkan batang rambut Anda.

  • Rambut Tipis

Orang yang memiliki rambut yang tipis biasanya memiliki tekstur rambut yang lebih halus. Seperti studi terbaru yang mengungkapkan bahwa rambut tipis dan halus cenderung akan dapat menyerap minyak lebih banyak dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki jenis rambut yang tipis disarankan untuk mencuci rambut dengan shampo lebih sering daripada rambut kering yakni tiga kali dalam seminggu.

  • Rambut Tebal

Untuk Anda yang berambut tebal umumnya tidak memiliki masalah dengan minyak karena minyak akan membutuhkan waktu untuk menyusuri helaian yang tebal. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan keramas dalam frekuensi yang lebih jarang, misalnya seminggu sekali. Anda juga tetap bisa mencuci rambut dua atau tiga kali untuk menyegarkan kepala.

  • Rambut Panjang Alami

Jika Anda memiliki rambut panjang alami yang tidak terlalu tebal atau tipis, maka Anda dapat mengatur waktu keramas sesuai keinginan Anda. Tetapi Anda disarankan untuk keramas dua kali dalam seminggu. Sesekali pun Anda boleh melakukan keramas tiga kali seminggu untuk membuat kepala Anda tetap segar. Jangan lupa juga untuk menggunakan kondisioner yang dapat melembabkan sekaligus membuat helaian rambut Anda menjadi lebih halus.

  1. Jenis kulit rambut

Untuk mencari tahu keramas yang baik berapa hari sekali untuk rambut Anda maka Anda juga harus memerhatikan jenis kulit rambut Anda, karena keramas sangat bergantung pada jenis kulit rambut Anda. Jika kulit kepala Anda secara alami jenisnya sangat berminyak, maka Anda dapat mencuci rambut atau keramas lebih sering, bahkan setiap hari, serta tanpa perlu khawatir hal tersebut akan merusak rambut Anda. Tetapi jka jenis kulit dan rambut Anda adalah normal, tidak super berminyak dan tidak super kering atau cenderung kering, maka Anda hanya perlu melakukan keramas sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu. Sedangkan jika Anda memiliki kulit kepala yang berminyak namun tidak berlebihan, Anda dapat melakukan keramas setidaknya dua hari sekali.

Tidak hanya jenis kulit rambut, faktor umur pun ternyata memiliki peran dalam mempengaruhi jumlah minyak yang dihasilkan, sebab semakin bertambah tua umur Anda, maka kulit kepala Anda akan menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga Anda tidak perlu sering keramas seperti dulu.

Demikianlah artikel untuk menentukan waktu keramas yang baik berapa hari sekali untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan rawatlah selalu keindahan rambut Anda.(elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply