MEDIA ROOM

VP Marketing elevenia: “Sudah saatnya perempuan mengambil langkah besar dalam dunia digital!”

VP Marketing elevenia - Madeleine Ong de Guzman

Jakarta, 21 April 2015 – Sebuah penelitian dilakukan oleh Silicon Valley mengatakan bahwa hingga saat ini hanya ada 6,5 persen perusahaan yang dipimpin oleh perempuan dan hanya 1,3 persen perusahaan yang founder-nya adalah perempuan. Di Indonesia sendiri pun belum banyak perempuan mendapatkan spotlight dunia digital. Lalu bagaimana kans perempuan dalam dunia digital Indonesia?

“Jika dilihat lebih lanjut lagi, memang masih belum banyak pemimpin perempuan di dalam bisnis digital Indonesia. Namun inilah kesempatan para perempuan untuk ambil langkah besar sebagai pengambil keputusan dalam industri digital,” ujar Vice President Marketing elevenia, Madeleine Ong de Guzman.

Berkarir di tiga negara, Filipina, Singapura dan Indonesia, menjadikan Madeleine memiliki cara berpikir yang berbeda melihat dunia digital. Perempuan yang hobi olah raga Muaythai dalam sela-sela kesibukannya ini, memulai karirnya di sebuah platform messaging di Filipina – pinoyexchange.com, lalu berlanjut sebagai Digital Director di Proximity, BBDO Guerrero. Setelahnya, pada tahun 2008 hingga 2010, Ia melangkahkan kaki ke negeri Singapura di bawah bendera telekomunikasi M1.

Langkahnya di bidang telekomunikasi pun berlanjut ke Indonesia, dengan bergabung bersama XL Axiata, di mana Madeleine bertanggung jawab untuk bisnis VAS (Value Added Service), termasuk Ring Back Tone, yang sempat heboh sekitar tahun 2010. Pelan tapi pasti, bersama XL Axiata, Madeleine juga diberikan tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis telekomunikasi.

“Dari tanggung jawab baru ketika bersama XL Axiata inilah saya mulai berani menapaki diri dengan dunia e-commerce. Dari perjalanan pekerjaan saya di bidang digital, saya sadari bahwa memang dunia digital didominasi oleh laki-laki. Namun bukan berarti perempuan tidak bisa mendominasi dunia tersebut,” ujar Madeleine. Ditunjuk sebagai Vice President Marketing untuk sebuah marketplace, menjadikan Madeleine terus mengeruk ilmu dan mengembangkan rasa ingin tahu lebih banyak di bidang e-commerce, dan yang terkait dengannya. Dari kepemimpinannya di elevenia, Madeleine berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu The Most Influential Chief Marketing Officer in Asia dari Brand Congress pada tahun 2015.

“Melihat dunia yang semakin dinamis, semakin banyak kesempatan bagi perempuan untuk maju, terlebih lagi di dunia digital dan teknologi. Pada dasarnya, perempuan itu sangat menyukai detil. Dan seperti yang kita tahu bahwa Retail is details. Ini merupakan atribut penting dan ini sudah dimiliki oleh semua perempuan. Kini, dengan mudahnya akses teknologi dan informasi pada masa sekarang, menjadi satu kunci tambahan bagi perempuan untuk berkarya dalam pasar yang selama ini dikuasai oleh laki-laki. Sudah saatnya perempuan mengambil langkah besar dalam dunia digital!”  ujar Madeleine menutup pembicaraan.

 

Share

Leave a Reply