Gadget & Photography

Tujuh Langkah Mudah Upgrade Sistem Operasi “Kit Kat”

OS KitKat

Anda para pengguna smartphone dan tablet pasti menginginkan sistem operasi yang terbaru, bukan? Versi terbaru dari sistem operasi “Android” dengan nama “Kit Kat” ini sudah bisa didapatkan di Indonesia sejak pertengahan Februari lalu. Nah, bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi lama dan ingin beralih ke versi terbaru, simaklah cara mudah untuk melakukan upgrade seperti berikut ini:

  1. Cek sistem operasi terakhir

Sebelum merasakan berbagai fitur yang disediakan “Kit Kat”, periksa terlebih dahulu apakah sudah ada sistem operasi yang sesuai dengan tipe smartphone dan juga tablet Anda dengan melihatnya pada fitur software information, atau mencari secara manual di “Google.”

  1. Back up data

Meski seharusnya proses upgrade sistem operasi terbaru tidak akan menghilangkan data yang ada pada smartphone ataupun tablet, ada baiknya back up terlebih dahulu data yang penting seperti kontak dan foto yang tersimpan di memori perangkat seluler.

  1. Periksa kapasitas memori

Smartphone atau tablet harus memiliki sekitar 512 MB memori kosong agar dapat mengunduh versi terbaru sistem operasi “Android”, sebab jika kurang dari itu sistem operasi tidak akan dapat digunakan pada perangkat seluler Anda.

  1. Periksa koneksi internet

Melakukan upgrade sistem operasi membutuhkan waktu sekitar 60 menit, sehingga Anda harus memastikan koneksi internet tidak terputus di tengah jalan agar tidak terlalu banyak membuang waktu serta tenaga untuk mengulangi proses tersebut.

  1. Lakukan upgrade

Untuk mendapatkan versi terbaru sistem operasi “Android” pada perangkat seluler Anda, masuklah ke menu setting kemudian cari tulisan about phone atau about tablet dan selanjutnya pilih install atau download pada ikon system update yang ada di layar.

  1. Diamkan perangkat seluler

Selama proses upgrade, sangat penting untuk tidak menekan tombol apapun pada smartphone atau tablet Anda agar sistem operasi terunduh dengan sempurna. Saat sudah selesai, perangkat seluler Anda akan restart dengan sendirinya untuk memasang “Kit Kat” sebagai sistem operasi yang digunakan.

  1. Cek sistem operasi yang terpasang

Setelah semua proses selesai, Anda bisa mengecek sukses atau tidaknya proses upgrade tersebut melalui menu setting untuk atau bisa juga hanya dengan melihat tampilan layar yang berbeda dari sebelumnya.

Sistem operasi terbaru dari “Android” ini hanya bisa digunakan di beberapa tipe perangkat seluler sehingga Anda yang tidak memiliki smartphone atau tablet dengan tipe tersebut harus bersabar lebih lama lagi untuk menunggu dirilisnya versi yang cocok. Namun jika Anda sudah tak sabar untuk merasakan kecanggihan fitur-fitur terbaru “Kit kat”, segeralah berburu smartphone atau tablet tipe terbaru yang memiliki kompatibilitas dengan sistem operasi tersebut.

Share

Leave a Reply