Gadget /Komputer

Trik Mudah Pasang Wifi di Rumah

Jangan Lupa Share ya

Wifi sekarang sudah menjadi kebutuhan tiap orang. Semua pekerjaan dari berbagai jenis pekerjaan pasti memerlukan wifi untuk mempermudah pekerjaan. Koneksi internet pada wifi berfungsi untuk mempermudah setiap orang menyelesaikan setiap pekerjaanya, seperti berbagi email, mengirim laporan, pencarian referensi.

Pada awal kemunculan wifi, wifi masih memiliki harga yang sangat tinggi. Sehingga pada saat awal kemunculannya hanya sebagaian orang saja yang bisa memasang wifi. Namun, pada saat ini, harga pemasangan wifi, sudah terbilang murah, sehingga siapaun bisa memasang wifi dikantornya, dirumahnya dan lain-lain.

Trik Mudah Pasang Wifi di RumahWifi memiliki keunikan tersendiri, dengan memasang wifi, kamu kana lebih menghemat biaya penggunaan layanan internet apabila dibandingkan dengan biaya paketan internet yang kamu beli berapa bulan sekali ddengan hanya ukuran beberapa giga. Dalam pemasangan wifi pun sekarang sudah tergolong mudah.

Kamu bisa memasang wifi menggunakan modem wifi atau yang biasa didengar dengan mifi, selain itu kamu juga bisa menggunakan router USB yang harganya lebih terjangkau.

Bagi kamu yang ingin melakukan pemasangan wifi di rumah kamu, kamu bisa mengikuti trik berikut ini, sehingga kamu bisa memasang wifi dengan mudah dan yang pastinya anti ribet.

Menghubungi Penyedia Layanan Wifi


Cara yang petama kamu gunakan adalah dengan menghubungi penyedia layanan wifi. Hal tersebut untuk mempermudah anda untuk berlangganan. Tarif yang dikenakan untuk berlangganan pastilah berbeda, hal tersebut ditentukan oleh jauhnya rumah kamu dari jangkauan penyedia layanan.

Selain itu, juga ditentukan bagaimana kondisi sekita rumah kamu, apakah banyak pepohonan atau tidak. Sehingga nantinya akan memudahkan jaringan koneksi internet. Oleh karena itu, kamu harus memilih tempat penyedia layanan wifi yang memang benar-benar berkualitas.

Pemasangan Wifi


Router USB merupakan alat pemasang wifi yang sering banyak digunakan. Selain mudah, router usb ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan mifi atau modem wifi. Berikut merupakan trik yang bisa kamu gunakan, apabil kamu menggunakan router USB.

  1. Belilah router USB yang memiliki kecocokan atau kesesuaian dengan modem USB ysang kamu miliki atau yang kamu beli. Router USB memiliki beberapa tipe yang bisa kamu sesuaikan dengan modem USB kamu. Seperti router tipe, TP LINK MR3020 dan TP LINK MR3420. Dalam pemilihan tipe tersebut, terserah kamu pada intinya harus sesuai dengan modem USB kamu.
  2. Pembelian kartu sim, kartu sim yang kamu beli harus memiliki kesesuaian dengan kartu sim yang kaamu gunakan. Apakan tipe CDMA atau tipe GSM. Karena apabila tidak memiliki kesesuaian atau kecocokan maka layanan koneksi internet tentunya tidak akan berjalan.
  3. Pembelian modem USB.
  4. Mulai menyiapkan kartu sim. Penyiapan kartu sim ini didasarkan pada provider apa yang kamu pakai. Sebelum kartu sim yang kamu siapkan dimasukkan pada model USB, terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan kartu kamu untuk paket internet. Hal tersebut bertujuan agar router yang kamu siapkan dapat tersambung dengan internet.
  5. Apabila kartu sim kamu telah kamu koneksikan dengan internet, selanjutnya kamu bisa memasukkan kartu sim kamu pada modem USB, dan pastinya harus memiliki kesesuaian, apakan GSM apakah CDMA.
  6. Apabila modem USB sudah berisi kartu sim, maka selanjutny akamu bisa mencolokkan modem USB dengan isis kartu sim pada router usb yang telah kamu siapkan. Dalam hal ini, router yang kamu persipkan, adalah router yang memang mendukung modem yang kamu gunakan agar router bisa dengan mudah tersambung pada internet. Apabila tidak terdapat kesesuaian antara router dan modem, maka tentu saja router tidak akan memiliki sambungan internet yang bisa kamu gunakan.
  7. Apabila router sudah lengkap, seperti modem sudah mencolok pada router, selanjutnya yaitu kamu bisa mencolokkan router pada stop kontak kamu, kemudian kamu bisa menyalakan routernya. Sehingga setelah kamu mencolokkan router pada stop kontak makas secara otomatis , router langsung menyala.
  8. Apabila router telah menyala, maka sinyal wifi pun menyala dan siap kamu gunakan di rumahmu.

Itulah trik yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa memasang wifi di rumah kamu sendiri, tentunya dengan mudah. Bagi kamu yang masih kebingungan untuk membedakan apa itu GSM apa itu CDMA, berikut sedikit penjelasannya,

Global system for mobile atau GSM diciptakan khusus untuk kepentingan jaringan nirkabel dengan menggunakan mobile. Kartu yang termasuk dalam GSM yaitu, indosat, xl, telkomsel dan sebagainya. Sedangkan Code Division Multiple Acces atau CDMA yaitu jaringan dengan kinerja melalui penggunaan kode yang bertujuan untuk pengaksesan. Kartu yang termasuk dalam CDMA adalah smartfren, flexi dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin memasang wifi, trik tersebut bisa kamu gunakan.

BACA JUGA! INILAH PERBEDAAN ROUTER DAN SWITCH, KAMU WAJIB TAHU!

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply