Gadget & Photography

Trik Mobile Photography Yang Wajib Kamu Tahu

Trik Mobile Photography Yang Wajib Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

Trik Mobile Photography Yang Wajib Kamu Tahu

Dahulu fotografi memang sangat identik dengan menggunakan teknik pengambilan gambar yang memakai kamera profesional seperti kamera DSLR contohnya. Akan tetapi saat ini kamu telah memasuki dunia dari fotografi mobile yang mana sudah banyak smartphone yang telah dibekali dengan kamera yang canggih serta eksperimen yang cukup menantang seperti halnya kamera profesional.

Terlepas dari apa jenis smartphone yang kamu pakai kamu masih tetap bisa memaksimalkan guna memperoleh bidikan gambar yang unik dan juga berkualitas. Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil potret yang berkualitas maka kamu bisa mengikuti beberapa trik mobile photography di bawah ini:

Lakukan Pembersihan Pada Lensa Kamera Dan Memaksimalkan Shortcut Kamera


Sebelum kamu melangkah terlalu jauh, terdapat trik sederhana yang bisa menjadikan bidikan gambar berkualitas yakni dengan cara membersihkan lensa kamera dari smartphone yang memiliki. Smartphone memang sangat lekat dan tidak akan pernah terpisahkan dari penggunanya kemana pun dan dimana pun.

Dikarenakan kerap kali dipakai tentunya lensa dari kamera terdapat banyak sidik jari dan debu yang menempel, entah itu dari debu yang kasat mata. Untuk itulah kamu perlu untuk membersihkan lensa kamera sehingga hasil dari tangkapan pun tidak akan buram dan hasil sangat berkualitas seperti halnya kamera DSLR.

Baca juga: Belajar Komposisi Fotografi

Setelah kamu melakukan pembersihan pada lensa kamera, setelah kamu melakukan pembersihan pada lensa kamera maka yang berikutnya adalah perlu untuk memaksimalkan shortcut dari kamera tersebut. Kebanyakan ponsel Android telah memiliki shortcut khusus agar bisa melunturkan karat dengan cepat, tentunya dengan adanya shortcut khusus ini akan jauh lebih praktis ketika menangkap momen secara dadakan yang berlangsung.

Nah, kamu memang dapat mempelajari shortcut yang telah disediakan pada fender dari smartphone yang kamu miliki meskipun shortcut yang telah disediakan berbeda-beda. Umumnya shortcut berada pada bagian bawah area lock screen, atau kamu bisa menekan tombol home sebanyak 2 kali untuk smartphone Samsung dan menekan tombol volume bawah sebanyak 2 kali untuk ponsel Asus Zenfone.

Menggunakan Landscape Dan Menghindari Pemakaian LED Flash

Foto landscape sendiri menggunakan format 16:9 yang umumnya dipakai agar dapat mengamati pemandangan alam, atau bisa diartikan hal tersebut merupakan jenis fotografi yang merekam keindahan alam yang ada di sekitar. Pemandangan alam memang sangat indah terlebih lagi pada waktu waktu tertentu seperti halnya ketika kamu menandai arah datangnya cahaya matahari. Contohnya saja pada sore hari ataupun pagi hari pada saat cahaya matahari yang masih berwarna kekuning-kuningan di mana arah jatuhnya membentuk bayangan objek yang cukup panjang.

Ketika kamu ingin mendapatkan hasil foto pemandangan alam yang bagus saat memakai mobile photography maka pastikan kamu menghindari penggunaan dari LED flash. Akan lebih baik jika menggunakan cahaya alami sehingga foto yang dihasilkan pun sangat luar biasa. Bahkan banyak sekali para fotografer yang profesional meskipun telah menggunakan DSLR penggunaan dari lampu kilat biasanya akan disimpan ketika kondisi tengah darurat.

Letak dari LED flash yang ada pada smartphone memang sangat dekat dengan lensa yang artinya efek dari foto pun cenderung mencolok. Apabila cahaya alami tidak mencukupi untuk menangkap objek yang berkualitas maka kamu bisa meningkatkan nilai dari EV dan ISO di kamera tersebut.

Lebih Dekat Dengan Viewfinder Serta Menghindari Zoom Digital

Ketika kamu berada jauh dari objek foto yang kamu inginkan, maka kamu akan memperoleh figur yang kecil yang pastinya sangat kalah dengan background yang ada di sekitarnya. Untuk itulah pastikan jika kamu menghindari fitur zoom yang ada pada smartphone agar hasil dari foto tetap berkualitas. Yang perlu kamu lakukan ialah dengan mendekat pada objek yang kamu inginkan sehingga hasil pun dapat berkualitas.

Kegunaan dari digital zoom yang ada di Smartphone sama saja kamu telah menghancurkan hasil foto tersebut. Kecuali jika kamera dari smartphone yang kamu miliki terdapat fitur zoom optik yang mana lensa kamera mampu menjorok keluar dari perangkat yang kamu miliki. Fitur ini sudah ada pada beberapa ponsel dan salah satunya adalah Samsung.

Nah, dari beberapa trik di atas kamu bisa mencoba salah satu trik mobile photography yang cocok untuk mengambil objek yang kamu inginkan. Semoga saja dengan adanya penjelasan diatas mampu membantu serta bermanfaat untuk kamu yang ingin mendapatkan bidikan foto berkualitas tanpa penggunaan kamera profesional.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply