Culinary

Top 5 Makanan Khas Daerah Jawa Timur  

Jangan Lupa Share ya

 

Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Makanan khas ini akan menjadi makanan yang diincar ketika kita sedang berkunjung ke suatu daerah. Makanan khas daerah memang sangat dirindukan karena sulit mendapatkan rasa yang pas kecuali saat kamu membelinya di daerah asalnya. Sama halnya dengan makanan khas daerah Jawa Timur. Apa saja sih makanan khas Daerah Jawa Timur? Mari disimak deretan makanan khas daerah Jawa Timur yang patut kamu cicipi jika sedang berwisata.

Rujak CingurRujak-Cingur

Salah satu makanan yang sangat terkenal dari daerah Jawa Timur, khususnya kota Surabaya adalah Rujak Cingur. Rujak cingur biasanya dijadikan menu untuk makan siang. Bahan utama dari rujak cingur adalah irisan daging mulut sapi. Selain itu, rujak cingur juga terdiri dari isi lainnya seperti lontong, tempe, sayuran, dan yang terpenting olahan petis udang sebagai bumbunya.

Bakso MalangResep-Bakso-Malang-Asli-Enak

Berbeda dengan bakso pada umumnya, bakso Malang memiliki kuah yang lebih gurih. Selain itu, terdapat gorengan seperti pangsit goreng dan juga bakso goreng yang dimasukan ke dalam kuah bakso Malang tersebut. Ada pula mie bihun atau mie telur kuning yang dijadikan sebagai pelengkap dari bakso Malang. Jangan lupa diberi sedikit irisan daun seledri dan bawang goreng agar terasa lebih sedap.

Pecel LeleResep-Membuat-Pecel-Lele-Lamongan-Lezat-Spesial

Pecel lele adalah makanan yang mudah ditemukan diberbagai daerah. Pecel lele merupakan street food yang digemari banyak orang. Namun tahukan kamu jika pecel lele berasal dari daerah Jawa Timur? Ya, pecel lele berasal dari kota Lamongan. Pecel lele terdiri dari ikan lele yang digoreng kering lalu disajikan bersama sambel dan lalapan.

Rawonrawon_20160821_142038

Pernah lihat kuah makanan yang berwarna hitam? Nah ini lah kuah khas dari Rawon. Rawon merupakan makanan khas daerah jawa timur yang memiliki kuah berwarna kehitaman. Kuah kehitaman ini berasal dari bahan masakan bernama kluwek. Rawon terdiri dari irisan daging, kecambah, emping dan telur. Rasa asin dengan sedikit manis membuatnya terasa nendang saat dimakan bersama nasi hangat.

Soto Lamongansoto lamongan

Soto ini adalah soto yang berasal dari kota Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan memiliki satu ciri khas yaitu bubuk koya. Koya adalah serbuk atau bubuk dengan cita rasa gurih yang berasal dari kerupuk bawang dengan bawang putih. Soto Lamongan isinya terdiri dari suwiran daging ayam ataupun daging sapi, bihun, telur dan lain sebagainya. Kuahnya yang berwarna kuning menjadi pelengkap dari rasa semangkuk Soto Lamongan.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply