Beauty & Health

Tips Perawatan Rambut Agar Sehat Berkilau

HairRambut merupakan mahkota bagi kita, maka perawatan terbaik haruslah diberikan. Kesehatan rambut adalah refleksi dari seberapa sehat teraturnya hidup kita. Perawatan rambut sama pentingnya seperti halnya bagian tubuh yang lain. Anda cenderung menutupi bagian tubuh lainnya dan rambut Anda menjadi sasaran banyak polusi, kotoran dan bahan kimia.

Berikut beberapa tips perawatan rambut yang perlu diperhatikan agar kesehatan dan kilaunya selalu terjaga :

1. Memiliki pola makan yang baik

Rambut adalah refleksi dari kesehatan tubuh dan apa saja yang Anda masukkan ke dalamnya. Jika Anda sering makan junk food dan minum soda, maka rambut Anda tidak akan sehat. Pastikan bahwa Anda selalu menjalankan diet seimbang dengan banyak minum air dan mengonsumsi vitamin.

2. Memotong ujung rambut

Trim atau rapikan rambut 4-6 minggu sekali untuk membuang ujungnya yang kering dan pecah-pecah. Hal ini dilakukan agar potongan rambut tetap terjaga dan juga untuk mendorong pertumbuhannya.

3. Jangan mencucinya setiap hari

Anda dilarang untuk mencuci rambut setiap hari, kecuali jika memiliki rambut yang sangat berminyak atau telah melakukan banyak aktivitas yang membuat rambut jadi lepek. Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan kandungan minyak alami dan membuat rambut jadi kering.

4. Gunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut yang diwarnai

Hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas, dan minimalkan penggunaan sampo. Misalnya keramaslah 2-3 hari sekali. Saat menggunakan kondisioner khusus untuk rambut dicat, fokuskan pada bagian ujung rambut dan bilas hingga bersih.

5. Gunakan sisir bergigi jarang untuk meminimalkan kerusakan rambut

Gunakan sisir bergigi jarang bila rambut masih dalam keadaan basah, pakailah sikat atau sisir yang halus, jangan menggunakan sisir yang tajam karena dapat merusak rambut dan kulit kepala Anda. Untuk rambut yang rapuh hindari menyikat atau menyisir rambutĀ  dalam keadaan basah, tunggu sampai sepenuhnya kering.

6. Gunakan hair dryer hanya saat rambut hampir kering

Semakin panas dan lama Anda menggunakan hair dryer, akan menambah risiko rusaknya rambut. Selain itu Anda juga harus mengurangi frekuensi penggunaan pengering rambut (hairdryer), pengeriting rambut dan alat perawatan elektrik lainnya.

7. Minimalkan penggunaan produk styling, seperti mousse, gel dan hair spray

Produk-produk seperti ini dapat memudarkan kilau rambut.

8. Hindarkan rambut dari kaporit

Misalnya sebelum berenang basahi dulu rambut. Setelah berenang bilaslah sebersih mungkin dan hindari sinar matahari langsung.

9. Jangan lakukan pelurusan atau pengeritingan setelah rambut dicat

Proses kimia yang berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan fatal pada rambut.

10. Gunakan produk-produk perawatan untuk mencegah rambut rontok

Gunakan produk perawatan rambut untuk mencegah kerontokan misalnya vitamin atau serum khusus untuk menguatkan akar rambut.

Inilah berbagai tips perawatan rambut yang dapat Anda praktekkan agar kilau rambut selalu terjaga. Selamat mencoba!

Share

Leave a Reply