Beauty & Health

Tips Merawat Rambut Keriting

tips-merawat-rambut (1)

Sebagai mahkota wanita, merawat rambut tentu menjadi kewajiban. Agar tetap sehat dan kuat, rambut tetunya membutuhkan perawatan yang sempurna. Nah, yang membedakan cara merawat rambut ini adalah jenis rambut yang Anda miliki. Ada rambut yang pendek, panjang, keriting, lurus, inilah yang membedakan perawatan rambut yang harus dilakukan.

Kebetulan, nih, kalau Anda punya rambut keriting, kali ini kami akan berbagi tips yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya. Mulai dari cara merawat, menata, lalu menjaga tekstur dan kesehatan rambut, memang ada sedikit perbedaan dengan jenis rambut lainnya. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk merawat rambut keriting supaya tetap terjaga dengan lembut dan kuat.

  1. Pakai shampoo sedikit saja

Jika Anda memiliki rambut keriting, sebaiknya pilih sampo yang seratus persen bebas dari kandungan sulfat. Sulfat adalah bahan yang banyak terkandung di dalam sampo tradisional, merupakan perpaduan antara garam dan deterjen. Ini sebabnya efeknya terlalu keras pada rambut terutama rambut yang keriting. Jika rambut keriting tak mendapat cukup kondisioner, bisa membuatnya kering dan acak-acakan.

  1. Selalu pakai kondisioner
conditioner
Gunakan conditioner untuk membuat rambut jadi lebih halus.

Nah, seperti yang kita bilang tadi, rambut keriting membutuhkan kondisioner untuk menjaga kelembabannya. Semakin rambut Anda keriting, maka semakin lama prosesnya minyak meresap dari kulit kepala menuju ke ujung rambut. Jadi, semakin banyak dibutuhkan kondisioner dan harus rutin pula penggunaannya pada rambut Anda. Setiap kali keramas, pakailah kondisioner untuk menjaga kelembaban dan kelembutan rambut kesayangan Anda.

  1. Pakai produk perawatan saat rambut basah
Correct-Conditioner-1-size-3
Gunakan conditioner saat rambut masih basah untuk mencegah rambut mengembang.

Memang perlu lebih telaten dan hati-hati untuk merawat rambut keriting. Nah, triknya adalah Anda bisa mengaplikasikan produk perawatan rambut langsung setelah keramas. Yap, jadi, saat rambut masih basah kuyup, inilah momen yang tepat untuk memakai masker rambut, vitamin atau produk perawatan lainnya untuk rambut. Pakai jari Anda untuk mengaplikasikannya dari akar rambut sampai ke ujungnya. Cara seperti ini bisa membantu mencegah rambut agar tak jadi kribo dan mengembang.

  1. Memperlakukan rambut dengan lembut
Photo taken from shutterstock.com
Photo taken from shutterstock.com

Biasanya setelah keramas, nih, kita mengeringkan rambut sambil acak-acakan, terutama kalau sedang terburu-buru. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena rambut Anda justru akan jadi semakin mengembang dan kusut. Nah, dari handuknya saja, Anda bisa menghindari kain yang berbahan handuk biasa, dan pilih menggunakan handuk yang terbuat dari bahan microfiber.

  1. Tinggalkan sisir dan pakailah jari

Sisir memang bermanfaat untuk merapikan dan menata rambut. Namun, akan lebih baik jika Anda tidak memakai sisir untuk merapikan rambut yang keriting. Karena, rambut keriting jika disisir akan jadi lebih kusut dan tidak tertata dengan rapi. Sebaiknya, Anda gunakan saja jari untuk menata dan merapikan rambut Anda. Menggunakan jari akan membuat Anda lebih mudah merapikan rambut yang ikal dan tak membuatnya semakin kusut. Namun, bukan berarti Anda tak boleh memakai sisir. Yap, untuk mengatasi rambut keriting Anda, pilihlah sisir yang memiliki gigi besar-besar dan berjarak, sehingga takkan membuat rambut makin kusut dan susah diatur.

Jadi, begitulah cara Anda merapikan rambut yang keriting. Rambut keriting bukan susah dan tak bisa diatur, namun kalau Anda memakai cara yang tepat, itu akan membuat Anda mudah menata dan merawatnya. Oh, satu lagi tips buat Anda nih, kalau ingin potong rambut, pakailah metode dry-cut, ya, agar lebih mudah memotong dan menatanya sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

Share

Leave a Reply