Fashion, Hobby

Tips Merawat Jas Hujan ala elevenia

Tips Merawat Jas Hujan ala elevenia

Jangan Lupa Share ya

Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, para pengendara sepeda motor mulai membekali diri dengan pakaian khusus yang bisa melindungi mereka dari guyuran air hujan. Kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya supaya aktifitas kita sehari-hari tidak terkendala, termasuk jas hujan. Nah di artikel ini, kita akan bagi cara merawat jas hujan yang sudah berkali-kali dipakai.

Jas hujan yang dipakai berkali-kali bisa menebarkan bau apek dan tak sedap. Karena bagian dalam dari jas hujan biasanya terbuat dari bahan yang membuat kita terasa pengap dan berkeringat lebih banyak. Jas hujan yang seringkali dipakai tentunya perlu perawatan agar jas hujan tidak bau apek setelah digunakan, tetap menarik, dan menjaga kenyamanan dari jas hujan itu sendiri.

Jas hujan biasanya dibuat dari dua bahan utama, yaitu plastik atau karet. Kedua bahan tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Jas hujan plastik, yang beratnya lebih ringan dan mudah disimpan di bagasi jok motor. Sedangkan jas hujan bahan karet bisa melindungi pengendara dari air hujan dengan lebih baik dan tidak mudah rusak.

Kedua bahan tersebut harus dirawat agar kualitasnya terjaga, sehingga Anda tidak mengalami bau atau rasa tidak nyaman ketika memakainya. Nah, bagaimana caranya merawat jas hujan yang baik?

Cara mencuci jas hujan secara manual

Cara merawat jas hujan dengan cara mencuci secara manual adalah hal yang paling sering dilakukan. Banyak orang yang takut jas hujan cepat rusak bila mencuci jas hujan dengan cara memasukannya ke mesin cuci. Mereka lebih nyaman bila merawat jas hujan secara manual, yaitu mencuci dengan tangan sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Untuk merawat jas hujan berbahan karet, Anda bisa lap menggunakan kain atau kanebo yang sudah dibasahi air bersih sebelum direndam. Hal ini dikarenakan pori-pori karet yang sangat kecil sehingga tidak mudah menyerap air. Sedang, untuk merawat jas hujan berbahan plastik, Anda bisa bilas terlebih dahulu dengan air bersih sebelum dilap.
  2. Rendam jas hujan ke ember yang telah diisi air dingin dan deterjen cair sebelum dicuci. Bekas air yang sempat menempel bisa membuat jas hujan terlihat kotor dan kusam. Bekas air yang menempel juga biasanya tidak bersih, sebagian karena sudah tercampur kotoran seperti lumpur atau debu yang terlontar dari ban belakang motor.
  3. Bila ada kotoran yang sulit dihilangkan, coba gunakan sabun pada bagian kotoran, lalu sikat dengan lembut menggunakan kain atau sikat gigi. Caranya cukup dengan menggosok jas hujan dengan sabut halus untuk mencuci piring, atau sikat gigi yang tidak terpakai. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa merusak serat plastiknya. Bila mencuci dengan deterjen, baiknya gunakan deterjen yang berbahan cair karena teksturnya lebih halus.
  4. Setelah dicuci, keringkan menggunakan lap bersih, kemudian gantung jas hujan di tempat yang banyak anginnya. Jangan menjemur di bawah terik matahari langsung, karena dapat membuat jas hujan jadi mudah robek.
  5. Setelah kering, lipat dengan rapi dan simpan kembali jas hujan di tempat yang kering. Bila akan disimpan di bawah jok, pastikan tidak ada noda air di dalam bagasi jok atau bagasi yang lembap. Jangan sekali-kali melipat dan menyimpan jas hujan ketika masih basah, karena bisa membuatnya kotor, lengket, dan susah untuk digunakan.

Cara mencuci jas hujan di dalam mesin cuci

Apakah berbahaya bila kita mencuci jas hujan di dalam mesin cuci? Tidak juga, asal kita tahu cara dan langkah-langkahnya. Yang harus diperhatikan adalah sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci pastikan bahwa jas hujan sudah bersih dari noda lumpur dan tekstur jas hujan tidak kaku. Cara mudah melemaskan jas hujan yang kaku adalah dengan merendam jas hujan di dalam air hangat sebelum dibersihkan. Pastikan air tidak terlalu panas agar jas hujan tidak menyusut.

Berikut ini adalah cara merawat dan mencuci jas hujan di dalam mesin cuci:

  1. Bersihkan jas hujan dari sisa tanah atau lumpur dengan air. Tempatkan jas hujan di bawah keran air yang mengalir untuk meruntuhkan sisa-sisa kotoran tersebut.
  2. Masukkan jas hujan yang telah dibersihkan ke dalam mesin cuci. Cuci hanya satu jas hujan dalam sekali cuci, jangan mencuci banyak jas hujan sekaligus.
  3. Tuangkan deterjen cair khusus mesin cuci.
  4. Atur siklus pencucian ke mode handwash atau delicate agar putaran mesin cuci tidak terlalu cepat agar tidak merusak jas hujan.
  5. Setelah siklus pencucian selesai, angkat jas hujan dan jemur di tempat berangin sampai kering.

Dapatkan kita mengeringkan jas hujan di dalam dryer mesin cuci? Untuk menjaga kualitas bahan jas hujan sebaiknya jangan mengeringkan jas hujan di dalam mesin pengering. Suhu panas dalam mesin pengering dapat membuat jas hujan menyusut. Sebaiknya jemur jas hujan yang sudah dicuci di dalam mesin cuci secara alami.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply