Home & Garden

Tips Menyembuhkan Jamur Pada Ikan Louhan

Jangan Lupa Share ya

Mari melakukan perbincangan khusus tentang jamur. Seperti sudah kita ketahui bersama, jamur pada ikan hias atau bisa juga disebut parasit, merupakan penyakit yang merugikan bagi ikan louhan kita, karena cepat atau lambat ikan yang terkena jamur di tubuhnya akan lemas dan berakhir dengan kematian. Penanganan yang cepat dibutuhkan dalam hal ini, dikarenakan penyebaran jamur pada ikan pun sangat cepat.

Sebelum lebih detail pembahasan jamur, di awal sudah pernah membahas tentang macam penyakit penyakit yang umum menyerang louhan dan pengobatan nya

Nah sekarang kita kembali lagi tentang jamur. Berbagai macam pencegahan dapat dilakukan oleh kita pemilik sekaligus hobbis ikan louhan, pastinya ga mau kan ikan louhan kesayangan mati?

Pencegahan yang dapat dilakukan yakni:

Menguras Akuarium Teratur dan Terjadwal


Menguras akuarium dengan teratur memang merupakan kewajiban bagi kita selaku pemilik ikan hias apapun itu jenisnya, dan pergantian air secara rutin juga merupakan kebutuhan pokok bagi ikan yang mempunyai siklus hidup di air, setidaknya menguras akuarium secara teratur semisal seminggu sekali adalah salah satu cara untuk menekan adanya jamur atau parasit lainnya.

Heater / Pengatur Suhu Air


Memberi Heater di setiap aquarium louhan kesayangan kita merupakan sebuah kewajiban seharusnya, karena fungsi heater disini juga salah satu langkah mencegah bertumbuhnya jamur karena suhu air yang hangat dan stabil bisa membunuh pertumbuhan jamur.

Pemberian Garam Ikan


Pemberian garam ikan pun dapat mencegah sekaligus membunuh berkembangnya jamur, karena garam bersifat panas terhadap bakteri ataupun jamur. oleh sebab itu pemberian garam ikan sangat dianjurkan dengan takaran 1 sendok makan tiap 10 liter air.

Pemberian Obat Ikan


Pencegahan pun dapat dilakukan dengan penggunaan obat dalam perawatan hariannya, tetapi dosis tentu tidak sama dengan jika ikan sudah terserang penyakit, karena pemberian obat disini hanya salah satu langkah antisipasi saja, kita dapat menambahkan methylene blue, acriflavine, pomate dan masih banyak lagi. Dengan dosis masing masing, sudah tertera di tiap bungkus nya karena antara obat satu dan lainnya berbeda takaran.

Nah, diatas sudah disebutkan sedikit langkah antisipasi untuk pencegahan berkembangnya jamur atau parasit yang lainnya pada ikan hias, sekarang bagaimana jika ikan sudah terjangkit? Sekarang ada beberapa penjelasan sedikit mengenai penanganan jika ikan terjangkit jamur dan parasit lainnya

Baiklah, begini langkah pengobatannya

Langkah Pengobatan Ikan Louhan Sakit


  • Langkah awal, kuras total air akuarium, pastikan sampai benar benar bersih.
  • Selanjutnya, berikanlah garam dengan dosis 3x dari hariannya, seperti yang telah disebutkan diatas perbandingan dosisnya
  • Berikan obat dengan takaran untuk “pengobatan”, bukan “pencegahan”, sudah tertera di masing2 obat tentang dosis, sebaiknya menggunakan acriflavine, karena terbukti ampuh berantas jamur, parasit dan lainnya
  • Setel ulang heater dengan agak sedikit menaikkan suhunya, alias air dibikin agak hangat dari biasanya.
  • Yang terakhir, ikan jangan diberi makan dulu sampai kondisi ikan terlihat sedikit lebih baik

Oke, begitulah cara pengobatan dan pencegahan agar ikan louhan kita selalu dalam kondisi terbaiknya, semoga sedikit sharing ini bisa sedikit membantu disaat louhan kawan pembaca ada yang mengalami masalah yang sama.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply