Culinary, Recommendation

Tips Menjaga Berat Badan Saat Lebaran

Gaining-Weight

Kami, tim blog elevenia ingin mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah. Semoga seluruh ama ibadah kita diterima di sisi Allah dan kembali ke fitrah di hari yang suci ini.

Tidak terasa sudah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, dan kini sudah waktunya Ramadhan kembali pergi meninggalkan kita. Idul Fitri 1436 Hijriyah yang jatuh pada hari ini Jumat, 17 Juli 2015 tentu saja sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ketupat, Opor Ayam, Daging Rendang dan sejumlah kue Lebaran sudah menanti.

Berbicara mengenai menu dan liburan, pada saat inilah biasanya jari timbangan mulai bergerak ke kanan menunjukkan pertambahan beratbadan. Nah, utnuk mencegah kenaikan berat badan yang terlalu tinggi tim blog eleveni punya 4 tips untuk Anda. Semoga bisa membantu ya elevenians.

  1. Makan Ketupat dengan Porsi Kecil

hidangan-lebaran

Ketupat, Opor Ayam, Sambal Goreng Kentang dan Rendang. Semua makanan lezat inilah yang akan mengisi hari-hari minggu Lebaran Anda. Sebagai menu utama Lebaran, menu ini juga mengandungi kadar lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, selain niat untuk menjaga asupan makanan lezat ini, bagaimana jika Anda mengambilnya dengan porsi yang kecil? Contoh:

Hari Pertama Lebaran, hari ini Anda dan keluarga akan keliling pergi silahturahmi ke 5 rumah, kemungkinan kelima rumah itu menawarkan makanan tentu saja ada. Nah, supaya Anda bisa menikmati seluruh makanan yang disediakan, coba biasakan untuk mengambil porsi makanan dengan ukuran kecil. Dengan begitu, Anda masih mempunyai ruang untuk rumah selanjutnya dan bisa lebih konsentrasi silahturahmi dengan keluarga.

  1. Minum Banyak Air Putih

lemonwater

Untuk menjaga berat badan, dan mencegah Anda dari makan berlebihan, minumlah segelas air putih sebelum makan. Air putih dapat membantu mengenyangkan perut Anda dan juga melarutkan lemak yang membandel. Satu tips yang lebih jitu lagi adalah, minumlah segelas air putih dengan perasan lemon sebelum tidur di malam hari. Air ini berfungsi untuk mendetoks dan mengeluarkan racun di pagi hari.

  1. Jangan Lupa Makan Buah

fruits

Di sela-sela ngemil kue lebaran dan makan ketupat, jangan lupa juga untuk makan buah. Buah akan menjadi sumber serat di sela-sela makanan Lebaran yang penuh lemak. Salah satu buah yang disarankan adalah papaya. Baiknya, papaya dimakan di pagi hari dan sebelum makan. Buah-buah lain seperti apel, jeruk dan pir juga baik sebagai sumber serta untuk Anda.

  1. Olahraga kecil-kecilan

Yang paling penting adalah Anda juga harus banyak gerak jika ingin banyak makan. Olahraga ringan seperti melakukan squat di pagi hari serta jumping jacks dan push up sit up sudah cukup untuk membakar lemak Anda. Namun pastikan Anda rutin melakukan ini ketika bangun pagi dan sebelum tidur. Melakukan olahraga masing-masing sejumlah 20 juga sudah cukup membantu.

Selamat mencoba elevenians! Semoga sukses menjaga badan di saat Liburan Lebaran.

BlogHeader-LebaranGreetings1.jpg

Share

Comments 3

  1. Alquran Tikrar

    Perlu banget info seperti ini… tapi suka kagak nahan sama sajian makanan di depan mata 😀

    *Thx Anyway*

    Reply
  2. Balancing Machine

    wah apalagi pada saat ramadhan, pasti pada dendam untuk makan haha

    Reply
  3. Sensor indo

    wkwkwk yang paling penting mah makan secukupnya

    Reply

Leave a Reply