Home /Food

Tips Mengolah Sayuran agar Kandungan Nutrisinya Tak Hilang

Jangan Lupa Share ya

Seperti yang diketahui, sayuran merupakan makanan sehat untuk tubuh. Namun, kebanyakan orang tidak menyukainya, terutama anak-anak. Alasan yang paling umum adalah karena rasanya pahit dan tidak enak.

Perlu kamu ketahui, tidak semua sayur rasanya pahit, ada juga yang manis. Sayur terdapat dalam berbagai jenis dan juga bentuk.  Sayur merupakan tumbuhan yang kaya akan vitamin, antioksidan, mineral, dan zat lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Untuk menyiasati anak-anak yang tidak suka sayuran, sebaiknya para orang tua memutar otak supaya anak menjadi suka sayur. Mungkin dengan cara menghidangkan atau menjadikan sayur terlihat menjadi lezat dan menyenangkan bagi anak-anak.

Sementara untuk orang dewasa, meskipun tidak suka tapi sebaiknya kamu membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayur.

Bisa juga dengan mencari berbagai informasi mengenai manfaat sayur. Mungkin, jika kamu sudah mengetahui beragam manfaat sayur, akan tertarik dan suka mengkonsumsi sayur.

Cara Mengolah Sayuran

Terkadang kamu salah mengolah sayuran, sehingga nutrisi yang masuk ke tubuh pun tidak maksimal. Cara tepat mengolah sayuran, supaya kandungan vitamin dan nutrisinya terjaga perlu kiat khusus. Mengolah sayuran dengan benar, akan mempertahankan kandungan gizi dan mineral saat dimasak.

Mencuci sayuran sampai bersih kadang tidak menjamin membunuh bakteri dan kuman pada sayuran tersebut. Tentu hal ini harus segera diatasi, untuk mencegah bahaya kesehatan, seperti kanker payudara. Mengonsumsi sayuran sebaiknya dimasak.

Namun bagaimana cara yang tepat supaya sayuran tetap menyehatkan?

Mengukus


Untuk apapun jenis sayurannya, mengukus merupakan cara terbaik dalam mengolah sayuran. Dengan cara dikukus, gizi dalam sayuran tetap terjaga. Selain itu, sayur juga bisa matang dalam waktu yang singkat.

Menumis


Memasak dengan sedikit minyak sayur di atas penggorengan,  juga cara yang tepat untuk mengolah sayur. Perlu kamu ketahui, dalam menumis, vitamin larut dalam lemak dan mungkin berakhir bersama minyak. Untuk itu, sebaiknya minyak tersebut jangan dibuang.

Memanggang


Sebagian nilai gizi dalam sayur terdapat pada bagian kulitnya. Pada saat sayuran dipanggang, beri pula sedikit air, supaya tidak mengering. Kentang, bawang, dan juga tomat merupakan sayur dari akar-akaran yang baik untuk dipanggang.

Memasak Tanpa Air


Sayuran dengan daun berwarna hijau sebaiknya diolah dengan mengandalkan air yang menempel pada sayuran dan usai sayuran dicuci. Pada umumnya, cara ini dilakukan dalam waktu tiga sampai dengan lima menit.

Tekanan Tinggi atau Presto


Waktu memasak akan lebih singkat jika memasak sayur dengan tekanan tinggi, sehingga nutrisi tetap tersimpan. Tapi yang jadi masalahnya adalah, jika kamu terlalu lama memasak sayur dalam presto, kandungan gizi yang ada pada sayuran bisa hilang.

Meskipun dalam jangka pendek sayur bisa berubah menjadi lemak, ingat tidak semua jenis sayur memiliki tekstur dan kepadatan sama.  Oleh karena itu, perlu dipastikan jenis sayur dan lama memasak yang tepat, bila menggunakan panci tekanan tinggi. Bila kamu tidak bisa mengatasi hal tersebut, sebaiknya hindari memasak sayur dengan presto.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply