Home /Food

Tips Menghilangkan ‘Ledakan’ Saat Menggoreng Cabai

Jangan Lupa Share ya

Cabai. Siapa sih yang tidak tahu cabai? Si merah yang hits sekali di kalangan masyarakat. Apalagi di Indonesia dan sudah menjadi ‘teman’ bagi para ibu dalam urusan dapur. Buah atau tumbuhan ini biasanya sih my jadikan sebagai bumbu. Tetapi tergantung bagaimana my menggunakannya juga. Sebab ada juga loh manisan yang terbuat dari cabai!

Sebagai bumbu, cabai yang pedas ini sangat populer loh  di masyarakat Asia Tenggara yang biasa digunakan untuk penguat rasa makanan. Cabai sendiri juga banyak jenisnya. Mulai dari yang bentuknya kecil seperti cabai rawit, hingga yang besar seperti paprika.Selain dalam bentuk yang seperti biasanya, sekarang juga cabai banyak di jual dalam bentuk bubuk. Jadi sangat memudahkan my untuk menggunakannya bukan?

Pada tahu tidak nih? Ternyata cabai itu banyak sekali kandungan gizinya loh! Cabai merupakan sumber vitamin A, B, C dan E.  Cabai juga banyak mengandung mineral seperti molibdenum, mangan, folat, kalium, thiamin dan tembaga. Bukan hanya itu, cabai juga memiliki banyak sekali senyawa kimia seperti alkaloid, capsaicin, yang memberikan rasa pedas yang kuat. Satu lagi nih  fakta tentang cabai, ternyata  si pedas ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak tujuh kali lipat dibandingkan dengan jeruk! Wah, hebat ya !

Karena cabai sudah seperti ‘teman’ di dapur, pasti hampir setiap hari my bertemu dengannya. Apalagi untuk orang yang gila pedas, rasanya seperti tidak lengkap kalau makan jika tidak pedas. Cabai biasa digunakan untuk dicampur dengan berbagai macam olahan masakan. Misalnya cabai yang digoreng. Tapi untuk para my, pasti sudah tidak asing dengan kondisi ‘ledakan’ cabai ketika digoreng. Benar begitu kan ?

‘Ledakan’ yang dimaksud adalah suatu kondisi dimana ketika cabai itu digoreng, dia akan meletup-letup dan seringkali menyebabkan minyak goreng panas itu bisa terciprat kemana-mana. Bagi sebagian ibu, ini memang hal yang terlihat sepele tapi sangat menyebalkan. Karena minyak panas yang terciprat itu bisa mengenai kulit dan rasanya juga cukup sakit. Belum lagi jika luka bekas terkena minyak panas itu biasanya akan membekas di kulit, mengganggu sekali rasanya.

Tapi my tidak perlu khawatir lagi nih sebab ada tips untuk menghilangkan ‘ledakan’ si merah ketika digoreng. Caranya sangat mudah, sebelum my menggoreng cabai, cabai tersebut ditusuk-tusuk dulu ya. Bisa pakai pisau atau benda tajam lainnya.  Menusukannya jangan terlalu besar  , cukup ditusuk asal saja. Setelah ditusuk, baru deh my goreng. Dijamin ‘ledakan’ itu tidak akan terjadi.

Sekarang my tidak perlu takut lagi deh ketika menggoreng cabai. Karena tidak akan ada lagi minyak panas usil yang menempel di kulit halus my ketika menggoreng cabai. Tips di atas juga bisa my terapkan kapanpun dan dimanapun dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat ya !

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply