Hobby, Uncategorized

Tips Memilih Sepeda Gunung bagi Para Pemula

Jangan Lupa Share ya

Mempunyai hobi memang sangat menyenangkan. Ketika pikiran dan hati sedang penat, kamu bisa berpaling sejenak untuk menghilangkan rasa penat tersebut dengan melakukan hobi. Salah satu hobi yang banyak cukup challenging serta membuat otot tubuh menjadi semakin kuat adalah bersepeda. Bagi para pemula memilih sepeda adalah hal yang tricky. Maka dari itu, sebelum kamu memilih sepeda khususnya sepeda gunung ada beberapa tips memilih sepeda gunung yang mungkin akan membantumu.

Mengenal Terlebih Dahulu Tipe Sepeda


Mengenal tipe-tipe sepeda sangatlah penting. Dengan mengenalnya, kamu jadi mengerti dan paham sepeda jenis apa yang sesuai dengan keinginan. Tipe sepeda pertama adalah sepeda gunung. Sepeda gunung mayoritas terbuat dari bahan baja, aluminium, atau serat karbon. Ban sepeda gunung dirancang khusus agar bisa berjalan kuat dan tangguh di medan ekstrim supaya tidak mudah tergelincir. Kedua ada road bike, roda bike khusus bagi kamu yang senang bersepeda di jalanan yang sudah tertata dan mulus.

Bobot road bike ini ringan, sehingga mampu berjalan dengan kecepatan tinggi. Ketiga, ada BMX bike. Dibandingkan dengan sepeda gunung dan road bike, BMX bike mempunyai body yang lebih kecil. Sepeda BMX adalah sepeda yang sering digunakan sebagai sepeda atraksi. Dan terakhir ada city bike. City bike memiliki ciri khas yaitu keranjang kecil di bagian depan serta jok boncengan di belakang.

Pilih Hard Tail Atau Full Suspension


Sepeda gunung terdiri dari dua jenis yaitu sepeda gunung hard tail dan sepeda gunung suspension. Sepeda gunung hard tail tidak memiliki suspension pada belakangnya, namun sangat cocok dipakai di medan berat karena bobotnya lebih ringan. Sedangkan sepeda gunung suspension selalu memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, tapi kurang cocok untuk digunakan di medan yang berat.

Sesuaikan dengan Gaya Bersepeda


Sepeda gunung mempunyai banyak desain. Untuk memilihnya sebaiknya kamu sesuaikan dengan gaya bersepeda. Sepeda gunung trail dirancang khusus untuk kegiatan offroad dengan medan berbatu dan terjal. Sepeda gunung gravity, sangat pas untuk downhill yang memiliki kecepatan tinggi. Sepeda gunung enduro yang didesain baik untuk medan ekstrem seperti pegunungan namun tetap nyam jika digunakan pada daerah perkotaan.

Usahakan Membeli Sepeda dengan Merk Berkualitas


Tidak bisa dipungkiri bahwa ungkapan ada harga ada barang, benar adanya. Sebisa mungkin usahakan untuk milih sepeda dengan merk berkualitas. Merk sepeda berkualitas membuatmu mendapatkan sepeda yang terbaik. Beberapa merk sepeda berkualitas di Indonesia diantaranya adalah Wimcycle, Polygon, dan United Bike.

Jangan Lupa untuk Mencobanya Dulu


Jangan terlalu PD bahwa sepeda yang kamu pilih sesuai dengan keinginan sebelum mencobanya. Dengan mencobanya kamu tidak akan menyesal setelah membelinya. Kamu juga bisa menyesuaikan sepeda dengan tingkat kenyamanan. Hampir semua toko mengizinkan pembelinya untuk mencoba sepeda yang akan dibeli.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply