Gadget /Komputer

Tips Memilih Power Bank yang Berkualitas

Tips-Memilih-Power-Bank[1]

Jangan Lupa Share ya

Power bank adalah salah satu alat penyelamat dan juga yang paling diandalkan ketika handphone hampir kehabisan daya baterai. Terlebih jika kondisi dan tempat yang tidak memungkinkan untuk melakukan charging langsung dari charger yang asli. Namun ternyata penggunaan power bank lambat laun bisa mengurangi kualitas baterai ponsel kamu. Terlebih jika power bank yang kamu miliki kualitasnya kurang baik. Oleh karena itu mengetahui tips memilih power bank yang berkualitas sangatlah penting.

Apa Saja Dampak Menggunakan Power Bank Abal-Abal?

Tips-Memilih-Power-Bank-yang-Berkualitas[1]Memangnya apa saja efek buruk penggunaan power bank yang tidak berkualitas? Seburuk apa dampaknya hingga perlu berhati-hati dalam memilih power bank dengan kualitas yang benar-benar bagus?

Pertama, penggunaan power bank abal-abal untuk ponselmu bisa mengakibatkan ghost touch yaitu layar ponsel menjadi lambat dan bahkan tidak merespon sentuhan. Hal tersebut dikarenakan power bank yang tidak berkualitas memiliki arus yang berbeda dengan charger. Arus yang berbeda ini akan menyerang beberapa komponen yang ada pada ponsel dan menyebabkan ghost touch.

Kedua, menggunakan power bank abal-abal yang memiliki tegangan tidak stabil bisa menyebabkan IC power terganggu. Dan jika gangguan ini berlangsung berulang-ulang dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan ponsel yang mati total secara tiba-tiba. Sangat mengganggu bukan jika hal tersebut terjadi pada ponselmu?

Efek buruk lain yang dapat disebabkan oleh power bank abal-abal adalah memancarkan radiasi berlebih terhadap tubuh. Ya, power bank yang abal-abal kebanyakan akan mengeluarkan panas yang berlebih ketika digunakan. Panas tersebutlah yang mengindikasi adanya radiasi yang berlebih. Tak hanya mengeluarkan radiasi, panas yang berlebih pada power bank ini jika dibiarkan bisa membuat power bank meledak. Kasus seperti ini memang jarang sekali terjadi, tetapi resiko seperti itu tetap saja ada jika kamu membeli power bank yang abal-abal. Mengerikan sekali bukan?

Tips Memilih Power Bank yang Berkualitas

Kamu pasti tidak ingin ponselmu yang harganya juga tidak murah perlahan menjadi rusak karena penggunaan power bank. Selain itu, pasti juga sangat sayang apabila uangmu dibelikan power bank yang kualitasnya buruk. Maka dari itu simak informasi mengenai tips memilih power bank yang berkualitas berikut ini.

  • Belilah Power Bank Yang Original

Jika kamu memiliki budget yang cukup, belilah power bank yang original atau sama dengan merk ponselmu. Kebanyakan merk ponsel terkenal tak hanya mengeluarkan ponsel dan aksesorisnya, tapi kini juga memiliki power bank sendiri. Harga power bank original ini memang lebih mahal dibanding dengan power bank komersial yang lain. Tetapi, demi awetnya ponsel dan juga power bank itu sendiri, mengapa tidak?

  • Memilih Arus Power Bank Yang Sama Dengan Ponselmu

Kamu bisa mencari tahu arus baterai smartphone kamu di box atau di buku manualnya dahulu. Atau bisa juga mencarinya di internet, lalu sesuaikan dengan output power bank yang ingin kamu beli. Pada umumnya, smartphone sekarang ini memiliki arus baterai 2 Ampere hingga 3 Ampere.

  • Perhatikan Bahan atau Jenis Sel Baterai Power Bank

Lihatlah pada spesifikasi power bank tersebut apakah menggunakan baterai Li-po atau Li-ion. Pilihlah power bank dengan jenis sel baterai Li-po karena baterai tersebut merupakan pengembangan yang lebih baru atau lebih unggul. Baterai jenis Li-po ini juga digunakan oleh kebanyakan ponsel, sehingga spesifikasi power dan arusnya pun sama dan tidak akan merusak baterai pada ponsel.

  • Menyesuaikan Kapasitas Power Bank Dengan Kapasitas Baterai Ponsel

Akan lebih baik jika kamu memilih power bank dengan daya atau kapasitas yang lebih besar dari kapasitas baterai kamu. Mengapa demikian? Dengan membeli power bank yang berkapasitas besar, ponselmu akan dapat terisi hingga penuh ketika menggunakannya. Kemudian, power bank juga akan lebih awet karena tidak langsung habis dalam sekali pakai dan kamu tidak perlu setiap hari mengisi ulang daya power bank.

Baca juga: 11 Barang yang Wajib Anda Bawa di Tas

Itulah beberapa tips memilih power bank yang berkualitas yang bisa kamu praktekkan. Membeli power bank yang berkualitas dan original memang akan merogoh kocek lebih dalam. Tetapi dengan masa pakai yang lama, harga yang mahal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi dalam waktu yang dekat karena masalah power bank yang cepat rusak. Jika dirasa terlalu mahal, kamu bisa memilih power bank dengan kapasitas yang lebih kecil sehingga harganya juga akan lebih murah.

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply