Pertanyaan Populer

Tips dan Cara Naik Pesawat Pertama Kali Bagi Para Pemula

 

Saat hendak bepergian jauh seperti keluar kota atau keluar negeri banyak pilihan kendaraan yang dapat digunakan. Namun, mayoritas orang akan memilih pesawat sebagai sarana transportasi untuk pergi kesana dan kemari. Menggunakan pesawat selain sangat nyaman, perjalanan pun dapat ditempuh dengan waktu yang lebih cepat. Saat memutuskan menggunakan pesawat, kamu harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, persiapkan tiket pesawat dan pastikan identitas yang tertera pada tiket tersebut benar. Untuk membeli tiket pesawat, kamu bisa membelinya di berbagai tempat mulai dari agen travel, situs resmi, e-commerce seperti elevenia dan lain sebagainya. Usahakan untuk benar-benar memilih jadwal yang sesuai dengan mu ya.

Kedua, perhatikan kuota bagasi yang diberikan oleh maskapai penerbangan yang kamu pilih. Tidak semua maskapai penerbangan menyediakan kuota bagasi yang sama. Jadi, kamu harus memikirkan apakah kuota bagasi yang telah kamu pilih sesuai atau tidak dengan banyaknya bawaan mu saat bepergian.

Ketiga, sesampainya di bandara pada hari H keberangkatan cek lagi tiket pesawat untuk mengetahui terminal mana yang harus kamu datangi. Jika salah terminal maka kamu sendiri yang akan kebingungan nantinya.

Keempat, datanglah lebih awal dari jam boarding pesawatmu. Pada dasarnya kamu diharuskan datang 30 menit sebelum jam boarding. Namun, akan jauh lebih baik jika kamu sampai satu hingga dua jam sebelumnya karena mungkin ada beberapa hal yang harus diurus dan memerlukan waktu yang cukup lama.

Kelima, pastikan bahwa barang-barang yang kamu bawa ke kabin pesawat adalah barang yang aman. Jika petugas security check menemukan barang-barang seperti gunting, korek dan rokok elektrik, maka mereka akan menyitanya. Barang-barang seperti itu sebaiknya kamu letakkan di koper yang akan disimpan pada bagasi.

Keenam, saat telah lolos dari security check kamu dapat melakukan check in. Check ini adalah saat dimana kamu akan menyerahkan koper untuk dimasukkan ke bagasi dan juga kamu akan mendapatkan boarding pass. Boarding pass adalah tiket yang dibutuhkan agar kamu bisa memasuki kabin pesawat. Check in dapat dilakukan pada loket maskapai yang telah kamu pilih.

Ketujuh, perhatikan boarding pass yang telah diberikan karena di sana tertulis gate atau pintu keberangkatan berapakah pesawatmu. Jika telah menemukan gate yang dituju tunggu lah hingga ada info bahwa penumpang dapat memasuki kabin.

Kedelapan, sesaat sebelum memasuki pesawat ada baiknya jika kamu siapkan KTP dan boarding pass. Identitas setiap penumpang akan dicek ulang oleh para petugas keamanan bandara.

Kesembilan, sesuaikan tempat duduk dengan nomor yang tertera pada boarding pass. Tempat duduk pesawat telah ditetap sedemikian rupa, sehingga kamu tidak bisa seenaknya duduk disembarang tempat.

Kesepuluh, perhatkan instruksi yang diberikan para awak pesawat tentang instruksi keselamatan dalam pesawat, dimana letak toilet, bagaimana cara mengencangkan sabuk dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir ketika telah tiba di tempat tujuan, perhatikan tempat duduk dan sekitar. Jangan sampai ada barang yang tertinggal.

Leave a Reply