Home /Food

Tips dan Cara Memasak Beras Merah Agar Tidak Keras

Beras merah merupakan beras yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Banyak orang yang menjadikan beras merah sebagai menu sajian sehat. Bahkan, di china beras merah sempat dilarang untuk dimakan oleh rakyat biasa, saat itu beras merah hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga kerajaan. Beras merah mengandung banyak zat seperti mineral, serat, vitamin, dan juga rendah kalori. Dengan kandungan dari beras merah tersebut, banyak orang yang menjadikan beras merah untuk berdiet. Orang yang diet pasti memilih memakan nasi dari beras merah karena rendah kalori. Namun dibalik dari manfaatnya tersebut, beras merah memiliki tekstur yang keras, sebagian orang pun jadi malas untuk memakannya dan lebih memilih nasi dari beras putih. Beras merah memang memiliki rasa yang kurang enak dibandingkan dengan beras putih. Walaupun dimasak dengan cara yang benar, beras merah akan tetap terasa keras. Akan tetapi, ada loh tips dan cara agar beras merah tidak terlalu keras dan enak untuk dimakan.

Tips Agar Beras Merah Tidak Keras Saat Dimasak

  1. Simpan Beras Merah Di Dalam Kulkas

Beras merah yang cukup lama disimpan di dalam kulkas akan meghasihkan rasa yang terbaiknya. Untuk menyimpannya kamu bisa menggunakan wadah atau toples yang ada tutupnya. Apalagi jika jumlah beras merahnya banyak.

  1. Jangan Menggunakan Beras Merah Yang Disimpan Terlalu Lama

Beras merah yang sudah terlalu lama disimpan tidak memiliki rasa yang enak. semakin lama disimpan, beras merah akan mengeluarkan kandungan minyak dan nasi pun jadi pahit. Sebaiknya menyimpan beras merah tidak lebih dari satu tahun.

  1. Rendam Beras Di Dalam Air

Agar tidak terlalu keras kamu bisa merendamnya saat sebelum dimasak. Rendam beras merah selama kurang lebih 30 menit. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan nasi merah yang tidak keras melainkan empuk. Selain itu, kamu juga harus menambah kadar air saat memasak dengan perbandingan empat gelas beras merah dengan satu gelas beras.

  1. Panggang Beras

Dengan cara memanggang beras merah sebelum dimasak memang tidak akan mengubah teksturnya. Namun, cara ini dapat memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merah. Cara mengolahnya kamu bisa tumis beras dengan sedikit minyak zaitun, kemudian tambahkan air dan aduk hingga harum.

  1. Jangan Langsung Menyajikan Nasi

Cara menyajikan nasi merah yang benar adalah membiarkan beras yang baru matang di dalam panci atau rice cooker sambil ditutup selama kurang lebih 10 menit. Hal tersebut dilakukan agar uap air terserap oleh nasi sehingga nasi merah memiliki tekstur ringan dan mengembang. Cara ini juga dapat mencegah nasi menjadi lengket dan bergetah.

Cara Memasak Beras Merah Agar Tidak Keras

  • Langkah pertama yang harus dilakukan ketikan mau memasak beras adalah mencuci beras merah hingga bersih. Namun tidak sampai warna dari beras merah itu habis.
  • Cara yang sebaiknya dilakukan untuk memasak beras merah adalah dengan cara manual. Jika menggunakan rice cooker nasi beras merah akan terasa kering atau keras, sedangkan dengan cara manual akan menjadikan beras merah terasa lembut dan enak.
  • Setelah itu kamu siapkan panci yang akan digunakan untuk memasak beras merah. Setelah panci sudah siap, masak beras merah diatas api sedang dengan air bersih. Perbandingan beras dan air adalah 1:4, yaitu 1 gelas beras membutuhkan 4 gelas air.
  • Seperti tips di atas, sebelum memasaknya sebaiknya beras merah direndam terlebih dahulu. Rendamlah beras merah selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah menunggu 30 menit, maka kamu bisa langsung memasaknya.
  • Masak beras di dalam panci dengan air sesuai takaran di atas api sedang. Sambil menunggu beras mendidih, kamu aduk sesekali. Jangan lupa untuk menutup pancinya agar air mendidih dengan sempurna.
  • Jika air sudah mendidih, kamu buka tutup pancinya. Kemudian masak nadi dengan api sedang sambil sesekali diaduk sampai air benar-benar habis dan beras setengah matang.
  • Jika beras merah sudah setengah matang, kamu angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya kamu siapkan panci atau apapun untuk mengukus beras merah yang setengah matang tadi. Setelah siap kukus beras merah hingga matang atau kurang lebih selah 30 menit.
  • Setalah 30 menit kamu bisa cek apakah nasi sudah matang atau belum. Jika sudah kamu bisa angkat lalu menanaknya agar lebih enak.

Demikianlah tips dan cara memasak beras merah agar lebih lembut dan enak. cukup mudah bukan? Tentu saja mudah dan sederhana. Kamu pasti akan mudah mempraktikannya di rumah. Dengan mengikuti tips dan cara di atas kamu akan mendapatkan nasi dari beras merah yang enak, pulen, dan tentu banyak mengandung gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. (elevenia)

Leave a Reply