Mother & Baby

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Ibu dan Janin

Jangan Lupa Share ya

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi semua umat muslim, tidak terkecuali bagi ibu yang sedang hamil. Kewajiban berpuasa tersebut tidak akan gugur selama ibu hamil masih mampu untuk menjalankannya. Jika kamu mengalami mual dan muntah yang berlebihan hingga membuat kamu lemas, maka akan lebih baik kamu menunda untuk berpuasa demi kesehatanmu sendiri dan janin yang sedang kamu kandung. Akan tetapi, tentu saja puasa yang kamu tunda tersebut harus kamu ganti di lain hari.

Menjalani puasa pada saat hamil merupakan hal yang bisa dibilang berat, apalagi jika usia kehamilan masih terhitung sangat muda. Akan ada banyak sekali tantangan yang akan kamu hadapi. Oleh karena itu, sebelum kamu menjalankan ibadah puasa, kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan. Jika dokter sudah mengizinkan dan kamu pun merasa aman, karena kamu bisa melanjutkan ibadah puasa tersebut. Selain itu, kamu juga harus mengetahui apa saja tips berpuasa bagi kamu yang sedang hamil muda yang tentu saja aman bagi kamu dan janin yang sedang kamu kandung.

Secara umum, wanita yang sedang hamil maupun menyusui memiliki dua kondisi yang akan membedakan dalam menentukan boleh atau tidaknya melakukan ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan. Berikut ini penjelasannya,

Ibu hamil mampu berpuasa dan tidak akan menimbulkan pengaruh buruk bagi anak

Dalam keadaan seperti ini bisa dipastikan jika sang ibu tidak akan merasa kesulitan dan juga tidak akan khawatir untuk masalah kesehatan janinnya jika dia menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, jika seperti ini maka ibu wajib untuk berpuasa dan sangat tidak dianjurkan untuk berbuka puasa di siang hari pada bulan Ramadhan.

Ibu khawatir akan kesehatan dirinya atau janin didalam kandungan

Jika sang ibu sudah merasa khawatir akan kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya, maka dia akan merasa kesulitan pada saat berpuasa dan tentu saja bisa membahayakan kesehatan bayi yang ada dalam kandungannya. Jika demikian, maka ibu hamil boleh meninggalkan puasa tersebut, dengan catatan harus menggantinya di lain waktu sebanyak puasa yang ditinggalkan. Dalam kondisi yang demikian, maka hukum yang paling utama adalah dengan berbuka puasa yang menjadi makruh.

Nah, itulah hukum menjalankan ibadah puasa pada saat ibu sedang hamil muda. Jika kamu masih tetap ingin berpuasa, maka simaklah penjelasan mengenai tips berpuasa bagi ibu hamil di bawah ini,

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil Muda yang Aman Untuk Ibu dan Janin

Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Jika kamu termasuk ibu hamil yang tidak mengalami mual dan muntah, tingkatkan asupan gizi untuk menu sahur dan berbuka kamu. Sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi 4 sehat 5 sempurna. Komposisinya adalah 50% karbohidrat, 30% protein, 10-20% lemak.

  • Selalu mengkonsumsi vitamin yang telah diberikan oleh dokter kandungan, serta perbanyak minum air putih.
  • Minumlah susu ibu hamil selama masih menjalankan ibadah puasa
  • Hindari memakan makanan yang pedas
  • Disarankan agar tetap mengonsumsi protein hewani dari daging, ayam, ikan dan telur.
  • hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan lebih baik pilih karbohidrat berkualitas tinggi.

Jangan terburu-buru ketika menyantap menu sahur

Selain memperhatikan menu santap sahur, ingatlah bahwa kamu juga tidak bisa seenaknya memakan makanan saat berbuka puasa. Menu yang dianjurkan untuk berbuka puasa bagi kamu yang sedang hamil muda, di antaranya:

  • Sebaiknya jangan mengkonsumsi es ketika berbuka puasa. Karena minuman dingin akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat.
  • Jangan langsung memakan makanan yang berat ketika berbuka puasa. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar sistem pencernaan tetap terjaga dan tidak dipaksa untuk bekerja terlalu keras setelah beristirahat selama berpuasa di siang hari.
  • Saat hamil, kesehatan fisik ibu pasti terganggu. Untuk itu, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika kamu hendak menjalankan ibadah puasa saat sedang hamil.

Masalah puasa pada ibu hamil ini biasanya akan semakin pelik apabila sang ibu menderita komplikasi penyakit, misalnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal dan hati, diabetes, menderita asma, atau mengandung bayi kembar. Nah, khusus untuk kasus yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan apakah tetap boleh berpuasa atau tidak.

Batalkan Puasa Jika Kamu Mengalami

  • Pecahnya pembuluh darah yang akan mengakibatkan ibu hamil mengalami mimisan
  • Pusing yang teramat sangat disertai dengan tubuh yang lemas. Hal ini merupakan tanda bahwa kamu mengalami hipoglikemia. Jika sudah seperti ini, sebaiknya kamu segera berbuka puasa agar bayi kamu tidak kekurangan gizi
  • mengeluarkan keringat yang berlebih apalagi jika yang keluar keringat dingin, hal ini menandakan bahwa tubuh ibu hamil dalam kondisi yang sedang tidak normal dan sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba oleh ibu yang sedang hamil muda dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply