Home & Garden

Tips Atasi Bau Sepatu dan Kaki yang Menggangu

Foto diambil dari thecultureconcept.com

Buka sepatu dan keluar bau tak sedap? Oh no! Jangan sampai ini terjadi kepada Anda ya elevenians. Melepaskan sepatu di kantor atau di rumah tentu merasa sedikit lega ya, namun akan menjadi masalah jika bau tak sedap mulai muncul dari kaki kita sendiri. Selain mengganggu diri sendiri, kita juga menggangu ketenangan jiwa seisi ruangan. Duhh, ga banget deh!

Sebenernya apa sih yang bikin sepatu kita bau? Alasan yang pertama adalah karena kelembapan dan bakteri. Hal yang paling pertama diperhatikan dalam memakai sepatu adalah kebersihan kaki kita sendiri. Jangan pakai sepatu ketika kaki dalam keadaan kotor atau basah karena jika iya, maka bakteri akan bertumbuh diantara kaki dan sepatu kita.

Alasan kedua adalah ukran sepatu kita. Pastikan Anda telah memilih sepatu yang nyaman dan yang pas di kaki Anda untuk beraktifitas. Jika Anda berada dalam sepatu yang sempit, selain menyiksa kaki, ini memberikan potensi besar kaki Anda berkeringat sehingga bakteri dalam sepatu Anda akan bereaksi dengan keringat dan membuat bau yang makin tidak sedap. Jadi, pastikan sepatu Anda muat dengan baik dan tidak sempit ya elevenians!

Nah, dari beberapa alasan tersebut, tentu elevenians ingin solusi untuk sepatu bau kan? Ada beberapa cara unik yang bisa dicoba untuk mengatasi sepatu baumu! Simak penjelasan berikut ini!

  1. Masukan Sepatu ke dalam Freezer

 

Foto ini diambil dari www.wikihow.com
Foto ini diambil dari www.wikihow.com

Sepatu bau masik ke freezer? Ya! Anda tidak salah baca. Sepintas, mungkin ini terdengar sedikit aneh. Namun, temperature dalam freezer terbukti untuk membunuh bakteri penyebab bau sepatu. Anda tidak percaya? Coba saja sendiri! Masukan sepatu bau Anda ke dalam plastic Zip Lock dan diamkan dalam freezer selama 1 hari. Keluarkan sepatu dan buktikan hasilnya. Jangan lupa untuk dibungkus dengan plastic Zip Lock ya elevenians. Kalian gamau freezer kotor kan? Hehe

  1. Menggunakan Kopi
Foto diambil dari perfectogive.com
Foto diambil dari perfectogive.com

Kopi dikenal sebagai penetral bau. Ia juga dikenal sebagai pengusir bau tak sedap. Jika Anda mempunyai biji kopi yang segar di rumah, tak ada salahnya untuk mencoba meyembuhkan bau asem sepatu dengan biji kopi tersebut. Cukup taburkan biji kopi dua sendok dan masukan ke dalam sepatu. Diamkan selama satu hari dan buang biji kopinya. Jangan digunakan untuk bikin kopi ya elevenians! Hehe.

  1. Taburkan Baking Soda

Jika Anda menyukai memasak kue, maka bahan Baking Soda sudah pasti Anda kenal untuk menaikan volume kue. Ternyata, bahan yang satu ini juga digunakan untuk membunuh bakteri penyebab bau pada sepatu dan kaki. Caranya? Cukup taburkan Baking Soda, diamkan selama satu hari. Lakukann ini secara rutin hingga bau sepatu hilang.

  1. Jangan Lupa Jemur!
Foto diambil dari www.wanitakita.com
Foto diambil dari www.wanitakita.com

Hari Minggu biasanya waktu yang paling tepat untuk berada di rumah. Jika matahari bersinar terang, jangan lupa jemurkan sepatu Anda untuk mendapat sinar dari matahari. Bakteri dalam sepatu Anda bisa mati dan ini juga merupakan kesempatan baik untuk mengeringkan sepatu lembab Anda!

  1. Rendam Kaki
Foto diambil dari www.onegoodthingbyjillee.com
Foto diambil dari www.onegoodthingbyjillee.com

Untuk mengatasi bau kaki yang disebabkan oleh sepatu, ada beberapa cara yaitu dengan merendamkan kaki dengan Teh Hitam atau dengan cuka. Kandungan asam tannic dipercayai dapat mencegah kaki Anda untuk berkeringat. Untuk membuat ramuan ini, cukup dengan meyendiakan air panas dan masukan 5 kantung Teh Hitam. Biarkan teh dingin selama 20 – 30 menit lalu rendamkan kaki Anda. Untuk resep menghilangkan bau dengan cuka, Anda cukup menyediakan air hangat dan masukan 1/3 cup cuka ke dalam air hangat. Rendamkan kaki selama 10-15 menit.

Selamat mencoba elevenians!

Share

Comments 1

  1. Daftar Harga Sepatu Nike Terbaru Lengkap

    Terima kasih atas tips dan sarannya. Sangat bermanfaat.

    Reply

Leave a Reply