Beauty & Health

Tips Anti Melebar di Liburan Lebaran

blog-antimelebar

Yeayy! Liburan Lebaran telah tiba! Itu artinya sudah waktunya keliling ke rumah-rumah saudara, mencari THR dan menyantap makanan lezat menu khas lebaran. Ketika Lebaran datang, tentunya bertemu dengan keluarga akan sangat menyenangkan. Apalagi dengan makanan yang never ending. Nah, untuk kamu yang sangat menjaga badan, kita mempunyai tips untuk anti melebar di liburan Lebaran! Apa saja? Ini dia!

  1. Know Your Limits

self_control

Dalam 1 hari muterin 5 rumah? Tapi ga semuanya harus makan kan guys? Sebenernya sih, makanan di setiap rumah yang kita datangi memang sulit dihindari. That’s why knowing your limits amatlah krusial. Ingat, kalau kalian tidak ingin melebar mendadak, ya harus ada yang dikorbankan. Maka dari itu, yang namanya strategi itu penting.

Misalkan kalian sudah tahu ada 5 rumah yang harus dikunjungi. Tentunya ini bukan pertama kalinya kan? By now, seharusnya kamu sudah hafal mana yang makanannya enak dan kue yang enak. Buatlah strategi untuk diri sendiri. Misalkan, di rumah pertama mungkin akan menyicip kue saja, di rumah kedua/ketiga ketika sudahagak siangan pas nih buat makan siang. Nah di rumah-rumah terakhir, hanya makan buah saja dan banyak minum. Dengan begitu, perut Anda juga tidak akan membludak elevenian.

  1. Keep Track
Foto daimbil dari writersstore.com
Foto daimbil dari writersstore.com

Jika kamu tidak ingin melebihi batas kalori kamu per hari, coba deh bawa keliling sebuah notebook kecil dan catat apa saja yang sudah kamu makan hari ini. Denga nadanya catatan, mungkin Anda akan mikir dua kali untuk ‘menyantap’ hidangan lagi di rumah saudara-saudara yang lain hehe. Ini juga bisajadi latihan self-control juga untuk Anda lho elevenian. Selamat mencoba ya!

  1. Minum Banyak Air Putih
Foto diambil dari glassglam.com
Foto diambil dari glassglam.com

Setelah selesai makan, di manapun itu, coba pilih minuman air putih saja. Jangan memiih sirup atau minuman berkarbonat dan sejenisnya. Kenapa memilih air putih? Ketika berkeliling kerumah-rumah saudara, Anda pasti mengemil atau makan sebuah hidangan ringan. Nah, untuk lancar mengeluarkan racun dan lemak dalam tubuh, Anda harus tetap minum air putih dengan jumlah yang sesuai untuk tubuh Anda. Jangan sampai idak minum air putih sama sekali ya elevenian!

  1. Infused Water

infused water

Selain minum banyak air putih, ada satu lagi yang bisa membantu Anda mengeluarkan lemak dan racun dalam tubuh yaitu infused water. Banyak sekali resep infused water untuk “mencuci” tubuh Anda. Salah satu yang resep yang paling sederhana dan paling di rekomend oleh pakar ahli gizi adalah infused water mentimun. Resepnya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan potongan ketimun ke dalam sebuah jar yang berisi air. Diamkan selama satu hari penuh dan minum di malam hari.

Sebenernya resep dianjurkan diminum di pagi hari. Namun, infused water memberikan efek samping beser alias Anda akan sering ke belakang untuk membuang air kecil. Karena melalui urinelah toksin dan lemak Andaakan dibuang. Jadi, daripada repot dijalan saat mengunjungi saudara, lebih baik Anda mencoba meminum infused water sebelum tidur.

  1. Buah dan Sayur
Foto diambil dari dietsinreview.com
Foto diambil dari dietsinreview.com

Meski keliling ke rumah saudara selalu dihadiri dengan ketupat dan Opor Ayam, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai kebutuhan serat tubuh. Ini juga menjadi salah satu makanan yang akan membantu Anda mengeluarkan racun dan juga membakar lemak. Pastikan Anda menyantap setidaknya satu buah di pagi hari ya elevenian!

Selamat mencoba ya elevenian!

Share

Leave a Reply