Culinary

Tips and Saran Memasak dan Mengolah Daging Kambing

Foto diambil dari Flickr.com

Dapet daging kurban Kambing tapi bingung gmana mau masak apa? Atau bingung cara masaknya karena bau dagingnya yang tajam dan takut alot? Idul Adha yang sudah di depan mata tentu saja mengingatkan kita tentang daging Kurban yang sudah kita beli untuk mereka yang memerlukan. (Kalau belum bisa juga beli sekarang di sini lho! hehe)

Daging Kambing mungkin bukan daging favorit semua orang. Namun, jika Anda tahu cara memasak dan bagian Kambing yang cocok untuk beberapa masakan tertentu, maka hidangan lezat pun berada di depan mata.

Mari kita simak beberapa tips and tricks memasak daging Kambing serta, kira-kira bagian Kambing mana saja yang cocok untuk beberapa menu pilihan.

Panggul

sate

Aroma pada bagian ini tidak terlalu menyengat dan memiliki daging dengan tekstur lembut. Ini karena daging pada bagian panggul Kambing terdiri dari lebih banyak otot dan memiliki lemak yang sedikit. Untuk Anda yang mendapat bagian Kambing yang ini, baiknya di mask untuk Sate Kambing dengan saus kecap pedas.

Kaki Depan

resep-kari-kambing-khas-arab
Foto diambil dari : menumasakanseharihari.muslimahpos.com

Daging kaki depan adalah daging dari ujung paha hingga kaki. Daging pada bagian ini memiliki lebih banyak otot berbnding lemak sehingga memiliki tekstur daging yang keras. Daging kaki depan paling sesuai dimasak untuk masakan yang memerlukan waktu yang lebih banyak. Contohnya adalah sop kaki, kari atau semur.

Kaki Belakang

roasted lamb

Nah, untuk daging di kaki belakang (Lamb Shank) memliki tekstur yang lebih empuk. Maka disarankan, untuk bagian kaki belakang bisa dimasak untuk hidangan Roast Lamb.

Iga

Iga,biasanya dimasak dengan proses pembakaran untuk hasil yang Lezat. Namun tidak menutuo kemungkinan untuk memasak Sup Kambing dengan Iga. Sebelum proses pembakaran,Iga Kambing harus direbus dengan panci bertekanan tinggi dan menambahkan daun salam, serei dan kunyit untuk menghilangkan bau. Air yang digunakan adalah air dingin (air bersuhu ruangan).

Bahu

Foto diambil dari tastewitheyes.com
Foto diambil dari tastewitheyes.com

Bahu Kambing memiliki daging dengan tekstur yang lembut. Katanya, bagian bahu Kambing adalah bagian yang paling mahal. Itu sebabnya bagian ini juga disarankan untuk memasak Steak dan juga Sate.

Sirloin dan Tenderloin

Teksturnya yang empuk cocok digunakan unuk masakan seperti Rendang dan Sate. Steak juga dapat menggunkan bagian ini.

Nah, untuk Tenderloin, ia memiliki ekstur yang lembuh empuk dibadingkan Sirloin. Bagian ini pun cocok digunakan untuk memasak Sate dan Tongseng.

 

TIPS MEMASAK DAGING KAMBING

Foto diambil dari: himalogista.ub.ac.id/
Foto diambil dari: himalogista.ub.ac.id/

Tips agar memasak daging Kambing agar tidak bau dan empuk adalah dengan jangan membersihkan dan langsung memasaknya setelah disembelih. Namun, yang dapat Anda lakukan adalah merendamnya dengan air jeruk nipis, air jeruk limau atau air perasan nanas selama 3-4 menit.

Hal yang kedua adalah masaklah daging Kambing dengan berbagai rempah. Contohnya bisa dengan bawang putih, ketumbar, asam gula, serah, kapulaga, jahe, kunyit, sereh dan cengkeh. Semua rempah-rempah ini jika dimasak dengan tepat dapat menghasilkan daging Kambing yang empuk serta rasa yang lezat.

Foto diambil dari rmol.com
Foto diambil dari rmol.com

 

Share

Leave a Reply