Fashion

Tips Aman Pilih Lensa Kontak untuk Gaya

Jangan Lupa Share ya

Lensa kontak

Bagi sebagian besar orang, menggunakan lensa kontak dianggap lebih praktis dan nyaman dibandingkan dengan berkacamata. Lensa kontak memang aman digunakan, asalkan dipilih dengan benar dan berdasarkan petunjuk dari dokter.

Lalu bagaimana dengan lensa kontak yang hanya digunakan untuk alasan fashion? Lensa kontak jenis ini dikenal dengan nama decorative contact lenses. Fungsinya tidak lebih dari sekedar mempercantik penampilan mata dengan warna lensa kontak yang berbeda. Di luar negeri, seperti Amerika dan Inggris, lensa kontak jenis ini selain menjadi aksesori bagi para pecinta fashion, juga menjadi properti utama dalam pembuatan berbagai macam film layar lebar.

Misalnya saja untuk film-film horor, decorative contact lenses digunakan untuk merubah mata sang aktor hingga tampak aneh dan menyeramkan. Selain itu lensa kontak jenis ini juga sangat populer pada saat perayaan Halloween yang telah menjadi tradisi di sebagian besar negara Eropa. Lensa kontak dengan warna yang berbeda dari bagian iris mata memang bisa membuat penampilan menjadi semakin menarik, namun bisa juga menyebabkan penyakit mata jika salah memilih dan menggunakannya.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa menggunakan dekorasi mata ini untuk mempercantik penampilan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan decorative contact lenses agar kesehatan mata Anda tetap terjaga:

 

  1. Lakukan tes mata

Sebelum menggunakan lensa kontak, Anda harus mengetahui apakah mata Anda benar-benar sehat dan dapat menggunakan lensa kontak. Dalam hal ini, hanya dokter yang bisa memeriksa dan memastikan kondisi mata Anda.

 

  1. Mintalah resep dokter

Agar mata Anda benar-benar aman, mintalah resep dokter untuk merek decorative contact lenses yang memenuhi standar kesehatan. Selain itu resep dokter juga akan memberikan ukuran lensa yang tepat untuk Anda.

 

  1. Ikuti petunjuk penggunaan

Saat menggunakan lensa kontak, pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk penggunaan dengan tepat. Perhatikan bagaimana cara menggunakannya, bagaimana membersihkannya, dan kapan masa berlaku lensa kontak tersebut berakhir.

 

  1. Jagalah kebersihan mata

Anda yang menggunakan lensa kontak memang harus ekstra hati-hati dalam menjaga kebersihan mata agar tidak mudah mengalami iritasi. Yang paling mudah adalah dengan menghindari mengucek mata terutama pada saat masih menggunakan lensa kontak.

 

  1. Jangan bergantian menggunakan lensa kontak

Walapun hanya digunakan pada bagian luar mata, bukan berarti Anda bisa meminjam lensa kontak milik orang lain. Lensa kontak yang baik memiliki ukuran sesuai dengan kornea mata masing-masing orang sehingga tidak akan cocok digunakan bergantian.

 

Nah, tidak sulit bukan melakukan ke lima hal di atas? Jika Anda telah memerhatikan hal tersebut dengan seksama, maka tidak ada salahnya memakai lensa kontak untuk gaya agar penampilan Anda semakin menawan!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply