Hobby, Home & Garden

Tip Memilih Rak Buku

Bukan hanya untuk menyimpan buku, sekarang ini Rak Buku juga merupakan pemanis dalam dekorasi interior rumah Anda. Simak tip berikut dalam pemilihan Rak Buku.
1. Ukurlah ruangan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur ruangan di mana Anda akan menempatkan rak buku. Selain mengukur luas lantai, Anda juga harus mengukur dinding dan tinggi langit-langit ruangan. Pastikan juga ada cukup ruang untuk berjalan di antara rak buku untuk mempermudah mengambil berbagai macam koleksi Anda. Dengan memastikan ukuran ruangan, akan menghindarkan Anda membeli rak buku yang terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Bahan pembuat rak buku
Tentukan material pembuat rak buku yang ingin Anda beli. Saat ini tersedia rak buku dengan berbagai bahan seperti kayu, logam atau kaca. Wood veneers (papan kayu tipis yang dipernis) dan kayu lapis merupakan bahan rak buku yang paling murah, namun yang terbuat dari logam (besi, stainless steel) dan solid hardwoods (maple, oak, kenari, jati) lebih kuat meskipun harganya lebih mahal.

3. Isi rak buku
Meskipun rak buku merupakan tempat untuk menyimpan buku, namun saat ini juga sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam koleksi seperti film, video games atau foto. Membuat daftar barang apa saja yang akan diletakkan di rak buku, akan membantu Anda untuk memilih ukuran dan jenis rak buku yang akan dibeli

Rak Buku
Rak Buku

4. Pertimbangkan rak buku dengan pintu
Hal terbaik dari rak buku yang memiliki pintu adalah buku terlindung dari debu. Pintu rak buku yang terbuat dari kayu merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin menyembunyikan “kekacauan” di dalamnya. Tetapi jika Anda menggunakan rak buku untuk memamerkan bermacam koleksi, pilihlah pintu rak buku geser yang terbuat dari kaca.

5. Rak buku sebagai penyekat ruangan
Rak buku juga dapat berfungsi sebagai penyekat ruang, jadi rak yang dapat dibuka dari depan dan belakang adalah pilihan bagus. Pilihlah rak buku yang cukup dalam sehingga dapat menyimpan lebih banyak buku.

6. Sesuaikan rak buku dengan furnitur
Saat akan membeli rak buku sesuaikan gaya, bahan dan warnanya dengan furnitur serta tema ruangan tersebut. Misalnya rak buku dengan gaya sturdy bookshelf (rak buku klasik dari kayu), merupakan pilihan yang kurang pas untuk ruang tamu bergaya modern karena metallic bookshelf (rak buku klasik dari bahan metal) tanpa detail tambahan jauh lebih cocok untuk ruangan seperti ini.

 

Sumber gambar: Flickr

Share

Comments 1

  1. Superb post but I was wanting to know if you could write a litte more on this subject? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit more. Kudos!

    Reply

Leave a Reply