Hobby

Tiga Jenis Olahraga yang Membutuhkan Ketepatan

Jangan Lupa Share ya

Perlu diketahui ada beberapa macam olahraga yang mengutamakan ketepatan, yaitu menembak, panahan, dan kriket. Sebelum bermain olahraga yang satu ini, kamu harus terlebih dahulu mengenalnya. Misalnya, jika kamu tertarik olahraga menembak, berarti harus paham tentang peralatan dan teknik yang digunakan.

Di artikel ini akan dibahas berbagai informasi terkait olahraga ketepatan.

Olahraga Menembak


Secara harfiah, kata menembak berarti dua hal, yaitu melepaskan peluru dari senjata dan mengarahkan sesuatu kepada sesuatu. Dari kedua hal tersebut, muncul 3 konsep penting dalam olahraga menembak. Adapun konsep yang dimaksud, antara lain sebagai berikut.

  • Kebendaan, yaitu alat yang digunakan untuk menembak.
  • Manusia, yaitu subjek dari pemakai alat tersebut.
  • Sasaran, yaitu aktivitas objek menembak melalui pistol maupun senapan.

Dari ketiga konsep penting itu lah, dapat dilihat bahwa menembak merupakan kerja dari ide dan indera yang terhimpun dalam suatu waktu.

Apabila dibandingkan dengan olahraga lain, menembak merupakan satu kerja yang berkesinambungan antara aksi dan reaksi. Pada saat menembak, setiap penembak harus mempunyai ketahanan, ketenangan, dan pengontrolan diri yang ditopang fisik dengan keseimbangan besar dan terkontrol aktif.

Menembak merupakan olahraga yang memerlukan konsentrasi cukup tinggi. Untuk membentuk seseorang awam menjadi penembak baik, dibutuhkan motivasi besar dari diri sendiri. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang harus diperhatikan, seperti pengetahuan akan teori dasar menembak, kondisi kesiapan fisik, dan lain-lain.

Banyak penembak berlatih secara bersama-sama, tapi hanya segelintir yang memiliki prestasi baik. Seorang penembak bisa dikatakan profesional adalah penembak yang bisa mengontrol diri sepenuhnya, baik fisik maupun mental.

Pada dasarnya olahraga menembak merupakan latihan mengendalikan diri. Kunci keberhasilan seorang penembak adalah selalu disiplin dalam berlatih.

Prinsip-prinsip dasar agar bisa menguasai olahraga menembak dengan baik adalah penguasaan secara sempurna, baik taktik maupun teknik menembak dan didukung oleh faktor-faktor lainnya. Dalam penguasaan teknik tersebut diperlukan kemauan dari diri sendiri untuk menjadi seorang penembak yang baik.

Seiring dengan bertambahnya masyarakat yang gemar olahraga menembak, baik berburu atau pun tembak sasaran, banyak pula jenis senjata apinya. Mulai dari senjata api sederhana sampai dengan jenis senjata yang membutuhkan keahlian dan pengalaman cukup dalam menggunakannya

Bagi para pemula yang ingin menyalurkan hobi menembak, tentu akan merasa kesulitan dalam menentukan senjata dan perlengkapan lainnya dalam olahraga menembak.

Olahraga menembak baik itu berburu atau pun tembak sasaran di Indonesia mulai diminati, terutama para eksekutif dan pengusaha (mulai dari pengusaha muda sampai usia lanjut) ingin menyalurkan hobinya tersebut.

Hewan yang biasanya diburu adalah hama (hewan pengganggu). Contohnya, gajah, monyet, babi hutan, dan harimau (kasus tertentu). Hewan-hewan tersebut dianggap para petani merusak ladangnya. Selain untuk menyalurkan hobi, para penembak juga membantu para petani memberantas hama.

Olahraga menembak berburu dengan tembak sasaran tentu berbeda. untuk olahraga menembak tembak sasaran lebih sering diperlombakan dalam pertandingan menembak

Tembak sasaran terdiri atas bermacam nomor pertandingan, yaitu Shotgun, nomor angin (Air Rifle Match, Air Rifle Hunting,  Air Running Targe, dan Air Pistol), momor api (Standar Pistol, Center Fire Pistol, Sport Pistol, dan Rapid Fire Pistol).

Tembak sasaran juga melombakan nomor tembak reaksi (Practical Shooting). Tembak sendiri adalah olahraga menembak yang sangat menarik karena penuh dengan tantangan.

Olahraga Memanah


Pada awalnya panahan digunakan sebagai alat berburu dan mempertahankan hidup. Seiring berjalannya waktu, panahan kini termasuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade.

Panahan adalah kegiatan yang menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Berdasarkan dengan bukti-bukti yang ada, panahan sudah dikenal sejak 5000 tahun yang lalu. Pada awalnya, panahan digunakan untuk kegiatan berburu, sebelum akhirnya berkembangkan menjadi senjata dalam pertempuran dan kemudian jadi olah raga ketepatan.

Jika kamu sudah pernah mendengar legenda “Robin Hood” , tentu tahu bahwa kompetensi panahan telah ada sejak abad pertengahan. Sampai dengan saat ini para pemanah masih menghormati makna legenda tersebut.

Istilah “Robin Hood” dalam olahraga panahan digunakan, bila sebuah panah berhasil membelah panah di target. Caranya adalah dengan memanah ujung anak panah dengan anak panah lainnya.

Sejak zaman “Robin Hood” sampai dengan sekarang, perlengkapan panahan yang digunakan mengalami banyak perubahan. Tapi kemampuan yang dibutuhkan untuk olahraga panahan sama sekali tidak berubah.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan sebuah busur saat ini, yaitu carbon fiber dan aerospace aluminium. Sementara itu, anak panah yang digunakan terbuat dari carbon dan aluminium. Dengan menggunakan bahan tersebut,  kecepatan dari sebuah anak panah bisa mencapai 240 km/jam. Selain itu, dalam olahraga panahan diperlukan juga kekuatan fisik dan mental yang kuat. Kuat disini dalam artian memiliki kondisi stamina yang prima, tangan kuat, mata tajam,dan otot sekuat baja.

Baru-baru ini, olahraga panahan berkembang lebih modern berkat sistem pertandingan dengan 2 pemanah dan 12 anak panah.

Olahraga panahan telah menjadi bagian dalam perlombaan Olimpiade dari 1900 sampai dengan 1920, kemudian hilang selama 50 tahun. Pada 1904, panahan menjadi salah satu cabang olahraga yang mengikutsertakan wanita. Hal ini dibuktikan, pada peristiwa di 1961, Mrs. Inger yang tidak lain adalah wanita pertama yang ikut terlibat dalam Olimpiade olahraga panahan.

Kriket


Kriket mulai masuk ke Indonesia mulai 1980. Namun, belum diketahui secara jelas, apakah cabang olahraga ini sudah termasuk olahraga resmi di Koni. Hal ini dikarenakan, salah satu persyaratan suatu cabang terdaftar di KONI adalah memiliki perwakilan minimal 16 provinsi di Indonesia. sementara dari data yang ada, cabang olahraga ini baru mempunyai 5 perwakilan, yaitu dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat Indonesia memang lebih familiar dengan olah raga bulu tangkis, bola voli, sepak bola, atau bola basket. Sementara, untuk olahraga kriket mungkin belum banyak yang mengetahuinya.

Kriket merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Olahraga ini sepintas mirip dengan kasti atau softball. Persamaannya adalah sama-sama menggunakan bola dan tongkat pemukul. Olahraga ini banyak dimainkan di negara persemakmuran Inggris. Bahkan di India, kriket menjadi olahraga nomor satu yang paling digemari masyarakat.

Kriket merupakan sebuah olahraga yang dilakukan secara beregu,antara dua kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas orang. Kriket adalah permainan olahraga yang menggunakan pemukul (disebut “bat”) dan bola.

Tujuan dari permainan kriket adalah mencetak angka lebih banyak dibandingkan dengan kelompok lainnya. Permainan kriket bisa berlangsung sampai dengan lima hari. Bahkan setiap harinya, bisa menghabiskan waktu selama enam jam.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply