Edukasi

The Mindset (Cara Berpikir) – Cara Merubah Mindset ke Arah yang Lebih Positif

Jangan Lupa Share ya

Dalam menjalani kehidupan ini setiap kita memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang yang satu dan lainnya. Oleh karena itu dalam meraih suatu impian dan target dalam kehidupan, masing-masing orang memiliki caranya sendiri sesuai dengan pola pikir orang tersebut. Tapi tahukah kita cara berpikir itu bisa kita ubah dengan selalu senantiasa banyak membaca buku, mengikuti seminar dan mendengarkan pengalaman dari orang-orang sukses yang ada disekitar kita.

Orang sukses tidak akan pernah mendapatkan impiannya dengan cara instan atau mudah,karena mereka butuh proses bukan banyak protes dalam melakukan tindakan yang dilaluinya untuk mencapai impian tersebut. Mereka akan meluangkan waktu untuk terus berusaha, apabila mereka mengalami kegagalan maka ia akan berusaha untuk bangkit lagi. Gagal bangkit lagi, gagal bangkit lagi hingga ia menemui kesuksesan itu di depan matanya.

Kita selalu mengeluhkan dan mempertanyakan seberapa banyak kegagalan akan menghampiri kita, tapi orang yang sukses akan berfikir seberapa banyak ia akan berusaha untuk bangkit dari kegagalan yang dialaminya dan mencari cara bagaimana untuk bangkit dari kegagalan tersebut hingga meraih suatu impian yang nyata berada sedikit lagi didepan mata kita. Cara berfikir ini yang harus kita tumbuh kembangkan dalam jalan kita meraih apa yang kita impikan, dalam hal ini aku teringat sebuah point penting dari buku dari Merry Riana yang berjudul “A Gift From A friend” membahas tentang cara berpikir yang berbeda.

Dalam buku tersebut membahas satu bab khusus untuk cara kita mengubah pola pikir kita dari biasanya, isi bab pertama buku ini memaparkan satu teori yang disebut dengan “Prinsip Pareto: Aturan 80/20”. Pada awal tahun 1906 ahli ekonomi Italia Vilfredo Pareto menciptakan rumus matematika untuk menjelaskan distribusi kekayaan yang tidak merata di negaranya. Beliau mengamati bahwa 20% populasi memiliki 80% kekayaan yang ada (Buku A Gift From A Friend : Hal 92).

Dok. Pribadi

Penjelasan dari prinsip ini membuat sebuah pertanyaan untuk diri kita sendiri yaitu Apakah kita mau menjadi 20% minoritas kelompok orang tapi memiliki kekayaan yang ada 80% di dunia ini, atau menjadi 80% mayoritas kelompok orang tapi memiliki kekayaan 20% di dunia ini? Pilihan mana yang akan kita pilih, tentu kalian akan mengambil pilihan yang pertama seperti pilihan saya juga. Tapi tahukah anda apakah kita sudah berada di pilihan tersebut?

Berada di kelompok manusia 20% ini merupakan mereka yang memiliki pemikiran berbeda jauh dari orang pada umumnya, seperti kebanyakan kita setelah habis kuliah pasti akan mencari sebuah pekerjaan untuk menjalani kehidupan ini, terus mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan keahlian kita. Namun bukan itu yang dimaksudkan oleh Prinsip pareto, karena kita disuruh untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang berbeda dari orang lain dan berpikir yang berbeda dengan yang lainnya. Sehingga kita mendapatkankan penghasilan yang berbeda dari pemikiran dan tindakan orang lain yang hanya bekerja seperti banyak orang lakukan, pergi pagi pulang petang dan akhir bulan menerima gaji.

Untuk mencapai pilihan pertama tadi kita harus belajar seperti orang yang sudah sukses dalam menjalani hidupnya sebagai manusia 20% yang memiliki kekayaan 80%, mencari tahu bagaimana mereka 20% itu berpikir, bagaimana cara mereka berbicara antara satu dengan yang lainnya hingga tindakan atau action apa yang mereka lakukan untuk dapat mencapai kekayaan 80% tersebut. Hal ini membutuhkan seorang mentor atau pembimbing yang sudah terpercaya dan sudah ahli dibidangnya dan sukses meraih apa yang telah dilakukannya dengan cara berpikir dan melakukan sesuatu yag berbeda dengan orang yang ada disekitarnya.

Dok. Pribadi

Tampil beda bukan berarti kita bukan siapa-siapa, melainkan kita berusaha untuk keluar dari kebiasaan yang sama dilakukan oleh banyak orang. Apabila kita berhasil melakukannya maka akan memberikan dampak positif kepada orang-orang yang berada disekitar kita, mereka akan mengikuti cara kita dan bersungguh-sungguh untuk meraihnya. Tapi ini merupakan tindakan yang tidak gampang dan mudah karena butuh pengorbanan, memiliki niat, tekad yang kuat dan usaha yang keras serta bertanggung jawab atas keputusan yang sudah kita ambil untuk menjalaninya agar tidak terbebani oleh janji yang kita buat sendiri.

Ingatlah bahwa sesuatu tindakan yang kita lakukan dengan jalan yang baik, niat yang tulus dan pengorbanan yang besar tidak akan membohongi hasil yang akan kita capai nantinya. Nikmati segala proses yang berlaku, jalani dengan visi yang maju kedepan dan setiap batu sandungan yang kita dapat ditengah jalan usaha kita anggap sebagai pembelajaran untuk kita tumbuh dan berusaha bangkit agar fokus kita pada impian kita dapat tercapai sesuai dengan apa yang kita harapkan. Semoga sukses dan selamat berjuang untuk menjadi 20% orang minoritas di dunia ini tapi memiliki kekayaan 80% yang ada didunia ini.

Terima kasih

Jangan Lupa Share ya

Irvandi

"Perkenalkan namaku Irvandi, aku seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan distribusi dan logistik yang berintegrasi dibidang kesehatan.
Menulis dan Membaca adalah hobiku dalam mengisi waktu luang jika tidak ada kegiatan, Menonton juga merupakan kegemaranku.
Mimpiku ingin menjadi seorang Penulis, memiliki sebuah karya buku untuk dterbitkan dan bisa dibacaoleh semua orang."
Irvandi

Leave a Reply