Editor's Choice

Tetap Sehat dan Fit di Bulan Puasa

2d0j80z

Olaharga di Bulan Ramadhan? Kenapa tidak? Bulan Ramadhan bukan penghalang Anda untuk tetap olahraga dan fit. Justru berolahraga di saat Bulan Puasa bisa bermanfaat untuk tubuh. Tahukah Anda bahwa berolahraga di kala puasa bisa meningkatkan sensitifitas insulin sehingga dapat mencegah penyakit diabetes? Selain itu, berolahraga dalam perut kosong dapat mengoptimalkan kinerja hormon sehingga dapat membantu pembentukan otot yang dapat membakaran lemak lebih cepat.

Namun yang perlu diperhatikkan adalah, keadaan fisik tubuh dan jenis olahraga yang Anda pilih. Simak tips tim blog elevenia untuk tetap sehat dan bugar di bulan puasa!

  1. Pilihlah Olahrga yang Sesuai

CompleteYoga

Jika Anda sedang berpuasa, hindarilah olahraga berat dan pilihlah jenis olahraga ringan. Hal ini karena ketika puasa, tubuh tidak memiliki energi cadangan dan kemungkinan untuk dehidrasi terjadi lebih tinggi jika Anda berolahraga berat. Maka pilihlah olahraga ringan seperti Yoga, jalan kaki, segalah olahraga yang bisa dilakukan di matras dan kardio ringan seperti main sepeda. Hindari jenis olahraga dengan insentitas tinggi seperti mengangkat beban, lari dan bentuk olahraga yang menguras banyak tenaga.

  1. Waktu Olahraga

fitnesstime

Kapan waktu yang terbaik untuk berolahraga dan berapa lama? Disarankan untuk berolaharga paling tidak 20-40 menit. Waktu yang terbaik untuk berolahraga adalah sebelum sahur dan setelah buka namun tidak dalam keadaaan kenyang. Lebih baik lagi jika berolahraga ringan setelah solat Tarawih sehingga Anda bisa langsung mandi dan tidur setelah selesai olahraga.

  1. Perhatikan Makanan

healthy-foods (1)

Ketika Adzan berkumandang, jangan langsung “balas dendam” ya elevenians. Berikanlah ruang untuk perut Anda “bernafas” dan hindari makanan gorengan yang berlebihan. Perhatikan juga menu Anda yang makan. Agar tidak terlalu “berlebih” aturlah porsi Anda dengan karbohidrat, sayur dan lauk yang cukup saat makan malam tiba. Untuk berbuka, dianjurkan untuk makan makanan yang manis. Ini supaya gula dalam makanan bisa memboost energi dan mengisi perut kosong Anda.

Selain menjaga porsi makanan, makan buah juga penting untuk kesehatan dan kebugaran Anda saat puasa. Beberapa buah yang dianjurkan dikonsumsi saat Sahur dan Buka adalah Pepaya, Apel, Jeruk, Pisang dan Blewah.

  1. Minum Air Putih

8-glasses-of-water_blue

Jangan menyepelekan kepentingan air putih. Minumlah paling tidak 2 gelas saat Sahur dan 2 gelas ketika berbuka. Tubuh Anda membutuhkan cairan untuk sehari berpuasa dan cairan tambahan untuk setelah sehari berpuasa.

  1. Pentingnya Olahraga

Jika Anda memiliki kebiasaan berolahraga dan menjaga pola saat bulan puasa, maka ini dapat mencegah Anda daripada “memelar” saat Lebaran. Hal ini karena di satu bulan Ramadhan Anda dilatih untuk menahan nafsu. Ditambah lagi dengan menjaga pola makanan, ini bisa menjadikan habbit yang dapat membantu memantain berat badan setelah lebaran.

Share

Comments 2

  1. balancing machine

    tentunya juga banyak makan sayuran

    Reply
  2. jdlines puasa

    Yang penting point nomor 5 banyak minum, supaya tidak kekurangan cairan tubuh..

    Reply

Leave a Reply