Gadget /Komputer

Ternyata Ini Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor

Apabila Anda membeli sebuah barang, pasti Anda akan menginginkan barang yang mulus dan tanpa lecet. Sehingga Anda akan terpuaskan sebagai pemakai pertama barang tersebut. Oleh karena itu, agar barang tetap mulus dan tidak rusak ketika berada di tangan konsumen, maka produsen menyediakan garansi. Garansi merupakan surat keterangan produk yang dibuat produsen yang menyatakan bahwa barang tersebut telah terbebas dari kesalahan kerja maupun kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya terdapat formulir untuk mengisi data pelanggan sebagai konsumen, kemudian surat garansi tersebut akan dikirim ke produsen agar barang didaftarkan untuk tanggal dan periode dimulainya garansi. Dan ketika Anda membeli barang dengan harga yang mahal dan berharga maka ada pentingnya Anda memikirkan tentang garansi. Karena ini bisa meminimalisir risiko kerusakan pada saat penanganan oleh produsen, sehingga Anda jua tidak akan dirugikan.

Ada dua jenis garansi yaitu garansi resmi dan garansi distributor. Kedua jenis garansi ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing sehingga apabila ingin membeli gadget lebih baik Anda pertimbangkan dahulu mengenai garansinya. Garansi distributor memang merupakan garansi yang tidak resmi, namun bukan berarti barang Anda yang memiliki garansi distributor memiliki kualitas yang buruk dan tidak asli. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan garansi resmi dan distributor, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Klaim garansi

Untuk cara klaim garansi memang antara garansi distributor dan garansi resmi memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Karena apabila barang Anda memiliki garansi distributor maka ketika barang Anda mengalami kerusakan, klaim garansi hanya bisa dilakukan di service center distributor dan juga di tempat Anda membeli barang tersebut. Jadi, apabila barang Anda dibawa ke service center resmi, maka Anda harus membayar biaya perbaikan sesuai dengan kerusakan yang ada pada barang Anda.

Sedangkan untuk klaim garansi resmi Anda akan sangat dan lebih dimudahkan. Karena untuk mengeklaim garansi bisa Anda lakukan di service center resmi, service center distributor dan tempat Anda membeli handphone. Dan untuk service center resmi juga tidak dikenai pungutan biaya. Selain itu, barang yang memiliki garansi distributor juga memiliki kemungkinan besar ditolak oleh service center resmi karena biasanya barang belum dijual di Indonesia, sehingga spare partnya juga belum ada.

Harga

Untuk urusan harga jelas ada banyak perbedaan antara barang dengan garansi resmi dan barang dengan garansi distributor. Barang dengan garansi distributor jelas memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan barang garansi resmi. Bahkan ada yang harganya memiliki perbedaan hingga lima ratus ribu rupiah dengan barang garansi resmi.

Sedangkan untuk ketetapan harga juga berbeda. Karena barang garansi distributor diambil langsung dari luar negeri lalu dijual ke konsumen, maka barang garansi distributor juga memiliki harga yang murah. Berbeda dengan garansi resmi yang telah dikenai pajak. Sehingga harga ketetapan penjualan juga berbeda. Biasanya harga barang garansi distributor harga jualnya tergantung dengan distributor. Sedangkan barang garansi resmi harganya dimana-mana akan tetap sama.

Software dan hardware

Software dan hardware dari barang garansi distributor dan barang garansi resmi memanglah berbeda. Mulai dari hardware, jelas memiliki banyak perbedaan. Karena hardware barang distributor biasanya menurut dengan standar negara yang menjadi pemasok. Misalnya saja charger, charger ada yang colokan kaki tiga atau colokan tipis itu tidak sesuai dengan standar Indonesia. Sehingga dibutuhkan alat bantu agar charger dapat berfungsi. Sedangkan milik garansi resmi akan sesuai dengan standar Indonesia. Karena memang masuk Indonesia secara resmi dan ada banyak perbaikan untuk menyesuaikan dengan standar di Indonesia.

Untuk software juga akan mengalami berbagai kendala. Seperti tidak tersedianya bahasa Indonesia pada barang atau gadget. Dan biasanya yang tersedia adalah bahasa asal barang dan bahasa inggris. Misalnya saja barang dari china maka bahasa yang tersedia adalah bahasa china dan inggris. Selain itu sistem operasi dan ui interface juga tidak akan mendapatkan pembaharuan karena rom telah diubah. Jaringan internet juga begitu, meskipun tertera telah 4g, namun karena frekuensi jaringan di Indonesia dan negara asal berbeda membuat hanya bisa untuk jaringan 3.5 g saja.

Barang distributor bukanlah barang palsu dan tidak berkualitas, namun barang distributor adalah barang yang belum sesuai dengan standar Indonesia masuk pasaran di tangan distributor. Itulah info mengenai perbedaan garansi resmi dan distributor. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply