Beauty & Health

Termasuk Omega 3, Kapan Waktu Terbaik Meminum Vitamin?

Jangan Lupa Share ya

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang berupa vitamin dan mineral yang penting sebagai pendukung fungsi-fungsi dan proses kerja organ yang ada di dalamnya. Nutrisi yang terdapat di dalam vitamin sangat bermanfaat untuk menyembuhkan, memperbaiki dan merawat sel, organ serta sistem yang ada di dalam tubuh.

Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang bervariasi untuk membentuk bagian bagian penting yang ada di dalam tubuh, seperti sel darah merah dan tulang. Jika tubuh kekurangan vitamin dan mineral penting, maka kita akan cepat merasa kelelahan dan penyakit pun akan dengan mudah bermunculan.

Akan tetapi, sebagian besar orang tidak menyadari bahwa meminum vitamin pada saat tubuh sama sekali tidak kekurangan vitamin yang serius, sebenarnya tidak akan memberi manfaat apapun bagi tubuh kita. Bahkan yang lebih mengejutkannya lagi adalah bahwa meminum vitamin secara rutin dalam dosis yang beras tanpa disertai intruksi dari dokter justru bisa saja menyebabkan tumbulnya masalah kesehatan yang dapat membuat tubuh dalam keadaan yang membahayakan.

Berbicara mengenai vitamin, salah satu vitamin yang dianggap penting bagi tubuh kita adalah omega 3 atau yang dikenal juga dengan asam lemak tak jenuh ganda. Tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri vitamin yang satu ini, oleh karenanya kita harus mendapatkannya dari sumber makanan yang mengandung omega 3 seperti minyak ikan dan biji-bijian. Omega 3 atau asam lemak memiliki peran yang sangat penting dalam beberapa macam fungsi tubuh, seperti pada pembelahan sel, pembekuan darah, kesuburan, pencernaan, relaksasi serta kontraksi otot.

Termasuk Omega 3, Kapan Waktu Terbaik Meminum Vitamin?

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan

Studi yang telah dilakukan diberbagai tempat menunjukkan bahwa ketika diambil dalam dosis yang tepat, maka omega 3 dapat membantu mengurangi berbagai faktor risiko untuk penyakit jantung, kadar trigliserida dan tekanan darah.

Terlepas dari berbagai macam manfaat vitamin bagi tubuh, ternyata ada beberapa aturan yang harus kita perhatikan mengenai waktu yang paling baik untuk mengkonsumi vitamin. Hal ini berhubungan dengna cara kerja tubuh yang berbeda pada setiap waktu. Sehingga hal tersebut bisa mempengaruhi proses penyerapan vitamin yang kita konsumsi agar bekerja dengan lebih baik.

Pagi hari di saat perut kosong

Pada pagi hari, kamu dianjurkan untuk meminum vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan vitamin C. Vitamin C merupakan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin ini adalah di pagi hari sebelum kita memulai aktivitas kita. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih fit dan siap untuk beraktivitas hingga siang hari.

Sebagaimana vitamin C, vitamin B juga dianjurkan untuk diminum pada pagi hari saat perut masih dalam kondisi yang kosong. Hal ini dilakukan agar energi tubuh yang akan digunakan sepanjang hari jadi meningkat. Ada beberapa jenis vitamin B yang paling populer untuk diminum pada pagi hari, seperti B2, B6, serta vitamin B12 yang sudah terbukti dapat meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stress seseorang sepanjang hari.

Tengah hari bersamaan dengan waktu makan

Vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K serta mineral dan zat besi merupakan vitamin yang larut dalam lemak makanan dan harus dikonsumsi pada waktu yang bersamaan dengan waktu makan untuk membantu proses penerapannya agar lebih efektif lagi.

Selain itu, dengan mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak bersamaan dengan waktu makan akan mengurangi dan mencegah efek samping pada gangguan pencernaan.

Malam hari sebelum tidur

Kalsium merupakan salah satu vitamin yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada malam hari untuk membantu relaksasi otot, menenangkan tubuh untuk beristirahat serta membutuhkan makanan untuk penyerapan yang lebih baik.

Selain kalsium, omega 3 juga dianjurkan untuk diminum pada malam hari pada saat menjelang tidur. Hal yang perlu kamu ketahui adalah untuk menghindari mengkonsumsi omega 3 dengan obat-obatan yang lainnya. Hal ini dikarenakan dalam suplemen minyak ikan dipercaya dapat memperlambat penyerapan obat dan nutrisi yang lainnya.

Selain memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk meminum vitamin, kita juga perlu memperhatikan bahwa beberapa vitamin dan mineral saling berinteraksi satu sama lainnya yang memiliki potensi mengganggu penyerapannya, seperti zat besi dan kalsium. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi kedua vitamin itu secara bersamaan.

Itulah waktu-waktu terbaik yang dianjurkan untuk meminum vitamin termasuk omega 3. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply