Hobby

Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi

Jangan Lupa Share ya

Ada banyak alasan mengapa Kota Bogor sering dijadikan tujuan wisata oleh warga ibu kota. Alasan pertama, Kota Bogor terletak tidak begitu jauh dari Jakarta. Para wisatawan yang ingin melakukan penjelajahan hanya perlu mampu menempuh waktu satu sampai dua jam di perjalanan dari Jakarta. Selain itu, di Kota Bogor terdapat banyak tempat wisata alam yang menarik.

Berikut merupakan berbagi tempat wisata di Bogor yang wajib kamu kunjungi

Curug Cibaliung

Kota Bogor mendapat julukan sebagai kota curug atau kota air terjun. Di Bogor kamu akan menemukan banyak air terjun yang masih alami dan salah satunya adalah Curug Cibaliung.

Curug Cibalilung ini tidak terlalu tinggi dengan bagian kiri dan kanannya adalah batuan andesit yang keras. Aliran air terjun yang jernih dan kebiruan membuat wisatawan yang datang akan menggunakan sungai yang ada di bawah curug untuk berenang atau bahkan untuk sekedar bersantai di atas ban.

Untuk bisa sampai ke curug ini, kamu harus sedikit menjelajah. Karena, lokasi dari tempat wisata di Bogor ini agak sedikit tersembunyi. Kamu bisa mendatangi Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor dengan mengikuti jalan tol Jagorawi ke arah Jungle Land. Setelah tiba di sana, kamu akan dikenai tarif masuk sebesar Rp10.000 per orang dan Rp5.000 per motor.

Kebun Raya Bogor

Para wisatawan yang ingin menikmati kesegaran alam Kota Bogor tanpa perlu pergi Jauh dari pusat kota bisa mendatangi Kebun Raya Bogor. Terdapat sedikitnya 15.000 jenis tanaman asli Indonesia dan dunia yang ditanam untuk kepentingan penelitian di luas wilayah sekitar 87 hektar ini. Selain tanaman yang tumbuh di setiap penjuru kebun, kebun yang terletak di belakang Istana Bogor ini juga memiliki Griya Anggrek. Terdapat ratusan spesies anggrek dari Indonesia dan hybrid ditampilkan di sini. Selain itu, Kebun Raya Bogor juga memiliki cukup banyak koleksi bunga yang eksotis dari Sumatera seperti Raflesia Arnoldi.

Kebun Raya Bogor ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.30-17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp14.000 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga terletak di Villa Bunga Puncak. Tempat wisata ini memiliki tema Kota Venice yang menawarkan serunya wisata ala Eropa yang menarik. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa menikmati gondola untuk berkeliling ke kanal kecil yang mengelilingi kota, menikmati tenangnya suasana Kota Venice hingga bermain banana boat dan wahana menarik lainnya.

Kawasan ini cocok untuk para wisatawan yang ingin menikmati wisata yang romantis tanpa perlu pergi jauh-jauh ke Italia. Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk kamu pecinta fotografi atau siapa saja yang aktif di media sosial untuk memajang foto-foto yang indah dan menarik.

Little Venice yang terletak di kawasan Puncak ini dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya kecuali hari Selasa dan Rabu. Para wisatawan yang datang harus membayar Rp30.000 untuk anak-anak dan Rp40.000 untuk dewasa pada akhir pekan. Pada hari biasa, tarif yang dikenakan hanya Rp20.000 untuk anak-anak dan Rp25.000 untuk dewasa.

Curug Bidadari

Pada awalnya, untuk mencapai Curug Bidadari tidaklah mudah. Bahkan, para wisatawan harus berjalan memutar sejauh 2 kilometer untuk tiba di lokasi Curug Bidadari ini. Namun, sulitnya akses ini dapat dihilangkan oleh pengelola setelah mereka membuka jalan melalui batuan besar yang dibelah tengahnya. Saat ini, Curug Bidadari bisa dinikmati langsung dari tempat para wisatawan memarkirkan kendaraan mereka.

Ketinggian Curug Bidadari mencapai 75 meter. Tempat wisata yang satu ini akan terlihat menakjubkan apabila dilihat dari tempat yang jauh. Selain air terjunnya yang menarik perhatian, para wisatawan yang datang ke sini juga dapat menikmati berbagai macam wahana dan fasilitas seperti flying fox, sepeda air, dan terapi ikan.

Untuk mengunjungi curug yang satu ini, wisatawan bisa datang ke Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Tarif masuk ke curug bidadari adalah Rp25.000 dan dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura adalah bunga yang biasa tumbuh di negeri 4 musim seperti Jepang dan bermekaran pada awal musim semi sekitar bulan April. Akan tetapi, bunga ini ternyata juga bisa tumbuh di Indonesai yang tepatnya di Kebun Raya Cibodas yang sebenarnya hanya memiliki dua musim saja.

Untuk melihat bunga sakura yang sedang bermekaran, para wisatawan dianjurkan untuk datang pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Pada waktu inilah, bunga sakura akan bermekaran sehingga taman ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat piknik dengan membawa bekal dan makan di bawah guguran bunga.

Kebun Raya Cibodas dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Tarif yang harus kamu bayar adalah Rp10.000 per orang.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik di daerah Bogor yang harus kamu kunjungi ketika berlibur ke daerah ini. Tentunya masih banyak tempat wisata lainnya di kota hujan ini. Ketika berlibur kesana, tempat manakah yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply