Religi

Tata Cara dan Keutamaan Shalat Tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat istimewa, karena shalat tahajud merupakan satu-satunya shalat sunnah yang Allah perintahkan langsung dan disebutkan dalam Al Quran. Mungkin diantara kamu masih malam untuk melaksanakan shalat sunnah satu ini. Ketahuilah shalat tahajud selain diperintahkan langsung tapi juga banyak keutamaan dan manfaat di dalamnya.
<h2>Hukum Sholat Tahajud</h2>
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah tahajud:
<h3 style=”text-align: right;”>وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا</h3>
“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Dahulu sebelum turunnya perintah tentang shalat 5 waktu, shalat tahajud diwajibkan bagi setiap kaum muslimin. Namun setelah turunnya perintah shalat 5 waktu, shalat tahajud hukumnya menjadi sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Jadi shalat tahajud tidak diwajibkan namun sangat dianjurkan. Rasulullah saja tidak pernah melewat shalat sunnah tahajud selama masa hidupnya.
<h2><strong>Keutamaan Shalat Tahajud</strong></h2>
<h4><strong>Kedudukan Terpuji</strong></h4>
Seperti yang sudah Allah sampaikan pada Al Qur’an Surat Al Isra ayat 79. Dia mengatakan bahwa siapa yang ahli shalat tahajud akan diangkat Allah ke tempat atau kedudukan yang terpuji.
<h4><strong>Kunci Masuk Surga</strong></h4>
Rasulullah pernah mengatakan bahwa siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka jaminan surga baginya. Hal ini sempat pula diriwayatkan dalam salah satu hadits, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat, “ (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).
<h4><strong>Shalat Sunnah Paling Utama</strong></h4>
Tahajud atau biasa disebut qiyamul lail merupakan shalat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:
<h3 style=”text-align: right;”>أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ</h3>
“Shalat yang paling afdhol setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. An Nasa’i)
<h4><strong>Kemuliaan dan Kewibawaan</strong></h4>
Allah akan mengangkat orang yang suka shalat tahajud ke tempat yang mulia di akhirat. Selain di akhirat, maka ia yang melaksanakan ibadah ini juga kelak akan mendapat kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.
<h3 style=”text-align: right;”>وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ</h3>
“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)
<h4><strong>Doanya Dikabulkan</strong></h4>
Ketika seseorang menyempatkan diri dalam waktu istirahatnya dengan melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam. Maka insya Allah, doa yang dia panjatkan akan langsung menembus langit. Artinya Allah akan mengabulkan doanya. Mungkin keutamaannya ini sebuah penghargaan Allah kepada makhluknya yang sudah berusaha melawan rasa lelah dan kantuk untuk melaksanakan shalat tahajud.
<h4><strong>Kebiasaan Orang Shalih</strong></h4>
Pada zaman dahulu, orang-orang shalih terbiasa melaksanakan shalat tahajud. Maka darit itu, bila kamu mengamalkan shalat tahajud di setiap malam, kamu kamu adalah salah satu orang-orang shalih seperti mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)
<h4><strong>Penghapus dan Pencegah Dosa</strong></h4>
Seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad di atas. Dengan mengerjakan shalat tahajud dengan rutin maka akan menggurkan dosa-dosa yang telah diperbuat. Shalat tahajud membuat hambaNya semakin dekat kepada Allah SWT, dengan semakin dekatnya diri kita kepada Allah maka iman kita akan semakin kuat dan kita tidak akan mudah goyah untuk melakukan hal-hal yang dilarang atau melakukan dosa. Selain itu, Allah pun akan membantu hambaNya agar terhindar dari segala dosa.
<h4><strong>Baik untuk Kesehatan Tubuh</strong></h4>
Atas izin Allah, shalat tahajud dapat menjauhkan diri kita dari berbagai penyakit. Banyak manfaat dari melaksanakan shalat tahajud untuk kesehatan tubuh. Contohnya, melancarkan aliran darah dalam tubuh dan membesarkan rongga paru-paru.
<h2><strong>Tata Cara Sholat Tahajud</strong></h2>
Cara melaksanakan sholat tahajud sama dengan shalat sunnah lainnya. shalat tahajud dilakukan setelah kita tidur dari setelah isya sampai sebelum magrib. Namun waktu yang dianjurkan untuk shalat adalah di sepertiga malam, dimanan orang-orang masih sibuk dengan tidurnya.

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menerangkan bahwa, hendaknya sebelum tidur berniat untuk bangun sholat tahajud sehingga jika ia tertinggal (tidak bisa bangun), tetap mendapat pahalanya.

Jumlah rakaat Sholat tahajud paling sedikit adalah dua rakaat. Ada perbedaan pendapat mengenai jumlah maksimal shalat tahajud. Rasulullah pun terkadang melaksanakannya sebanyak 11 rakaat termasuk witir dan 13 rakaat termsuk witir. Tata cara shalatnya tentu sama dengan shalat sunnah lainnya. Misalkan kamu shalat tahajud sebanyak 11 rakaat, maka kamu lakukan dengan 2 rakaat salam sampai ke 8 lalu tutup dengan shalat witir sebanyak 3 rakaat. Perlu diingat, jumlah shalat witir itu ganjil.

Dengan begitu banyaknya manfaat dan keutamaan dari shalat tahjud maka kita sebagai umat muslin sebaiknya mengamalkan ibadah ini setiap hari. Dengan demikian kita akan lebih dekat dengan Allah dan selalu dalam perlindunganNya. (elevenia)

Leave a Reply