Edukasi

Tarian Tradisional Riau Yang Paling Terkenal

Tarian Tradisional Riau Yang Paling Terkenal

Jangan Lupa Share ya

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat kaya akan budaya, bahkan Indonesia memiliki 34 provinsi di mana masing-masing provinsi memiliki budaya yang berbeda. Bahkan tak jarang bahasa daerah juga sangat jauh berbeda namun bahasa nasional tetap. Salah satu budaya yang masih kental ialah budaya Melayu.

Kebudayaan dari Melayu memang telah berkembang pesat pada masa lampau yang mana memberikan warisan peradaban yang tidak ternilai bagi masyarakat yang ada di tanah Sumatera. Salah satu wilayah yang merupakan pengaruh budaya ialah Riau dan juga kepulauan Riau, terdapat banyak sekali peninggalan budaya Melayu dan salah satunya ialah tarian tradisional.

Terdapat beberapa tarian daerah di Riau yang memiliki gerakan unik sehingga bisa terkenal di seluruh nusantara. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari tarian tradisional Riau yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini:

Tari Tradisional Gamelan Riau


Untuk tari tradisional yang pertama adalah tari gamelan di mana tari ini ialah Salah satu tarian yang dipersembahkan pertama kali pada tahun 1811 di pekan Pahang pada saat upacara pertandingan Tengku Husein, yang merupakan putra dari Sultan Abdurrahman yang telah memerintah lingga dengan wan esa yakni adik perempuannya seorang Bendahara Ali dari Pahang.

Sedangkan pada awal tarian menurut Tengku Maryam, terdapat sekitar 77 gamelan yang pada saat ini sudah tersedia 33 jenis contohnya seperti gamelan kunang-kunang mabuk, gamelan silatin, gamelan galuk merajuk, gamelan ayak-ayak, gamelan ketam renjung, gamelan lambangsari dan masih banyak lagi. Tarian gamelan yang merupakan adat dari Riau ini akan dilaksanakan oleh para wanita dengan tarian yang lemah gemulai yang mana tarian tersebut mengandung unsur Melayu sekaligus Jawa di dalamnya.

Tari Tradisional Makan Sirih


Tarian Tradisional Riau Yang Paling TerkenalTari makan sirih umumnya akan ditampilkan menjadi persembahan kepada para tamu negara ataupun tamu agung yang datang. Pada saat tarian Riau ini dilakukan, maka akan ada salah satu penari yang membawa kotak berisikan sini yang akan dibuka di depan tamu agung dan tamu agung adalah orang pertama yang akan mengambil sirih dan itu adalah sebuah bentuk dari penghormatan.

Sirih yang dipakai memang bukan cuma menjadi benda akan tetapi merupakan pendekatan pergaulan sehingga akan meningkatkan kesadaran sosial apabila manusia pastinya akan selalu berhubungan dengan manusia yang lain. Tarian makan sirih ini sendiri akan dibawakan oleh 5 sampai 9 penari 1 orang penari akan dianggap istimewa dikarenakan membawa tepak bagi persembahan kamu. Tepak sendiri memiliki filosofi yang tinggi karena tamu yang telah diberikan sirih dan tidak memakainya maka akan dianggap tidak sopan.

Gerakan tarian tradisional Riau yang satu ini memang cukup sederhana di mana hanya bertumpu pada gerakan kaki dan juga tangan. Walaupun pada awalnya dilakukan oleh para remaja akan tetapi untuk saat ini tarian ini kebanyakan dilakukan oleh orang yang jauh lebih tua. Sedangkan pada busana penari perempuan akan memakai baju adat dengan nama baju kurung teluk belanga, untuk pada bagian kepala akan menggunakan mahkota yang lengkap dengan hiasan dengan bentuk bunga dan berbagai macam pernak-pernik seperti anting dokoh dan juga gelang. Untuk bagian tubuh para penari akan dibalut dengan kain songket dengan warna yang cerah.

Tari Tradisional Melemang


Tarian Tradisional Riau Yang Paling TerkenalUntuk yang terakhir ada tari melemang yang merupakan tarian tradisional khas dari kepulauan Riau itu yang Bahkan telah dikenal sejak abad ke-12. Pada kala itu melemang sendiri merupakan sebuah tarian bagi rakyat biasa akan tetapi hanya dapat dilaksanakan di istana dan dilakukan oleh para dayang yang ada di istana seperti halnya di daerah tanjung pisau penaga. Tarian ini akan dipersembahkan pada saat raja sedang istirahat.

Ketika tarian melemang ini ditampilkan maka kamu akan bisa melihat kecakapan dari para penari pada saat mengambil sesuatu seperti sapu tangan uang receh dan lain sebagainya dengan teknik melemang yakni berdiri sambil membungkukkan badan ke arah belakang.

Tarian melemang sendiri umumnya dilaksanakan oleh 14 orang yang memiliki peran sebagai raja, putri, permaisuri, satu penyanyi, empat pemusik, dan juga 6 penari. Dari keempat promosi tersebut ialah para pemain arkodion, pemain musik piul atau biola, pemain yang bertugas memukul gong dan juga pemain penabuh tambur.

Setelah kamu mengetahui apa saja tarian tradisional Riau, semoga saja bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat.

Baca Juga! Apa Saja Tarian Khas Jawa Barat? 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply