Pertanyaan Populer

Tahukah Kamu Apa itu Gelatin?

Apa itu Gelatin? Gelatin pada dasarnya merupakan sebuah zat kimia berbentuk pada yang tidak memiliki warna. Gelatin adalah senyawa turunan protein yang dihasilkan dari serabut kolagen jaringan penghubung, kulit, tulang dan tulang rawan dihidrolisis dengan proses asam atau basa (Charley, 1982). Karena terbuat dari kolagen, makan gelatin memiliki sifat yang mirip dengan agar-agar yaitu tidak berwarna dan jika dilarutkan akan tembus cahaya. Gelatin pada umumnya berbentuk serbuk.

Beberapa Jenis Gelatin

Gelatin yang beredar terdiri dari dua jenis yaitu Gelatin type A (acid) dan Gelatin type B (base). Gelatin type A kebanyakan dibuat dari kulit babi yang masih muda. Proses untuk membuatnya cepat, Cuma perlu merendam ke dalam larutan asam klorida selama sehari lalu melakukan pencucian untuk menghilangkan garam dan asamnya. Jenis gelatin selanjutnya adalah gelatin type B. Gelatin type B terbuat dari tulang dan kulit hewan ternak seperti kerbau, sapi atau kambing. Berbeda dengan gelatin type A, gelatin type B memerlukan waktu yang agak lama dalam proses pembuatannya.

Kegunaan Gelatin

Gelatin memiliki banyak kegunaan yang dapat diaplikasikan pada produk pangan ataupun non pangan. Saat digunakan untuk produk pangan, gelatin berfungsi sebagai bahan pembentuk gel, bahan pengikat, bahan pengental, bahan perekat dan lain sebagainya. Gelatin digunakan untuk beberapa industri pangan seperti industri permen, industri pudding, kue, pie, produk olahan daging (bakso, sosis, burger), industri olahan susu (yoghurt, keju, mentega) dan juga industri es krim.

Leave a Reply