MEDIA ROOM

Studi Tingkat Kepuasan Pelanggan elevenia: 84% Buyer Merasa Hepi Berbelanja Daring di elevenia

elevenia-hepi-customer_lowres

Jakarta, 14 November 2016 – Semenjak meluncur pada Maret 2014, elevenia selalu melakukan riset mengenai tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction) sebagai bentuk kesungguhan elevenia untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan bagi seluruh customer-nya, baik itu seller maupun buyer. Sampai dengan kuartal ke-3 tahun ini, tingkat kepuasan pelanggan elevenia secara keseluruhan mencapai sebesar 84% dengan 3 layanan teratas yang paling diunggulkan adalah produk, promosi, dan pengiriman.

“Salah satu nilai perusahaan kami adalah happiness, yakni semua pihak yang bergabung di elevenia harus merasa bahagia, baik itu karena produk yang mereka beli, pengalaman berjualannya, ataupun pekerjaan yang mereka jalani. Karena jika mereka bahagia, maka kami pun akan merasakan hal yang sama. Untuk itu, dengan menyelenggarakan survey kepuasan, kami bisa memahami letak kekuatan kami serta layanan apa yang perlu ditingkatkan agar membuat semua pihak lebih bahagia lagi”, Jelas Madeleine Ong de Guzman, CMO elevenia.

Dalam menyelenggarakan riset kepuasan pelanggan ini, elevenia dibantu oleh Ipsos sebuah lembaga riset terpercaya, sebagai perusahaan independen yang melakukan riset pasar, sehingga penyelenggaraannya bisa objektif dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Riset dilakukan secara kuantitatif menggunakan metodologi Computer-Assisted Telephone Interview (CATI), dengan total sampel sebanyak 1000 responden, yang terdiri dari buyer elevenia di seluruh Indonesia. Hasil riset menunjukkan bahwa responden yang berusia 15 – 34 tahun cenderung memberikan kontribusi tingkat kepuasan yang lebih tinggi di hampir semua atribut yang dievaluasi.

“Kami melaksanakan riset ini untuk mendengarkan masukan dari konsumen secara langsung, dengan demikian elevenia bisa serius meningkatkan pelayanannya demi memberikan pelayanan yang terbaik”, Jelas Digo Alanda, Research Director dari Ipsos. Digo juga menambahkan bahwa hasil yang didapat adalah 84% buyer menemukan pengalaman luar biasa terhadap perilaku belanja online mereka di elevenia. Tentunya dari hasil yang cukup tinggi ini, elevenia diharapkan terus meningkatkan pelayanannya agar tetap bisa membuat pelanggannya hepi melalui inovasi dan program-program terobosan yang baru.

Elevenia sendiri baru saja meluncurkan layanan phone order dan layanan live chat sebagai terobosan baru untuk membantu semua konsumennya. Phone Order adalah fitur terbaru dari elevenia yang ditujukan untuk membantu pelanggan yang belum pernah atau mengalami kesulitan dalam melakukan order di elevenia. Layanan ini beroperasi dari Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 08.00 – 17.00. Buyer cukup menghubungi elevenia di 1500211 dan petugas elevenia akan segera membantu. Sedangkan layanan live chat disediakan sebagai media komunikasi antara konsumen dan elevenia, untuk menyampaikan keluhan, saran atau hanya sekedar bertanya secara cepat dan langsung.

 

Tiga Layanan elevenia yang Paling Membuat Pelanggan Hepi

  1. Produk

Terkait kepuasan buyer akan produk, ternyata fakta yang terungkap bahwa  pelanggan merasa hepi karena menerima produk sesuai dengan pesanan mereka. Dalam hal ini gambar dan deskripsi produk yang jelas, menjadi petunjuk yang penting bagi buyer dalam berbelanja. Selain itu, responden juga setuju bahwa elevenia memberikan harga paling murah dan variasi produk yang banyak.

 

  1. Promosi

Komponen lain yang dianggap membuat hepi adalah mengenai tampilan promosi, karena responden setuju bahwa promosi yang dilakukan elevenia dirasa sangat menarik (appealing), dan merasakan bahwa promosi yang diberikan sesuai dengan yang dijanjikan (reliable). Seperti yang telah diketahui, elevenia memanfaatkan hampir seluruh lini/ kanal komunikasi untuk berpromosi, mulai dari kanal digital hingga konvensional.

 

  1. Pengiriman

Hal ketiga yang paling membuat pelanggan hepi adalah pengiriman (delivery product). Mereka merasa hepi ketika mendapat notifikasi status pengiriman barang yang akurat dan tentunya ketika barang sampai dalam waktu cepat.

Share

Leave a Reply